Tuesday, 16 October 2012

MEMPERSIAPKAN GENERASI LIFE READY


Memasuki era globalisasi, persaingan yang akan dihadapi oleh generasi mendatang pun semakin ketat. Anak-anak Anda, bisa jadi menjadi salah satu kunci kesuksesan Indonesia di tahun 2025 nanti. Bagaimana agar anak tumbuh cemerlang?

Sebagai ibu, tentu akan berusaha maksimal untuk dapat menciptakan seorang manusia berkualitas di masa mendatang. Kesuksesan buah hati, menjadi satu target penting yang harus dipersiapkan jauh hari sebelum mereka masuk ke dunia sebenarnya. Salah satu cara adalah mempersiapkan generasi ‘life-ready’.

Generasi ‘life-ready’ adalah generasi atau anak yang siap menghadapi tantangan di masa mendatang, berkompetisi menghadapi peluang yang ada, berprestasi dalam lingkungan sosial dan mengarahkan kehidupannya pada hal-hal positif.

Dra. Ratih Ibrahim, MM., psikolog anak, menjelaskan bahwa tanda atau ciri anak ‘life-ready’, dapat dilihat dari jiwa pemimpin si kecil. Hal ini mulai dari kemampuan berinisiatif untuk mengambil keputusan-keputusan kecil, rasa percaya diri yang selalu senyum serta merasa nyaman dengan dirinya sendiri, kreatif serta sering berimajinasi dan banyak menghasilkan karya lewat coretan tangannya, dan mudah bergaul yang tampak dari keberaniannya bersosialisasi dan berkenalan dengan orang baru.

Menjadi Orang Tua yang Baik

Pembentukkan karakter anak ditentukan pada masa-masa keemasan di usia 0-12 tahun. Pada masa itulah, kebiasaan perilaku dan pembentukan pribadi dapat ditanamkan. Lingkungan yang sehat dan perilaku yang positif tentu menjadi faktor penting bagi pembentukan karakter ini.
Menjadikan anak sebagai subyek penerapan pendidikan dan pengasuhan yang benar.
Beri pujian. Hindari membandingkan anak dengan orang lain, terutama saudara kandung. Setiap anak adalah individu yang unik.
Hindari kritik. Jadilah tegas namun tidak berseberangan dengan apa yang mereka pikirkan. Anda hanya perlu memberitahu tentang apa yang Anda harapkan pada mereka.
Jadilah konsisten. Kendalikan emosi Anda dan menegakkan aturan yang sama sepanjang waktu.
Menjadi row model yang baik Memberikan perintah tanpa memberikan contoh perilaku yang sesuai juga tidak akan berhasil Anda terapkan.
Tampil kompak di depan anak. Usahakan untuk mendiskusikan terlebih dahulu dan menyepakati satu hal baru kemudian disampaikan kepada anak.
Berikan respon pada kemajuan sarana teknologi dan informasi. Pesatnya kemajuan informasi dari teknologi yang ada saat ini tentu membuat dunia anak semakin terbuka lebar untuk mengetahui banyak hal.
Tidak segan berdiskusi dengan para pakar. Jika orang tua merasa dirinya masih kurang dalam hal memberikan fasilitas kepada anak, kiranya tidak segan untuk berdiskusi langsung dengan para pakar untuk mendapatkan jawaban atau solusi yang lebih pasti.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)