Wednesday, 17 July 2013

TIPS UNTUK TAKLUKAN ANAK SUSAH DIATUR

Memiliki anak yang sedang dalam masa pertumbuhan memang memerlukan energi ekstra. Mereka terkadang sulit diberi nasihat dan dilarang bila akan melakukan sesuatu yang salah. Anak-anak yang susah diatur membuat stres ibunya. Namun jangan khawatir, anak-anak bisa berubah menjadi manis kok bila kita mau untuk mengubahnya secara perlahan-lahan. Bila anak Anda susah untuk diberitahu, mungkin Anda belum melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengubahnya:
1. Broken record
Selama ini Anda memilih untuk berteriak atau memarahi anak bila mereka mulai rewel karena keinginan mereka tidak dituruti? Atau Anda selalu menuruti permintaan si anak karena tidak ingin mendengar tangisan mereka? Maka Anda perlu menerapkan cara 'broken record'. Selama yang mereka minta bukanlah kebutuhan penting dan tidak harus menuruti, Anda bisa menolaknya. Anda harus kuat hati dan mengendalikan emosi bila mereka mulai marah atau rewel. Dengan begitu mereka akan belajar bahwa mereka tidak selamanya bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cara menangis dan merengek kepada kedua orang tuanya.
2. Tunjukkan tekad kuat
Ketika dihadapkan dengan pertengkaran yang sulit dengan anak, orang tua harus menjaga tekad mereka sebagai orang tua. Ketika kita menyerah, walau tidak mengatakannya, anak-anak bisa mengetahui apakah mereka bisa menang atau tidak. Anda harus tetap konsisten bila sudah berkata tidak dan tidak mudah luluh. Biarkan anak belajar bahwa orang tuanya menyayanginya tidak dengan cara selalu memberikan apa yang mereka minta.
3. Fokus pada perilaku positif
Ada beberapa anak yang rewel dan susah diatur hanya karena mereka mencari perhatian dari kedua orang tuanya. Anda harus memahami kenapa anak Anda bersikap tidak menyenangkan dan susah diatur. Berikan perhatian kepada anak Anda tanpa membuat mereka merasa bahwa mereka bisa meminta apa saja karena sudah mendapat perhatian lebih dari orang tuanya.
Menjadi orang tua memang tidak mudah ladies. Ada saja cobaan dan permasalahan yang terjadi setiap hari. Tidak sekolah untuk menjadi orang tua yang baik namun bila mau belajar maka Anda bisa menjadi orang tua yang terbaik bagi anak Anda dan taklukan segala permasalahan yang ada.


SUMBER:
Dari berbagai sumber 

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)