Tuesday, 18 February 2014

USIA IDEAL MASUK SD

Sepertinya bukan saya aja deh yang mengalami kegalauan seperti ini, orang tua lainnya juga pasti pernah merasakan hal yang sama seperti yang saya alami saat ini. 
TK PRIANGAN BANDUNG

Marwah masuk TK memang langsung TK B diusia 5 tahun pas , tidak merasakan TK A , karena saat itu saya pikir Marwah biar ga bosen gitu jadi tahun depan bisa masuk SD diusia 6 tahun pas juga , kebetulan lahir bulan Juni jadi pas mulu usia masuk sekolahnya. Beberapa bulan kedepan penerimaan SD akan dibuka, namun kegalauan kian merajai perasaan saya, entahlah perasaan kecil saya mengatakan bahwa Marwah belum siap secara mental untuk masuk SD, meskipun secara intelektual dia mampu.  Namun dilihat dari perilaku dia sama sekali belum siap memasuki dunia SD yang butuh keseriusan, bukan untuk main -  main lagi. Kalau saya paksakan dengan berbekal intelektual dia yang bisa masuk SD namun sisi mental dan psikologis dia ga siap masuk SD , koq rasanya saya terkesan egois jika keukeuh memasukkan marwah ke SD yah?

Bukankah nantinya di SD sudah tidak ada dunia bermain seperti di TK? mengingat cara belajar marwah yang kinestetik , semakin galau lah saya. Searching artikel dari beberapa pakar , dan lega rasanya menemukan artikel yang mengatakan bahwa ada UU nya kalau anak usia 7 - 12 tahun adalah usia Sekolah Dasar. Huuuh bisa bernafas lega nih ibu dan semakin mantabs saja untuk tetap memasukkan marwah ke TK ditahun depan mengingat Marwah masih berumur 6 tahun. 

Salah satu faktor yang seharusnya diingatkan sewaktu akan masuk SD adalah faktor usia, namun itu dulu deh, skr kalau anak udah bisa baca tulis ga liat umur oke aja tuh,apalagi disertai pelicin. Huh apakah itu murni keinginan anak ataukah ego orang tua? ah entahlah itu harus para orang tua sendiri yang jawab. 

Semenjak tahun 80 sampai saat ini banyak sekali orang tua yang menyekolahkan anak di SD dengan usia yang masih sangat relatif muda yaitu antara 5 - 6 tahun bahkan ada yang lebih muda lagi, padahal usia ideal sesunggguhnya adalah usia 7 tahun masuk SD. Perbedaan umur beberapa bulan saja pada anak akan terlihat perbedaan tugas perkembangannya. Bisa deh dibandingkan bayi yang masih berusia 7 bulan dengan bayi berusia 9 bulan , padahal hanya beda 2 bulan saja kan? namun jarak umur sangat mecolok, perbedaan tugas pun terlihat beda pada mereka .Bisa juga bandingkan anak usia 2.5 tahun dengan usia 3 tahun dari kemampuan berbicaranya.

Dan menurut kajian psikologi yang dikemukakan oleh beberapa ahli , tahapan perkembangan anak meliputi kognitif , moral , mental emosional dan sosial serta psikomotor.


Menurut saya pribadi sih apabila seorang anak bersekolah dengan usia yang ideal , maka seluruh aspek perkembangan kecerdasan anak seperti IQ , EQ dan SQ akan tumbuh dan berkembang dengan sangat luar biasa.


Semua orang tua * termasuk saya * memiliki anak itu inginnya bukan sekedar anak yang pintar secara akademik saja , namun ingin anak yang matang secara mental emosional , sehingga rentang konsentrasinya sudah cukup panjang, kemampuan menangkap perintah sudah cukup bagus , yang dibutuhkan untuk bisa belajar optimal dan tanpa banyak masalah dari sisi psikologis anak.

INGAT LHO , pelajaran SD sekarang cukup berat , bayangkan saja yang tadinya belajar di TK cuma belajar sambil bermain , mendadak begitu masuk SD sudah dihadapkan pelajaran yang membutuhkan uraian , penjelasan dll, ada ulangan , PR , tugas , hmmm kasian deh Marwah kalau emmang saya keukeuh masukin dia ke SD sebelum umurnya matang. Bukan setahun dua tahun lho namun 6 tahun lho di SD ini. Anak belajar kurleb selama 12 tahun , 6 tahun untuk Sd , 3 tahun SMP , 3 tahun SMA dan untuk kuliah sampai s3 menempuh sekitaran  3 - 9 tahun.. WOW keren kan? makanya persiapkan anak seideal mungkin, secara matang . Jangan hanya ego orang tua saja , namun kapasitas anak juga harus dilihat dengan seksama.



“ Ajaklah anakmu bermain pada tujuh tahun pertama usianya, didiklah mereka pada tujuh tahun kedua usianya, dan jadikanlah mereka sahabat pada tujuh tahun ketiga usianya” (Ali Bin Abi Thalib)

Alhamdulillah semakin mantap hati ini untuk membuat Marwah lebih matang secara umurnya sebelum memasukkannya ke SD ... 



