Featured

Wednesday, 7 December 2016

Panduan Memilih Baju Bayi dan Anak yang Nyaman dan Aman Dikenakan Buah Hati

Kebanyakan orang tua sangat senang mendandani bayi atau anak-anak mereka dengan pakaian yang bagus dan indah. Dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang tua saat penampilan bayinya mendapatkan pujian dari banyak orang disekitarnya. Bayi mungil yang lucu memang akan tampil makin menggemaskan bila di pakaikan baju bayi yang unik dan cantik.


Memilihkan outfits yang cocok untuk si kecil agar makin tampil cantik dan menggemaskan memang tidak ada salahnya dilakukan. Apalagi jika niatnya adalah untuk memberikan yang terbaik bagi anak. Namun tentu saja banyak hal yang perlu diperhatikan saat orang tua memilihkan pakaian untuk anak-anaknya, apalagi yang masih berusia balita.

Anak-anak apalagi bayi dan balita umumnya memiliki kulit yang halus, dan juga masih sangat sensitif terhadap bahan kain yang keras dan juga zat kimia yang terdapat dalam kain. Karena itu saat Anda hendak memilihkan outfits untuk bayi dan balita Anda, maka hal ini harus sangat diperhatikan. Jangan sampai hanya karena kita sangat menyukai modelnya, kita tidak memperhatikan kualitas bahan baju tersebut dan akhirnya mengganggu kenyamanan si kecil.

Berikut ini adalah panduan bagi Anda para orang tua yang akan memilihkan bajubayi untuk si kecil kesayangan Anda, yaitu antara lain:


  • Perhatikan kualitas bahan kain pada pakaian bayi.
Bahan pakaian untuk bayi yang paling tepat adalah yang menggunakan bahan alami. Bahan sintetis umumnya dibuat dengan campuran zat kimia tertentu sehingga dapat membuat iritasi pada kulit bayi. Bahan kain alami terbaik untuk bayi adalah dari jenis katun dan wol. Umumnya harga pakaian bayi dengan bahan kain alami seperti ini dibandrol lebih mahal daripada bahan kain sintetis. Namun hal ini tentunya tak akan jadi masalah selama Anda bisa memberikan yang terbaik untuk bayi Anda.

  • Pilihlah pakaian yang sesuai untuk bayi.
Umumnya bayi dan balita sangat sensitif dengan suhu panas dan dingin yang ada disekitarnya. Jadi saat Anda memilihkan pakaian untuk bayi, pilihlah baju yang sesuai dengan kondisi musim dan suhu udara saat itu. Pilihlah pakaian yang berbahan tebal saat musim dingin, dan pakaian yang berbahan lebih tipis saat musim panas.

Kualitas bahan pakaian juga harus diperhatikan. Pilih bahan baju yang mudah menyerap keringat dan juga lembut dan nyaman dikulit saat dipakai. 

Kemudian, pilihlah pakaian yang agak longgar dan tidak terlalu ketat untuk bayi Anda sehingga pakaian tersebut tidak akan mengganggu gerak lincah si kecil. Selain itu baju yang sedikit longgar dapat memudahkan keluarnya keringat si kecil sehingga kulit bayi dapat terhindar dari iritasi.

  • Pilihlah ukuran pakaian bayi yang tepat
Ukuran pakaian untuk bayi sebaiknya dipilih yang sedikit lebih besar dari ukuran tubuhnya. Pakaian yang ketat tentunya akan membuat bayi Anda merasa tidak nyaman saat bergerak. Selain itu umumnya pertumbuhan bayi akan menjadi sangat cepat di 12 bulan pertama kehidupannya. Sehingga memilih pakaian yang ukurannya sedikit lebih besar akan membantu Anda untuk tidak terlalu sering membeli pakaian baru untuk si kecil. Namun perlu diingat agar tidak memilih pakaian yang ukurannya terlalu besar dan terlalu longgar agar fungsi pakaian untuk menghangatkan tubuh tetap bisa didapat. 

  • Perhatikan proses pencucian pakaian bayi.
Usahakan untuk menghindari mencuci baju bayi dengan deterjen bubuk dan pewangi pakaian. Umumnya deterjen bubuk dan pewangi mengandung bahan kimia lebih banyak dan lebih tajam sehingga berpotensi membuat kulit bayi iritasi. Gunakanlah deterjen cair yang jauh lebih aman.






