Monday, 29 August 2016

Tentang rasa ingin tahu anak, yang kadang membuat saya sebagai ibu itu jengkel menjawab pertanyaan anak. Jika jawaban tidak didapatkan maka anak akan terus bertanya, terus dan terus sampai ia benar - benar mendapatkan jawaban yang masuk pada logikanya. 


Rasa ingin tahu anak itu bagus loh apalagi kalau dijaga dan dikembangkan dengan baik oleh kita selaku para orang tua. Anak yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan senang bertanya itu artinya dia sedang bereksperimen.

Seperti yang saya ungkapkan tadi, bahwa rasa ingin tahu anak yang besar itu kadang membuat jengkel, haha. Kadang pertanyaan mereka membuat kita para orang tua bingung, terutama saya haha serius saya suka bingung jika Marwah mengajukan pertanyaan yang belum bisa saya jawab. Bahkan ada loh orang tua yang menolak untuk menjawab pertanyaan anak dan membuat anak jadi berhenti bertanya, sikap seperti ini sebenarnya sudah membunuh rasa ingin tahu anak dan kesempatan anak berkembang pun berkurang. Apalagi jika orang tua marah ketika anak bertanya, yang ada anak menjadi takut dan rasa takut ini lah yang bisa membuat rasa ingin tahu anak hilang. 

Ada beberapa cara sederhana yang mampu menjaga dan membuat rasa ingin tahu anak berkembang dan anak akan mendapatkan pengalaman baru. 

  • Menghargai dan menjawab pertanyaan anak, penting. Saya pernah sedang capek, pulang kerja dan kemudian Marwah bertanya, mimik wajah saya mungkin melukiskan kekesalan sehingga saya kok jadi sulit menjawab pertanyaan Marwah, padahal sebaiknya saya gak boleh menunjukkan wajah kesal pada anak ketika ia bertanya, takutnya anak menjadi jera untuk bertanya. Dan ketika saya tidak mampu menjawab pertanyaannya maka saya menundanya bukan tidak menjawabnya, jawabannya akan diberikan setelah saya benar - benar bisa menjelaskannya dengan baik. 
  • Ajak anak untuk bereksplorasi. Kadang saya mengajak Marwah untuk bersama dalam mencari jawaban, misalnya saya ajakin membaca buku bareng demi mendapatkan jawaban yang pas atau berselancar dengan internet dan pernah mendatangi museum juga. 
  • Memberikan anak kebebasan untuk bereksperimen juga salah satu cara menggali rasa ingin tahunya, dengan bermain anak bisa leluasa bereksperimen loh, namun jelaskan dulu aturannya dengan sedetail mungkin. 
  • Memberikan apresiasi pada semua hasil kegiatan anak, saya kadang memang suka lebay nih kalau kasi apresiasi. Wajah lebay saya keluar ketika melihat hasil kegiatan Marwah haha, duh namanya juga emak - emak kalau lihat anak melakukan sesuatu langsung deh terharu dan baper. 

Buat saya dan suami, menjadi contoh buat anak adalah yang pasti, menjadi orang tua itu adalah yang berani mencoba dan juga menggali sesuatu yang baru, kasarnya harus berilmu pengetahuan lah yah. Jadi orang tua itu asyik jika sama - sama belajar dengan anak, sama - sama cerita tentang apapun juga. 


Sampai jumpa dipostingan selanjutnya,


Salam,




Monday, 22 August 2016

Beberapa hari lalu, Marwah menanyakan tentang manfaat dari kipas angin untuk kehidupan sehari – hari. Duh emang ya, Marwah ini ada – ada saja pertanyaannya, coba kalau nanya harga kipas angin murah sama ibu, pasti ibu langsung jawab deh, hehe.Atau nanya dimana beli kipas angin murah pasti ibu kasi tau, tuh di MatahariMall.com hehe. 

Dan inilah hasil saya baca sana - sini, searching sana - sini dan kemudian saya jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti Marwah. 

Gara – gara udara yang lumayan panas nih, jadi kami menyalakan kipas angina dan Marwah pun bertanya tentang manfaat lainnya selain kipas angin memberikan efek segar itu. Saya pun menjelaskan bahwa kipas angin ini dibagi menjadi dua, kipas angin manual atau tradisional dan kipas angin yang menggunakan tenaga listrik. Saya juga menjelaskan tentang sejarah penemuan kipas angin yang ditemukan pada 4000 tahun yang lalu, dan ditemukan di sebuah makam raja mesir, nama rajanya Tutankhamen ditahun 1922. Dulu itu kipas angin digunakan hanya untuk upacara keagamaan Mesir kuno, bisa dibilang juga sebagai benda yang sakral. Bisa dibilang juga bahwa kipas itu melambangkan kekuatan seorang raja. 
Photo diambil dari MatahariMall.com 

Marwah mengangguk - angguk, semoga dia mengerti hehe. Kemudian saya jelaskan tentang bagian utama dalam kipas angin, seperti motor penggerak, yang merupakan bagian kipas angin dimana kerjanya menggerakkan baling - baling kipas. Baling - baling kipas fungsinya untuk menghasilkan angin ketika ia berputar pada satu poros, saya pun menjelaskan bahwa bagian baling - baling ini bahaya untuk anak - anak makanya harus dilindungi agar safety. Dan penjelasan lainnya tentang bagian kipas angin yang bisa dimengerti Marwah. 

