Thursday, 30 June 2016

Marwah dulu waktu usianya 2 - 3tahunan kalau sedang mengerjakan sesuatu itu cepat bosan, ga mau sampe selesai dan selalu tertarik dengan benda lain. Mungkin memang dia cepat bosan atau kah ada sesuatu yang lebih menarik perhatiannya, yang pasti saya harus mengajarinya berlatih konsentrasi, itu yang ada dalam pikiran saya dulu.

Ya, karena memang perlu banyak latihan kan agar anak bisa lebih berkonsentrasi untuk mengerjakan sesuatu sampai tuntas. Dan peran orang tualah yang sudah semestinya meningkatkan kemampuan konsentrasi anak, benarkan? 


Dan alhamdulillah sekarang dengan bertahap Marwah akhirnya bisa mengerjakan sesuatu sampai selesai, dan sekarang apalagi dia sudah bisa mengerjakan pekerjaan yang sulit sekalipun sampai selesai, alhamdulillah. 

Cara yang saya lakukan untuk meningkatkan konsentrasi Marwah

Anak - anak emang suka gitu yah, mengerjakan sesuatu suka engga fokus dan biasanya mereka ga fokus karena terlalu mudah atau memang terlalu sukar untuk mereka kerjakan, entahlah. Yang pasti sebagai ibu saya memberikan kegiatan atau pekerjaan yang sesuai dengan perkembangan usia Marwah, yang enggak terlalu susah dan juga cukup menantang untuk dikerjakan Marwah, dan Marwah biasanya senang serta tertarik untuk menyelesaikannya hingga tuntas. 


Perlu diingat juga nih bahwa memberikan kegiatan atau pekerjaan yang terlalu banyak akan membuat anak merasa jiper duluan, saya biasanya memberikan pekerjaan yang sedikit jadi Marwah bisa enjoy mengerjakannya. Jadi bisa tuh membagi pekerjaan ke dalam bagian kecil agar anak merasa nyaman mengerjakannya. 


Kan saya ingin melatih konsentrasi Marwah, nah untuk itu saya harus memberikan Marwah waktu dan kesempatan menyelesaikan pekerjaannya tanpa ada gangguan, biasanya saya mematikan televisi dan silent handphone supaya tidak ada yang mengganggu. Usahakan untuk meminimalkan gangguan agar perhatian anak tidak teralihkan. 


Marwah itu suka menyelesaikan suatu pekerjaan dalam rentang waktu tertentu, saya suka memberikan waktu misalnya mengerjakan menggambar sesuatu dalam sekian waktu dan mengerjakan berhitung dalam rentang waktu yang sudah disepakati. Dengan memberikan waktu seperti ini Marwah menjadi lebih fokus untuk menyelesaikan tugasnya. Memberikan deadline seperti ini Marwah menjadi semakin memokuskan pada suatu pekerjaannya loh. 

Memberikan penjelasan sejelas - jelasnya pada Marwah tentang tujuan yang akan membantunya untuk membuat dia bisa fokus dalam melakukan pekerjaan atau tugas, dengan menjelaskan begitu Marwah pun akan ikut bekerja sama dan menyusun sendiri tujuannya

Saya tipe ibu yang enggak pelit memuji anak, kalau Marwah berhasil mengerjakan tugasnya biasanya saya memberikan apresiasi berupa pujian atau hadiah kecil atas usahanya bukan melihat hasil dari pekerjaannya. 

Untuk melatih ingatan Marwah, saya kerap memasukkan permainan untuk melatih konsentrasi dan fokusnya, biasanya saya menggunakan handphone atau laptop untuk bermain. 

Semua usaha itu tentu tidak akan berjalan baik jika satu hal terlupakan, satu hal yang penting juga untuk melatih konsentrasinya adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup dan baik serta memberikan istirahat yang cukup. Memberikan Marwah makanan yang mengandung vitamin serta mineral merupakan usaha juga hehe...


Bertumbuhlah terus nak, menjadi yang terbaik diantara yang baik :). 


Sampai nanti,







Friday, 24 June 2016

Sekarang itu, Marwah setiap pulang kerja selalu minta dibelikan minuman untuk berbuka puasa dan belinya harus di Alfamart, hmmm. Pernah saya membelikannya di minimarket sebelah, eh ketauan loh sama Marwah kalau saya gak beli di Alfamart, ckckck. Tapi memang sih yang deketan sama rumah ini ya Alfamart jadi ini yang Marwah kenal sebagai tempat membeli minuman dan jajanan sejak ia kecil. 