Monday, 5 December 2016

Orang Tua, Lakukan Ini Pada Anak

Menjadi seorang ibu adalah kebanggaan, ya memang benar adanya. Namun untuk menjadi seorang ibu butuh kesabaran, komitmen serta pengorbanan yang tinggi. Karena dalam menjalani peran sebagai orang tua bakalan banyak menghadapi tantangan. 

Orang Tua, Lakukan Ini Pada Anak

Pengorbanan itu seakan hilang nilainya, hilang rasa lelah dalam pengorbanan itu ketika melihat anak sehat dan menjadi manusia yang hebat. Iya kan? Jangankan nunggu anak menjadi manusia hebat dan berguna bagi nusa bangsa, liat Marwah udah bisa baca dan nulis aja hati ini langsung rontok dan terharu. Beneran, saya emang seorang ibu yang receh banget, liat anak baru bisa sesuatu aja lebaynya gak ketulungan, bahagia nya seperti mendapatkan undian mobil mewah. 

Saya jadi ingat deh, dulu waktu pertama Marwah bisa jalan, duuh bahagianya sampai langsung nelepon suami yang lagi kerja, hanya buat bilang Marwah sudah berjalan. Padahal Marwah jalannya belum lancar amat, masih selangkah dua langkah namun bahagianya itu lebay banget. Terus ketika dulu Marwah baru bisa ngomong ibu Tian, duh bahagianya pake banget. 




Dan itulah menjadi orang tua, banyak rasanya. Ada bahagia, bangga serta rasa lainnya yang dirasakan ketika melihat sang buah hati sehat dan bahagia. 


Ibu, buka mata dan rasakanlah 


Ketika anak masih kecil, mereka tidak mampu mengatakan apa yang mereka inginkan, mereka tak mampu mengatakan apa yang mereka rasakan. Sebagai orang tua, saya lah yang harus selalu teliti memahami sang anak, sayalah sebagai ibu yang harus selalu membuka mata dan mata hati untuk merasakan semua keadaan yang ada pada anak. 


Saya jadi ingat, ketika Marwah kecil pernah dia melakukan sesuatu yang bukan kebiasaannya, menjadi lebih pendiam atau kadang menghindar dan ternyata perilaku seperti itu adalah cara anak ingin menyampaikan sesuatu pada saya. Nah dari situ saya belajar lagi menggali perilaku anak. Kadang anak merasa takut untuk mengungkapkan apa yang ia inginkan, jadi sebagai ibu saya harus membuka mata dan ikut merasakan apa yang anak saya rasakan. 



Membebaskan dalam bersosialiasi

Marwah terus berkembang dan terus bertumbuh sesuai dengan usianya, bukan hanya badan nya saja yang berkembang namun emosinya juga ikut berkembang, Marwah tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa dibanding tahun - tahun lalu. Dia sudah meninggalkan usia balitanya dan sekarang sudah menjadi anak - anak sekolah dasar. Membebaskan anak bersosialisasi itu baik dan juga penting apalagi jika dengan anak seusianya. 

Sebagai orang tua, kadang saya suka khawatir jika Marwah bergaul dan bermain bersama teman - temannya, takut inilah, takut itulah padahal itu bagus banget untuk perkembangan Marwah. Dengan bersosialisasi anak bisa merasakan gembira, merasakan kebersamaan dan lebih bisa mengontrol rasa emosinya. Marwah jadi bisa tau bagaimana rasanya kecewa dan lainnya. 


Jujur, saya kadang suka mikir negatif. Saya kadang takut kalau Marwah diberikan kebebasan bersosialisasi itu takut terbawa ini dan itu. 



Bantu anak menjadi anak yang mandiri 

Sejak kecil, Marwah terbiasa mandiri. Saya dan suami bekerja, jadi Marwah dititipkan pada orang tua saya. Alhamdulillah MArwah sudah mandiri sejak kecil dan sudah paham tentang tanggung jawabnya. 

Saya memang tidak memanjakan Marwah dari kecil, alasan saya hanya ingin dia menjadi anak yang mandiri meski dia adalah anak tunggal. Untuk kemandiriannya sih alhamdulillah saya sudah tidak lagi was - was. 


