Friday, 24 May 2013

WAKTU YANG BERKUALITAS UNTUK ANAK






Bagi mom yang bekerja, tidak sedikit waktu yang bisa dihabiskan dengan anak di hari-hari kerja (weekdays), sehingga kesempatan besar untuk menggantikan waktu mom yang hilang adalah saat akhir pekan. Inilah kesempatan untuk mempererat hubungan antara mom dan anak di akhir pekan. Lakukan suatu kegiatan berkualitas, walaupun sebentar tapi berkesan bagi anak-anak mom seperti :

1. Fokuskan perhatian dan emosi mom saat bersama anak
Sudah banyak waktu yang terbagi untuk pekerjaan kantor. Saat mom dengan mereka, bebaskan waktu mom dari segala aktivitas yang terkait dengan dunia luar. Buatlah anak-anak mom menilai, waktu ini khusus untuk mom dan dia. Selain pikiran, yang juga bisa dirasakan oleh anak adalah emosi, manfaatkan waktu yang ada untuk mencurahkan perhatian dan kasih sayang secukupnya, sehingga anak-anak dapat merasakan kedekatan emosi dengan mom.

2. Sarapan pagi bersama

Tidak ada salahnya bila mom menerapkan weekend adalah waktunya menyantap masakan ala chef mom. Menu masakan yang di buat sesuai dengan permintaan anak. Setelah mom selesai memasakan makanan khusus keluarga, sajikan dan ajaklah seluruh keluarga untuk sarapan pagi bersama. Maka saat sarapan pagi di weekend dapat menjadi media pertemuan untuk berkomunikasi. 

3. Libatkan anak dalam kegiatan dirumah

Melibatkan anak dalam kegiatan di rumah, termasuk memasak ataupun membereskan rumah dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Berilah tugas yang sesuai dengan usia anak, jika anak masih terlalu kecil mom tetap dapat melibatkannya pada kegiatan yang sifatnya sederhana dan ringan. Misal di kegiatan memasak ajaklah mereka untuk menyiapkan sendok garpu, libatkan mereka untuk mengocok telur, atau di kegiatan membereskan rumah mereka bisa ditugaskan untuk merapikan bantal/guling dikamar mom, mencuci mobil  bersama dengan ayah.
 
4. Berceritalah 
Bercerita merupakan cara yang baik untuk mengembangkan logika dan imajinasi anak mom, juga cara jitu untuk meningkatkan kualitas dan mempererat hubungan antara orangtua dengan anak. Sebelum tidur, sempatkan waktu sebentar untuk berbagi cerita mengenai hari yang telah di lalui anak-anak serta sekilas tentang hari mom atau mom bacakan buku kesayangan mereka. Ketika mereka bercerita, jadilah pendengar yang baik dengan merespon ceritanya dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana yang bisa membantu mom untuk “mengenal” cara berpikir dia.

5. Jalan-jalan

Jalan-jalan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempererat hubungan orangtua dengan anak. Disamping itu, dengan berjalan-jalan, mom dapat mengajak anak untuk terbuka dan lebih mengenal kepribadian anak. Hal ini disebabkan pada saat jalan-jalan, anak-anak dapat dengan spontan mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Saat berjalan-jalan dengan mereka mom bisa sisipkan ilmu pengetahuan dari apa yang ada disekeliling. 

6. Menelepon/mengirim pesan singkat/video Chat 

Terkadang, meskipun hari libur mom tetap harus menyelesaikan tugas kantor. Jika kondisinya demikian, mom perlu menghubungi anak di sela-sela kesibukan pekerjaan. Sampaikan permintaan maaf karena belum dapat menemani mereka pada akhir pekan kali ini dan berikan gambaran mengenai tugas kantor mom.
Mom dapat menelepon, mengirim pesan pendek plus foto situasi mom lewat gadget Dad atau ajak dia video chat sehingga mereka bisa lihat bagaimana keadaan disekeliling kantor mom. Saat berinteraksi dengan mereka, siratkan bahwa mom tidak lupa dengan mereka dan betapa berartinya mereka di dalam hidup mom. 




SUMBER : IBU DAN ANAK  dan diambil dari berbagai sumber 

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)