Monday, 9 December 2013

marwah si body smart



Ada beberapa macam kecerdasan, diantaranya kecerdasan kinestetik, saya ingin bahas masalah kecerdasan kinestetik, karena anak saya Marwah adalah kinestetik. Sebenernya apa sih kecerdasan kinestetik itu?… yiuuuk dibaca yaa … mudah2an bermanfaat yaa…
Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan yang berhubungan dengan anggota tubuh. Tentunya anak kinestetik lebih senang bergerak dan kerap kali tidak mau diam. Kelebihan dari anak kinestetik adalah cepat menghafal dengan olah tubuh,maka dari itu gaya belajar anak kinestetik sebaiknya selalu dikaitkan dengan olah tubuh / gerak tubuh.

Misalnya ketika ingin mengajarkan Marwah tentang sesuatu, maka saya harus jelaskan sambil menngerakkan anggota tubuh agar dia faham, contohnya: Saya ingin memberikan penjelasan tentang hujan maka saya dengan peraga olah tubuh bisa mengantarkan tujuan kepada Marwah tentang hujan. Jadi apa yang mau kita jelaskan pada anak harus detil dan usahakan dengan gerak tubuh agar dia bisa mengingatnya terus.
Kelemahan anak kinestetik adalah tidak mau diam, bahkan nyaris tidak bisa diam.  Marwah tidak bisa diam dalam jangka waktu lama, inginnya terus bergerak. Namun anak kinestetik juga tenang dan tidak selalu membuat rusuh. Kecerdasan kinestetik ini bukan gangguan, namun kecerdasan jenis ini adalah kemampuan untuk mengekspresikan diri. jadi kinestetik ini bukanlah kekurangan.
Semua orang memiliki kecerdasan kinestetik dengan level yang berbeda, ada yg lebih dominan,namun ada juga yang kecerdasan fisiknya tidak lebih unggul dibanding kecerdasan lainnya.
Aku selalu memanggil marwah dengan si body smart karena walaupun lincah dan hyperaktif,Marwah tetap bisa kontak langsung dengan lingkungannya, dan selalu memiliki kontribusi dengan lingkungan sekitarnya. Marwah yang selalu tidak mau diam, tetap bergerak aktif saat ia duduk sekalipun.
jadi sebagai orang tua, harus memahami dengan sungguh sungguh si anak kinestetik ini,,, fahami dan arahkan anak sesuai dengan kecerdasannya masing2… setiap anak memiliki kelebihan tersendiri…..

2 comments:

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)