Monday, 18 November 2013

anak juga ternyata butuh dipuji lho...

Assalamualaikum.... 

Dear Neng Marwah... duh ibu lagi kesel nih sebenernya sama neng, kenapa ya koq neng marwah tiap ibu denger tanpa sengaja suka denger lancar deh ngafalin abjad dan berhitung,namun ketika ibu nanya sekali lagi untuk mengulangnya ,pasti aja disalah-salahin.. Grrrr kesel sebenernya lho ibu, pengen marah sekali. Kenapa ya neng Marwah itu kalau didepan ibu itu ga mau liatin bahwa neng awah udah bisa ini,bisa itu???? Padahal seharusnya neng itu bisa menunjukkan segala yang neng bisa pada ibu,, hiks apakah ibu selama ini kurang perhatian yaa sama neng marwah sehinga neng marwah enggan menunjukkan bahwa neng sudah bisa ini dan itu.

Namun ibu ga pernah mau mengalah dan menyerah pada keadaan * cieeeeeeh *, ibu langsung saja cari tahu , dengan googling dan tanya sana - sini , ya termasuk nanya kepada guru les dan sekolahnya neng marwah. Ibu komunikasikan , eeh ternyata Neng itu memiliki sifat yang keren lho kata bu guru dan miss ditempat les, yaah walaupun kadang kalau lagi ngambek neng itu keukeuh tetap pada pendirian , namun Neng termasuk anak cerdas, dan ibu bangga sekali sama Neng marwah * pelukaaaaan *. Dan ibu akhirnya tahu deh kenapa neng selalu ga mau menunjukkan apa yang neng bisa dihadapan ibu, yah itu karena ternyata ibu jarang sekali memberikan hadiah dan pujian, hiks sedih sekali rasanya, dan rasanya sangat merasa bersalah sekali,maafkan ibu ya neng, karena ibu terlalu sibuk dengan urusan kantor dan kuliah jadi agak sedikit lupa memberikan hadiah terhadapmu nak,ibu janji ibu akan menjadi ibu yang hebat untuk neng marwah yaaa,,, mulai sekarang kita kerja sama yah, neng ga boleh lagi nyembunyiin yang neng bisa terhadap ibu dan ibu akan selalu memberikan hadiah kalau neng udah bisa sesuatu ... yipppie ,,, gimana? deal??? * tooosss duluuuu*

Semenjak terjadi komunikasi dan deal - deal an dengan Marwah, alhamdulillah sekarang dia selalu saja menunjukkan apa yang ia bisa dihadapanku tanpa malu lagi. Yah ternyata selama ini aku kurang bisa menghargai prestasinya, prestasi anak sekecil apapun harus kita hargai lho, penghargaan terhadap anak tidak harus mahal , namun dengan sedikit pujian juga adalah penghargaan yang terindah untuk anak. pujilah anak anda sebisa anda , setiap hari.

Walaupun demikian , pujian terhadap anak juga ada dosisnya juga,
"Pujian adalah bagian dari penguatan yang dibutuhkan anak. Dengan pujian anak merasa diterima dan sukses. Tentunya hal ini akan membantu terciptanya konsep diri positif," kata Henny Supolo Sitepu, MA.

sering memuji anak juga berdampak buruk pada perkembangan anak juga lho, jadi sewajarnya saja kita memuji, orang tua harus tahu saat - saat mana yang harus dibanjiri dengan pujian dan saat mana yang mengharuskan kita tidak memberikan pujian terhadap anak. Jangan sampai pujian kita membuat anak egois dan sombong yaa ... Bersikaplah sewajarnya...






3 comments:

  1. Hiii Mak salam kenal, anakku usianya 4 tahun. Kalau lagi belajar enggak mau dilihatin...kalau di puji wuuuih bakalan terus-terusan belajar dia. Ooops ada satu lagi kunci anakku *dipanas-panasin. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga mak,,salam kenal kembali *pelukcium*... iya bener anakku juga gitu kl belajar ga mau diliatin jg mak... iy yah harus nyoba nih dipanas-panasin,,, thanks udah berkunjung ya mak

      Delete
  2. Salam kenal, Mak. Orang dewasa aja bisa tambah semangat kalo kebaikannya diapresiasi, apalagi anak kecil ya :-D

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)