Wednesday, 8 January 2014

BIJAK MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK

Membaca , menulis walaupun seorang ibu memiliki hobi ini,namun tidak semuanya bias ditularkan kepada anak dengan begitu saja. Ada sih mungkin beberapa yang menurun ya hobinya,namun tidak semua. Dengan membaca kita bias faham semua informasi dan buku adalah jendela dunia kan? Kata – kata itulah yang selalu saya ingat, karena dulu mamah selalu berkata seperti itu. Karena menurut saya membaca itu penting dan harus menjadi rutinitas harian bagi saya , maka saya juga mau kalau anak saya, Marwah memiliki pemikiran yang sama terhadap buku dan membaca.


Sebagai orang tua , saya usahakan menanamkan suka baca terhadap Marwah sedari dini , dengan artian lain supaya saya sedini mungkin menstimulasi otak Marwah untuk dapat menerima hal – hal yang baru. Marwah belum bias baca sendiri, maka dari itu saya selalu membacakan untuknya. Bacaannya berupa cerita kecil yang masuk logika Marwah saja, tidak terlalu memaksakan buku-buku yang berat.  Usaha saya harus terus berjalan sampai Marwah benar – benar suka membaca .
Menurut saya , anak yang rajin membaca semenjak kecil akan berpotensi menjadi anak yang cerdas kelak. Karena dengan membaca, anak bisa menemukan kosakata yang baru yang sebelumnya belum ditemukan atau diketahui. Karena Marwah selalu bertanya, maka jika dia mendengar kosakata baru maka dia selalu bertanya pada saya, maka disinilah tentunya banyak berbagai pengetahuan baru akan didapat dan komunikasi antara anak dan ibu akan semakin positif. Dan anak akan semakin pintar berkomunikasi karena kosakatanya semakin bertambah dengan hobi bacanya.
Namun tidak semua anak seperti Marwah, mau belajar dan menyukai membaca . dan marwah juga terkadang kalau sedang bosan dia tidak mau mendengarkan cerita saya. Namun tak usah galau deh * aiiih bahasanya* , kita bisa buat anak agar mau membaca dan menjadikan membaca sebagai hobinya,,, yaitu dengan beberapa strategi ala saya :D ,, semoga bermanfaat yaaa….
  1. Jangan paksakan anak
Karena usia Marwah masih suka bermain dan beraktivitas banyak, maka saya biasanya mengajak Marwah baca buku sesuai keinginan dia, dengan gaya dia maunya seperti apa, agar dia enjoy
     2. Saya adalah contoh nyata
Karena saya memang suka baca juga , jadi saya memberikan perilaku sering baca saja dirumah, dengan begitu Marwah akan melihat dan meniru. Kadang saya membaca nya dengan mimic muka yang penuh ceria , Marwah melihat mimik muka saya aja dia langsung penasaran dan ingin saya ceritakan.
      3.Pilih buku favorite anak
Saya sering mengajak marwah ke tokbuk dan membebaskan dia memilih buku apa saja yang mau dia beli dan baca , dengan catatan harus saya sortir pas mau bayar *takutnya kemahalan* haha maklum lah ya harus hemat juga :D.
Alhamdulillah sedikit demi sedikit Marwah sekarang jadi suka baca , walaupun masih harus selalu dibacakan  namun aku seneng sih :D … semoga Marwah selalu suka baca ya sayang.
****

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)