Dan juga kalau jajan di Alfamart ini suka banyak diskon atau buy one get one free, asik kan?. Gak dimana - mana sekarang banyak bertebaran Alfamart, meski masuk pedalaman pun Alfamart pasti ada, menjamur. Hmmm, jadinya ibu mau ceritain Alfamart aja deh ke Marwah, kan tak kenal maka tak sayang. Perlu juga kan mengajari anak tentang bisnis dan programnya. 


Marwah sekarang sudah delapan tahun, otomatis dia sudah besar dan pengetahuannya kian berkembang. Kemarin saya ajak Marwah liat website nya Alfamart, disana banyak sekali pogram mereka, dari mulai produk, delivery service sampai program CSR nya ada. Nah, kan Marwah pasti bingung kalau saya kasi tau tentang CSR ini, apaan ya CSR. Namanya juga anak - anak ya menjelaskannya pun harus dengan bahasa anak - anak.. Saya jelaskan pada Marwah bahwa CSR itu adalah sumbangan bagi warga, memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya. 

Tentu, kalau menjelaskan ke anak itu harus real alias harus ada percontohannya. Nah kebetulan Alfamart kan memiliki program CSR Rumah Albi, nah jadi saya ceritakan saja tentang tujuan serta manfaat dari pembangunan rumah Albi ini. Albi itu ikon Alfamart dan Marwah juga suka liat kalau lagi ada promo kan suka ada badut Albi di Alfamart dekat rumah. 

Saya jelaskan bahwa Rumah Albi Alfamart ini bisa membantu masyarakat sekitarnya yang membutuhkan tempat untuk melakukan kegiatan komunitas seperti perkumpulan warga, arisan, ulang tahum, rapat pengurus RT atau RW, karang taruna, demo masak bahkan kalau mau nonton bareng juga bisa loh dilakukan di rumah Albi Alfamart, yang kemudian Marwah punya ide buat bikin video buat youtube di rumah Albi katanya, hmmm bisa juga tuh. Rumah Albi Alfamart juga bisa dijadikan tempat untuk bertukar informasi dan tempat berkomunikasi warga sekitar atau komunitas dengan pihak Alfamart. 

Marwah antusias sekali loh dengan cerita rumah Albi ini dan sampai nanya ada berapa Rumah Albi Alfamart itu?? 

Rumah Albi sudah berjumlah 130 an lebih dan sudah menyebar di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Cileungsi, Malang dan kota lainnya. Sesekali nanti pengen ngajakin Marwah ke rumah Albi ah yang di jalan lengkong besar no. 101 Paledang, Lengkong - Bandung. Biar Marwah bisa melihat dengan nyata seperti apa rumah Albi yang ibunya ceritakan ini. 



Sampai jumpa dipostingan selanjutnya,


Ibunya Marwah




" Bu, mas Kahfi seneng tuh karena Rossi nya menang" Celoteh Marwah ketika selesai nonton Moto GP bareng sepupunya. 

Ya, keponakan saya Kahfi adalah pencinta Valentino Rossi, dia bisa sampai sakit dan murung jika idolanya tidak menjadi juara. Pokoknya Kahfi ini sangat tergila - gila dengan Valentino Rossi. Jadi setiap ada adu balap Moto GP saya dan keluarga selalu mendoakan agar Rossi menang, karena kasian Kahfi kalau sampai Rossi kalah, bisa - bisa dia mogok sekolah loh, beneran. 

Ngomong - ngomong idola, pasti anak - anak punya tokoh idola yah. Jika anak memiliki tokoh idola, maka sebagai orang tua harusnya kitalah yang memberikan informasi tentang idolanya, menceritakan tentang idolanya itu. Apalagi untuk anak seumuran Kahfi yang masih kecil lah yah, jadi dia belum boleh mencari tahu sendiri dan berselancar didunia maya mencari tentang Rossi, jadi harus didampingi. 


Mencari informasi tokoh idola sanga anak, kumpulkan informasi sebanyak - banyaknya. Tinggal searching aja kan sekarang mah internet kenceng, hehe. Cari informasi mengenai jatidiri sang idola, seperti saya mencarikan informasi untuk Kahfi tentang Rossi di MOTO GP 2016 Okezone. Karena disana banyak sekali informasi akurat seputar Vaentino Rossi. Setelah mendapatkan informasi maka langkah selanjutnya adalah menceritakan pada anak tentang latar belakang tokoh idolanya, yang pasti dalam menjelaskan harus menggunakan bahasa yang bisa dimengerti anak dan jelaskan secara detail supaya anak merasa senang. 

