Tuesday, 10 December 2013

Catatan kecil untuk marwah : Gaya belajar


diambil dari sini gambarnya
Marwah sekarang sudah 5 tahun, 5 bulan , 2 minggu  , 5 hari. Hmmm  udah besar yaa anak ibu. Semenjak masuk TK B , neng marwah lumayan kemandiriannya lebih baik lagi, hmm memang sih, dari umur 3 tahun kan neng sudah terbiasa ditinggal ayah ibu , karena ayah ibu bekerja. Dan Alhamdulillah neng ga pernah rewel dan cengeng ketika ayah dan ibu kerja, makasih ya sayang, itu adalah kado terindah untuk ibu sepanjang masa.
Mungkin karena terbiasa ditinggal ayah dan ibu, jadi neng marwah itu mandiri dan sangat mandiri, terlihat ketika pertama sekolah masuk TK B , neng langsung ceria dan mau ibu tinggal tanpa tangisan sedikitpun, dan itulah yang membuat ibu bahagia dan tenang sekali saat ibu bekerja juga.
Apalagi sekarang, kan bentar lagi mau masuk SD kan? Semakin mandiri aja pastinya anak ibu. Alhamdulillah , ibu tidak pernah berhenti bersyukur deh sama Alloh Swt atas karunia yang Alloh berikan untuk ibu. Karunia terindah yang pernah ayah dan ibu miliki. Terimakasih ya Rabb… ijinkan aku terus menjaga titipan MU ini dan mudahkanlah semua urusan hamba dalam membesarkan titipanMU..aamiin
Oiya ibu mau cerita tentang gaya belajar neng marwah yang hmmm harus segera ibu rubah deh,, peer besar sebenarnya untuk ibu, , dan mungkin ibu lainnya juga memiliki anak yang gaya belajarnya seperi neng, makanya mau ibu share di blog ini, siapa tahu bisa saling melengkapi dan sharing kan? *kedip – kedip*..
Anak saya Marwah itu adalah anak yang kinestetik namun terkadang visual juga, Marwah yang kinestetik ini nyaris tak pernah mau diam saat belajar sekalipun, sesekali tangannya bergerilya dengan cepat ketika dia menulis atau membaca, selalu gerakan badan, tangan , kaki beriringan selalu, tak pernah berhenti. Makanya anak kinestetik ini banyak diartikan nakal, padahal anak kinestetik ini bukanlah anak nakal, mereka hanya butuh banyak gerak untuk meng-eksplor apa yang dia mau dan ingin ia sampaikan, dan saya tekankan sekali lagi yaa anak kinestetik bukanlah anak nakal.
Sebutan anak nakal seringkali ditujukan pada anak – anak yang perilakunya dianggap mengganggu temannya. Padahal pada kondisi tersebut , adalah proses atau bagian dari perkembangan emosi anak, atau bisa jadi memang karakter dan gaya belajarnya yang membutuhkan banyak bergerak. 



Sebenarnya Marwah bukan kinestetik sejati , dia masih bisa bergerak dalam batas wajar dan tahu saat mana dia boleh bergerak lebih dan saat mana dia harus duduk manis, walaupun memang agak susah sekali untuk dilihat sisi diamnya. Namun terkadang marwah disaat belajar tidak pernah mau duduk manis dalam waktu lama , kalau dirumah disuruh belajar pasti saja ia keluar dari kursi atau tempat belajarnya sesekali, bahkan berlari kesana kemari, padahal marwah sedang belajar, untuk beberapa orang mungkin mengartikan nakal. Padahal anakku bukan anak nakal , tetapi memang marwah memiliki kecerdasan kinestetik. Yaitu kecerdasan yang banyak melibatkan aktifitas fisik. Marwah belajar dengan nyaman ketika proses pembelajaran dilakukan dg berjalan,berlari,bertepuk,dan sebagainya. Namun untuk kondisi marwah, saya bisa artikan dia memiliki gaya dan karakter belajar KINESTETIK dan VISUAL .
Marwah belajar dengan banyak bergerak , dan cepat memahami sesuatu dengan melihat. Jadi memang marwah termasuk anak kinestetik dan visual.
Jadi memanglah orang tua yang harus bisa melihat karakter atau gaya belajar anak, agar bisa mengarahkan anak dengan sebaik-baiknya . bukankah begitu???....
Marwah belajar dengan cara melihat
Melirik keatas bila bicara , bebicara cepat .Bagi anak yang memiliki gaya belajar visual ini, yang memegang peranan penting adalah mata / penglihatan, dalam hal ini metode yang digunakan seharusnya lebih baik dititik beratkan pada pada peragaan/media. Anak yang memiliki gaya belajar visual ini harus melihat gaya atau air muka gurunya ketika guru mengajarkan pelajaran. Cenderung duduk didepan agar bisa melihat dengan jelas ,
Adapun strategi yang bisa digunakan untuk anak visual adalah:
  • Menggunakan materi visual , seperti diagram,peta dan gambar-  gambar
  • Gunakan warna untuk meng hi lite hal – hal yang penting
  • Saya selalu mengajak marwah membaca buku – buku yang kaya ilustrasi
  • Marwah senang belajar dengan multimedia, seperti computer,tablet.
  • Mengajak marwah mengilustrasikan ide nya dengan gambar . 

Marwah belajar dengan bergerak,bekerja dan menyentuh

Marwah sering banyak bergerak , ingin menyentuh dan selalu penasaran ingin melakukan sesuatu. Marwah juga sulit untuk duduk manis , karena keinginan eksplorasi yang sangat kuat sehingga mungkin mendorong marwah untuk selalu bergerak. Maka ia belajar dengan gerak dan sentuhan.
Strateginya adalah:
  • Jangan paksa anak utk belajar berjam – jam * wah marwah belajar lebih dari 10 menit saja dia sudah bosan*
  • Ajak anak untuk mengeksplorasi lingkungannya.
  • Sesekali mengijinkan mengunyah permen karet saat belajar
  • Jika dalam keadaan memungkinkan, boleh saja anak belajar sambil mendengar music

Gaya belajar memang dapat menentukan prestasi belajar anak, jika diberikan sesuai dengan gaya belajarnya . setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda – beda tentunya. Kenalilah karakter dan gaya belajar anak anda .

 
pinjam gambar dari sini
Apapun gaya belajar neng marwah , akan selalu ibu gali dan ibu cari tahu semuanya ,,, karena betapa besar cinta dan sayang yang ibu miliki,,, semua itu ibu lakukan dengan ikhlas.

Sampai disini dulu yaa sayang… mudah2an cerita ibu tentang gaya belajar nya neng marwah bisa bermanfaat untuk orang banyak yaaa 











0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)