Tuesday, 11 June 2013

BOLEHKAH ANAK USIA DINI BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS???

Banyak orang tua yang masih pro kontra tentang pembelajaran membaca dan menulis untuk anak usia dini. Beberapa teman saya juga ada yang mengatakan bahwa wajar saja mengajarkan anak membaca dan menulis pada usia dini dengan tujuan agar anak bisa terbiasa kelak. Hmm gitu yah? 

Kalau pendapat saya sih beda, Marwah sekarang usianya mau 5 tahun dan saya sama sekali belum menyuruh ia untuk belajar memabca dan menulis, alasan saya adalah saya tidak mau mencuri masa bermain Marwah dengan memaksakan kehendak saya agar ia belajar, kasian kan Marwah waktu bermainnya dirampas begitu saja. 

Saya khawatir justru akan menghambat perkembangan potensi dan kemampuan Marwah dikemudian hari. Toh nanti juga kalau usianya sudah matang, saya yakin Marwah akan bisa dengan sendirinya tanpa dipaksa. 

Polemik itu kadang membuat saya bingung, karena banyak sekali nih orang tua yang memaksakan kehendaknya tanpa meraba perasaan anaknya, duh. Padahal sebagai orang tua harusnya bersikap bijaksana dalam memberikan solusi terbaik untuk anak, untuk anak lho yah bukan untuk orang tua. 

Jadi pertimbangkan dulu matang - matang sebelum yakin mengajarkan anak membaca dan menulis pada usia dini.



Love your kids with heart, 




 

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)