Menceritakan masa kecil tokoh idolanya itu, kan kalau tokoh idolanya memiliki kisah positif bisa ditiru sama anak jadi anak memiliki motivasi yang positif juga kan. Ceritakan pula perjuangan tokohnya untuk memperjuangkan impiannya dan jelaskan dengan bahasa ringan tentang kenapa sih perjuangan itu harus dilakukan tokoh idolanya. Selain itu ceritakan juga kelemahan sang tokoh idola, ini penting untuk memberi tahu anak bahwa sehebat apapun seseorang pasti memiliki kelemahan, harapan agar anak tidak terlalu fanatik menyukai tokoh idolanya dan mengajarkan anak untuk mulai menggunakan logikanya. 

Menceritakan tokoh idola anak juga bisa disajikan dengan menggunakan alur dan bahasa yang ringan dan menyenangkan agar mudah dipahami anak, dan bisa dijadikan cerita pengantar tidur juga loh. Dengan gaya bahasa kita, intonasi dan aktualisasi diri dalam bercerita bisa membuat anak lebih cepat paham dan mengerti apa yang kita ceritakan. Atau bisa juga sesekali mengenalkan anak pada websitenya dan harus didampingi, seperti kahfi ini kadang saya ajak dia untuk membaca artikel Rossi di Moto Gp 2016 Okezone


Nanti mau nanya Marwah ah tokoh idolanya siapa, hehe. 











Thursday, 23 June 2016

Wah, sebentar lagi mudik, asik. Memang yah, mudik itu adalah momen yang paling dinantikan setiap tahun, momen dimana bakalan bertemu dengan keluarga besar.

Nah, saya punya tips agar mudik bersama anak menyenangkan :), ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan terlebih dahulu. Ssst jangan bayangkan repotnya dulu, tapi bayangkan kebahagiaan anak yang akan menikmati selama perjalanan.


Apa saja sih yang harus dipersiapkan?

Pertama, persiapkan mental, sudah siap bahwa perjalanan panjang ini bakalan membuat anak bosan dan juga anak akan merasa lelah, namun jangan berpikir seperti itu tapi pikirkanlah bahwa perjalanan akan menyenangkan dan lancar karena sudah dipersiapkan dengan baik, masukkan afirmasi positif pada alam bawah sadar.

Pastikan kita sendiri dalam keadaan sehat, penting loh karena kan harus ekstra menyediakan waktu dan tenaga untuk mendampingi anak selama perjalanan. 

Buatlah daftar keperluan anak supaya tidak ada yang tertinggal atau yang lupa masukin, sebaiknya siapkan jauh - jauh hari sebelum tanggal mudik yang ditentukan. Jangan bawa peralatan atau perlengkapan yang tidak diperlukan karena hanya akan membuat kendaraan penuh saja, dan perjalanan menjadi kurang nyaman. 


Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, cek terlebih dahulu kondisinya dan pastikan semuanya siap untuk diajak mudik, ingatkan suami untuk membawa perlengkapan kendaraan dan perlengkapan p3k, oiya jangan lupa kosongkan jok agar nanti anak bisa leluasa selama perjalanan. Siapkan juga palylist musik yang easy listening supaya perjalanan semakin menyenangkan, atau mungkin yang senang nyemil bisa siapkan cemilan untuk anda dan anak juga. 

Jangan lupa aktifkan map pada phone cell, penting untuk menemukan jalur alternatif jika saja jalanan macet. Perhatikan jam keberangkatan dan hindari jam - jam macet demi kenyamanan perjalanan. 

Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan anak seperti pakaian, makanan, minuman, obat - obatan, peralatan makan minum anak, bantal dan semua peralatan untuk menunjang kenyamanan anak, siapkan dalam tas yang mudah dijangkau jika diperlukan. 

Selama perjalanan jangan lupa untuk hibur anak dan tanyakan apakah anak merasa mual atau pusing, atau mungkin anak ingin buang air besar atau kecil. Mainan anak juga jangan lupa dibawa yah, karena selama perjalanan jika anak bosan ini bisa membantu sekali. Banyak juga ya persiapan yang harus dilakukan, namun ada loh yang sangat sering dilupakan selama perjalanan, adalah asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan yang bisa memberikan perlindungan sesuai kebutuhan ada di www.pasarpolis.com

Ya, asuransi perjalanan sekilas tidak penting yah? namun ternyata penting banget loh demi kenyamanan perjalanan juga, bisa saja ada hal yang tidak diinginkan terjadi ditengah perjalanan. Untuk info seputar asuransi perjalanan bisa langsung berkunjung saja ke pasar polis. Ni saya kasi tahu website nya : www.pasarpolis.com 

Semoga mudiknya nya lancar selama perjalanan dan selamat sampai tujuan:). 




Sampai jumpa dipostingan selanjutnya,


Ibunya Marwah


Our marriage

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

My Daughter

Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Total Pageviews

VIVALog

Instagram

Contact us

Name

Email *

Message *