Wednesday, 6 November 2013

Alhamdulillah berkat jurus jitu, akhirnya Marwah bisa diajak berkomitmen

Semenjak memposting artikel dilarang memukul anak, dari situ saya berjanji untuk tidak memukul lagi Marwah dalam keadaan apapun. Janji itu saya ikrarkan didepan Marwah langsung dan kita berdua membuat kesepakatan , ya kesepakatan antara ibu dan anak. Dari waktu itu aku sepakat untuk tidak memukul anakku dan Marwah sepakat untuk tidak membuat aku emosi. Alhamdulillah perlahan , Marwah mulai ngerti atas permintaan aku ini. 
tingkah anak ini selalu nyeleneh, selalu ulahnya aneh saja disetiap saat, namun ibu tetap sayang marwah

Dari hari ke hari setiap ada kenakalan - kenakalan kecil yang Marwah buat , selalu aku ingatkan, kalau dia tidak ingin dimarahi bahkan sampai dipukul , maka Marwah harus selalu bersikap manis terhadap siapapun termasuk aku sebagai ibunya. namun yaa namanya juga anak - anak selalu saja ada ulahnya yang membuat ibu naik darah,namun setelah kami membuat kesepakatan , akhirnya bisa deh menyelesaikan ulah anak yang sangat aktif ini tanpa marah atau mukul... yuk silahkan dicoba yaa bu ...

1. KOMITMEN

Saya dan Marwah berkomitmen , sebelum saya berkomitmen dengannya, hal yang pertama saya lakukan adalah memberikan pengertian sejelas-jelasnya mengenai komitmen. Tentu saja memberikan pengertiannya sesuai dengan umur Marwah dong , ya supaya bisa dan mudah ia fahami. Setelah Marwah mengerti dan faham arti komitmen , nah barulah saya memberikan penjelasan tentang komitmen kami berdua . sejelas - jelasnya dan se detail - detailnya . 

2. MEMBERIKAN KEBEBASAN

Jangan dulu takut bu, memberikan kebebasan disini , bukan hal yang negatif lho. Ya aku memberikan kebebasan untuk marwah menyampaikan aspirasinya terhadap saya dan keluarga. Saya memberikan kebebasan untuk Marwah berbicara, jika Marwah melakukan kesalahan maka saya tanya dulu penyebabnya. Misalkan jika Marwah melakukan kesalahan , hmm contohnya sewaktu dia ngamuk ga jelas ditempat les karena ga mau les, duh emosiii sekali rasanya , namun dengan sekuat hati dan tenaga saya mencoba tenang dan berbicara dengannya berdua, saya tanyakan alasan dia tidak mau les apa sebabnya, apa dia bermasalah dengan guru les atau teman lesnya, saya berikan kebebasan dia untuk mengoreksi lingkungannya dan saya tekankan juga pada nya , saya memberikan kebebasan bukan untuk menyalahkan orang lain. Dari situ Marwah pun belajar mengutarakan perasaannya, alasan yang baik untuk suatu masalah bukankah akan membuat suasana nyaman. 
Dia jujur pada teman temannya kalau dia masih belum bisa minum susu tanpa dot kesayangannya


3.JUJUR

Point ke 3 ini sangat penting sekali, di setiap aspek kehidupan, kejujuran adalah modal utama yang harus kita miliki, bukankah begitu?.. Saya selalu berikan pengertian untuk Marwah agar dia selalu bersikap jujur dalam setiap kesempatan dan hidupnya. Karena kejujuran akan membawa dia ke arah dan momen terbaik sepanjang hidupnya. Ga akan susah orang membawa kejujuran bersamanya disetiap waktu. 

sepulang sekolah , sebelum les dia mengutarakan keinginannya utk makan es dan mau les, kalau tidak makan es tidak mau les. uuuuh

Perlahan anak akan mengerti dan faham tentang komitmen , lalu dia pun berkomitmen pada diri nya sendiri dengan caranya sendiri , dan dia diberikan kebebasan untuk mengutarakan isi hatinya dengan catatan dia selalu jujur , semua itu akan selalu berjalan mulus jika antara orang tua dan anak ada hubungan baik . Tentu saja bukan hanya dengan nasihat dan pemahaman saja namun harus menjadi contoh nyata juga yaa.... Karena dengan mencontoh anak akan lebih cepat belajar dan memahami .

Semoga anak - anak kita menjadi anak solehah dan soleh .. aamiin 



6 comments:

  1. Komunikasi dengan anak memang harus diintensifkan ya jeng agar sama-sama mengetahui kehendak masing2

    Dengan bangga saya mengundang sahabat untuk mengikuti kontes unggulan di BlogCamp. Salah satu hadiahnya adalah voucher menerbitkan buku.
    Silahkan cek http://abdulcholik.com/2013/11/01/kontes-unggulanproyek-monumental-tahun-2014/

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. makasih pak De sudah mau berkunjung ke blog sederhana saya :0 terimakasih juga undangan kontesnya,, insya Alloh saya mau ikutan :D

    ReplyDelete
  3. Marwah lucu ya, chubby :) noted ah tipsnya buat masa depan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya teh Efi dia chubby... hihih silahkan dipelajari dari sekarang supaya nanti tinggal praktek :D

      Delete
  4. duh keren nih, dedeknya cantik badai :P

    ReplyDelete
  5. Pipinya chubby banget mbak sih Marwah hehheehe.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)