Tuesday, 21 May 2013

5 Hal Penyebab Tantrum



Tantrum atau marah dan cenderung mengamuk pada anak merupakan kondisi yang sering dihadapi orangtua. Apa saja yang dapat menjadi faktor penyebabnya?

1.Pola bahasa anak
Anak berusia di bawah lima tahun kerap kesulitan dalam menyampaikan bahasa verbal. Kadang kita tidak mengerti apa yang mereka inginkan, akibatnya penggunaan emosi mereka tak dapat dihindari. Perhatikan pola bahasa tubuh Si Kecil, dan bersikaplah tenang dalam memenuhi kebutuhannya.

2.Apakah tidurnya nyenyak?
Saat anak tidak memiliki kualitas tidur malam yang baik, mereka akan cenderung rewel dan mudah marah di siang hari. Bila gangguan tidur anak terlalu sering, konsultasikan ke dokter terpercaya.

3.Cek pola makan anak
Perut Si Kecil yang lapar lapar juga merupakan salah satu hal yang membuat mereka tidak merasa tenang. Pastikan diet gula harian Si Kecil seimbang agar tidak terjadi obesitas. Variasikan menu anak, dan penuhi kecukupan nutrisi anak.

4.Penuhi waktu main di luar
Anak-anak merupakan individu yang cepat merasa bosan pada satu hal. Bermain di luar rumah akan membuat mereka merasa gembira dan segar.

5.Istirahat sejenak
Waspada rutinitas anak yang terlalu tinggi. Kini, banyak kegiatan yang bisa Si Kecil lakukan melalui program kursus yang berguna bagi masa depannya. Namun, bila ia merasa bosan dengan kegiatan kursusnya, berikan waktu untuk Si Kecil untuk beristirahat.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)