Ah banyak sih hal yang harus dilakukan orang tua kepada anaknya, selain memberikan makanan secara lahir dan batin. Semoga Marwah menjadi anak solehah dan berahlak mulia, diberikan kecerdasan yang baik oleh Allah Swt, aamiin yaa Rabb. 




FYI: 

Text by : Tian Lustiana 
Photo By : Pixabay.com 




Tuesday, 22 November 2016

Inilah Pilihan Olahraga yang Tepat untuk Ibu Hamil


Ibu hamil bukan hanya butuh asupan nutrisi yang seimbang untuk mendukung tumbuh kembang calon bayi. Namun juga, ibu hamil juga perlu melakukan olahraga yang tepat agar tetap bugar selama masa kehamilan. Jadi, para ibu hamil kini tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai aktivitas fisik yang boleh dilakukan.
Biasanya ibu hamil yang sehat diperkenankan untuk memilih satu dari beberapa olahraga ringan berikut ini :

Berjalan Kaki
Tidak ada yang rasanya lebih nyaman daripada berjalan kaki untuk ibu hamil. Para ibu hamil hanya perlu menggunakan sepatu dan baju yang nyaman agar lebih leluasa saat berjalan kaki. Berjalan kaki di pagi hari akan membuat ibu hamil merasa lebih rileks dan tubuh pun jadi lebih bugar. Jangan lupa pula untuk menyiapkan air minum agar tidak dehidrasi saat berjalan kaki.

Berenang
Olahraga renang tergolong sangat baik untuk ibu hamil karena risiko cideranya lebih rendah. Jenis olahraga air ini boleh dilakukan mulai dari masa awal kehamilan hingga trimester ketiga. Namun semakin besar kandungan, ibu hamil harus lebih hati-hati. Karena ukuran perut yang semakin besar membuat keseimbangan tubuh jadi berkurang dan risiko terpeleset semakin besar.

Berolahraga dengan Sepeda Statis
Menggunakan sepeda statis untuk melakukan gerakan-gerakan ringan selama hamil ternyata tidak berbahaya. Olahraga yang satu ini justru akan memperlancar suplai oksigen yang sangat dibutuhkan otak bayi. Otot-otot paha ibu hamil pun akan lebih kuat dan terlatih bila melakukan olahraga sepeda statis dengan intensitas ringan.


Yoga
Bukan rahasia lagi kalau olahraga yoga sangat baik untuk ibu hamil. Karena olahraga yang satu ini membuat ibu hamil merasa lebih rileks, menstabilkan sistem pernapasan, dan meningkatkan mood. Jika suasana hati sudah berada dalam keadaan baik, maka ibu hamil pun siap untuk menjalani proses persalinan secara tenang tanpa perasaan stres.

Kalau sedang lelah dan malas bepergian atau berolahraga, andalkan saja MatahariMall untuk memenuhi kebutuhan kita. Beli perlengkapan bayi berkualitas atau kebutuhan rumah tangga lainnya sangat mudah dan menyenangkan sejak ada MatahariMall. Karena toko online terpercaya ini sudah menyiapkan aneka produk dengan harga terjangkau. Belanja hemat dan praktis, pasti MatahariMall solusinya.


Yuk bu hamil kita olahraga ☺


Thursday, 17 November 2016

Travelling Sambil Mengajarkan Anak Tentang Persahabatan Dan Perbedaannya


Bosan traveling di dalam negeri? Anda ingin keluar negeri namun tidak mau mengeluarkan budget besar dan juga  mengajarkan anak tentang wisata dan belajar tentang [ersahabatan ? Anda bisa berkunjung ke negara tetangga Indonesia yang paling dekat, yaitu Malaysia. Berkunjung ke Malaysia, tentu tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu besar, disamping harga tiket pesawat yang murah, mata uang Malaysia juga tak jauh beda nilai kursnya dengan rupiah.


Saat ini ada banyak maskapai yang bisa Anda gunakan untuk menuju ke Malaysia, salah satu pilihan terbaik untuk Anda adalah Malaysia Air. Untuk memesan tiket pesawat sesuai yang diinginkan, Anda bisa memesan tiket online dengan mengunjungi website online travel agent terpercaya. Pemesanan secara online ini tentu lebih banyak memberi keuntungan, salah satunya dengan beli tiket Malaysia Air promo yang tersedia. 
Copyright © 2015 Cerita Ibu