Manfaat kipas angin untuk kehidupan sehari - hari adalah : 

  • Bisa meningkatkan sirkulasi udara. Saya menjelaskan bahwa kipas angin kalau diletakkan di dinding atau lantai bisa memberikan rasa nyaman alias adem, juga mampu meningkatkan sirklasi udara pada ruangan yakni mengganti udara yang kotor dengan udara yang lebih bersih dan segar dari luar ruangan. 
  • Kipas angin lebih hemat. Dibandingkan dengan menggunakan AC.Buktinya saja saya kalau nyari kipas angin ya nyari yang punya harga kipas angin murah. Haha. 
  • Kipas angin membuat ruangan terbebas dari bau dan pengap.Ini terjadi karena sirkulasi udara tadi, jadinya ruangan lebih nyaman dan segar. 

Saya pun menjelaskan bahwa penggunaan kipas angin juga tidak baik kalau dipakai terus - terusan, apalagi kalau lagi tidur lebih baik jangan menggunakan kipas angin. 



Bermain dengan anak memang sangat menyenangkan, kebahagiaan banget deh kalau sedang bermain bersama anak tercinta. Jenis permainan apapun jika dilakukan bersama anak pasti menyenangkan. Biasanya saya dan Marwah suka bermain peran, permainan sederhana tanpa alat bantu mainan. Bermain peran atau role playing ini Marwah bisa menjadi seseorang yang bukan dirinya sendiri dan begitupun saya, ketika bermain saya pun bukan sebagai ibunya. 


Bermain peran ini sudah kami mainkan sejak Marwah berusia 24bulan. Memang ya kalau anak perempuan lebih senang bermain seperti ini. Marwah senang menawarkan sesuatu pada saya, ayahnya atau bahkan pada boneka. Misalnya dia sedang bermain sebagai koki yang menawarkan makanan pada saya dan ayahnya. Atau berpura - pura menjadi pelayan supermarket dan menawarkan produknya kepada saya. Saya pun berpura - pura menanyakan pada Marwah berapa harga kipas angin murah bu? hehe pokoknya sebisa mungkin bermain peran ini dilakukan dengan maksimal.



Bermain peran atau role playing ini membuat Marwah senang, karena dengan bermain peran Marwah seperti diberikan kebebasan berkreasi serta bebas untuk berimajinasi. Marwah juga diberikan kesempatan untuk mengungkapkan apa yang ia sukai. Dengan bermain peran itu bisa memberikan sarana untuk relaksasi bersama orang tuanya. Dan memang bermain peran ini penting dan sebaiknya dimainkan dalam kehidupan setiap anak.

Manfaat bermain peran itu memang apa saja sih?
  • Melatih bagaimana cara untuk berinteraksi pada anak, serta melatih komunikasi verbal ana dengan orang lain, yang diimplementasikan dengan percakapan dua arah antara anak dan orang tua. Ini mempengaruhi kecerdasan verbal linguistiknya. 
  • Sebagai orang tua, saya bisa memasukkan nilai atau norma tentang cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain, ini juga mempengaruhinya dalam kecerdasan intrapersonal anak.
  • Saya juga bisa mengajarkan anak tentang lingkungan hidup atau merangsang kecerdasan naturalistik anak dan juga masih ada kaitannya bagi kecerdasan interpersonalnya. 


Sebenarnya sih gak ada aturan yang khusus dan juga alat yang diharuskan untuk bermain peran, hanya saja orang tua harus memperhatikan peran yang sesuai dengan usia dan juga gender anak. Bermain peran ini merangsang kemampuan fisik dan kognitif anak yang lumayan kompleks, karena apa? karena melibatkan daya ingat anak, daya tangkap anak serta daya imajinasi anak. 

Bermain peran dengan anak berusia 20 bulanan akan beda jika dibandingkan dengan anak 24 bulan atau anak berusia 3 – 4 tahun. Dulu ketika Marwah berusia 18 – 24 bulan memang ia tidak terlalu antusias bermain peran, berbeda ketika ia berusia 5 tahun sampai sekarang. Selain itu juga harus diperhatikan kemampuan fisik dan kognitif anak, memperhatikan tema nya juga harus diperhatikan dengan baik. Dengan bermain peran anak juga akan lebih senang dan juga terbiasa untuk melakukan hal – hal yang akan berlangsung pada hidupnya kelak. 


Nah, kalau ayah dan ibu lainnya suka bermain peran apa dengan anaknya? 




Friday, 19 August 2016

Kalau anak turun berat badannya, sebagai seorang ibu saya suka sedih dan gimana gitu. Gangguan kesehatan pada anak yang erat kaitannya dengan sistem pencernaannya bisa menjadi salah satu penyebab anak mengalami penurunan berat badan. Bukan hanya itu, jika anak mengalami gangguan pencernaan, maka kebutuhan nutrisi anakpun menjadi terhambat dan akibatnya anak terganggu tumbuh kembangnya. 

Kenali Sistem Pencernaan Pada Anak Untuk Tumbuh Kembangnya

Oleh karena itu sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak, karena apa? ya karena kan hampir 80% pembentukan sistem daya tahan tubuh anak itu dibentuk dalam saluran cerna. Nah, jika anak mengalami gangguan pencernaan, ya otomatis penyerapan nutrisipun akan terhambat dan ada resiko lainnya yakni gangguan fungsi pencernaan. 

Our marriage

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

My Daughter

Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Total Pageviews

VIVALog

Instagram

Contact us

Name

Email *

Message *