Peluk cium ibu,


Muaaaach 









23 comments:

  1. anakku juga tahun ini masuk SD mak.. deg degan banget rasanya, ada rasa kasihan juga sih sebentar lagi masa bermain itu akan jaaauuuuhh berkurang. Kl Nadia sih udah skolah dari umur 3th, aku ajarin juga dirumah moga2 bekalnya sudah cukup.
    Moga2 Marwah juga siap masuk SD ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. usianya berapa mak anaknya? iya sih pasti deg deg an yaaa

      Delete
  2. bener banget mbk,pelajaran kelas 1 aja dah banyak banget,udah macem2,,beda banget kayak jaman saya dulu,,,,moga marwah makin pintar ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya , kebayang deh anak SD skr hiks hiks ,,, aamiin makasih yaaa

      Delete
  3. Alhamdulillah kalau sudah mantap mbak, saya sendiri termasuk anak yang dulu disekolahin umur 7 tahun, teman-teman saya banyak yang tahun lahirnya dibawah saya karena mereka sekolah diumur 6tahun dan ada juga yang 5tahun. Awalnya saya jadi minder, sepertinya hebat sekali teman-teman yang lain, tapi penjelasan ayah dan ibu saya bisa mengalahkan semua itu, saya mengerti dan tidak minder lagi. Itu terjadi sekitar kelas 5 kalau enggak salah. Dannn saya pun akan melakukan hal yang sama seperti orang tua saya, meyekolahkan anak pada umur yang ideal hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya , orang tua pasti akan memberikan yang terbaik untuk anaknya , :) terimakasih sudah berkunjung , salam kenal yaa

      Delete
  4. Wah bener banget mak. In shaa Allah saya juga sudah niatan ntar anak saya kalau sudah usia 7 tahun baru masuk SD. Saran dari yang sudah senior2 juga bagusnya masukin anak ke SD emang pas usia 7 tahun mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi udah matang secara emosional juga dan yang penting itu anak sudah siap belajar :)

      Delete
  5. Anak sulung saya ... persis seperti Marwah ...
    Dia langsung masuk TK B ... umurnya menginjak lima tahun.
    jujur dulu itu kami merasa terlambat mendaftarkannya ...

    Dia masuk SD pada usia yang belum genap 6 tahun . Masuk SD Juli, Ulang tahun ke 6 oktober. Saya tidak tau apa ini ideal atau tidak. Si tengah pun demikian karena dia Ulang tahunnya November.

    Kebalikannya si Bungsu ... ketika dia masuk SD ... dia sudah genap 6 tahun pada bulan April ... Juli masuk SD.

    Alhamdulillah ketiganya tidak mengalami kesulitan dalam bersosialisasi ... dan dalam akademis
    (sekarang si sulung sudah 19 tahun, tengah 17, bungsu 14 )

    Salam saya Tian
    (18/2 : 4)

    (18/2

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya om, berarti bagaimana anaknya juga sih ya

      Delete
  6. seandainya semua orang tua berpikir dari sudut anak alangkah bahagianya hati ini dan hatinya... gakkan ada anak yg stress...
    untuk para emak, jauhkan gengsi dan egonya yah biar anak-anaknya bisa tumbuh dan berkembang dg baik.
    telah banyak kulihat korban karena itu. mari hargai hak anak. merdeka !

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia rata2 orang tua memaksakan kehendaknya daripada anaknya :(

      Delete
  7. Wah, itu saya banget mbak. Si bungsu umur 5 thn ktk TK, masuk SD 6 tahun. Lahiran Juni...
    Aduh... Harus bolak-balik konsultasi krn tak mau membaca/menulis.
    Syukurlah cuma 4 bulan ngadatnya. Semoga juli ini naik kelas 2 krn nilainya mulai memuaskan.

    ReplyDelete
  8. Aku dulu dini bgd udh masuk sd mak, 5 tahun, kata ibuk aku sih dulu aku sendiri yg minta masuk sd, jd di tk cm 1 tahun..

    ReplyDelete
  9. usia si sulung saya sekarang kelas 1 sd, dan memang iya pelajaran anak sd sekarang lbh sulit dari jaman kita

    ReplyDelete
  10. Kenapa swasta berani menerima anak SD dengan usia kurang dari 6 tahun? Karena biasanya sekolah swasta itu jumlah murid per kelasnya gak sebanyak sekolah negeri. Trus untuk anak-anak SD kelas bawah, jumlah wali kelas per kelas ada 2 orang. Jadi anak pun bisa mendapatkan perhatian lebih dari guru. Bahkan, guru masih bisa membimbing anak muridnya untuk belajar ke toilet, dll.

    Setidaknya itu yang saya lihat dari beberapa sekolah swasta di sekitar rumah saya. Termasuk di sekolah anak-anak saya. Untuk anak kelas bawah pun masih ada tempat bermain seperti TK. Dan walopun pelajaran sekarang memang lebih sulit, tapi karena perhatian guru bisa lebih fokus ditambah dengan pengajaran yang child friendly, rasanya bisa jadi terasa ringan.

    Sedangkan kalau negeri memang gak bisa dibikin seperti itu. Dari jumlah murid per kelasnya aja bisa 2x lipat dari swasta. Belum lagi jumlah gurunya yang lebih terbatas. Makanya untuk SD negeri, wajib minimal usia 7 tahun masuk SDnya. Karena diperkirakan usia 7 tahun anak sudah bisa mandiri.

    Tapi pilihan kembali ke orang tua dengan mempertimbangkan anak dna lain-lainnya juga :)

    ReplyDelete
  11. bagus Mbak Tian, saya juga maunya nanti kalau memasukkan sekolah melihat kenalaran anak saya bukan semata dari akademik saja. semoga benar pilihan kami nantinya.

    ReplyDelete
  12. Akhirnya setelah baca postingan ini, saya jg lebih mantap memasukkan anak saya SD nanti pada saat usia 7 tahun. terimakasih share nya ya mba...^_^

    ReplyDelete
  13. trmksh atas sharingnya bunda...sayapun lebih mantab masuk sd 7th anak saya

    ReplyDelete
  14. Ada teman yang bilang bahwa anakku telat masuk TK di usia 5 tahun (lahir bulan Mei), tapi setelah baca postingan dan comments disini jd lebih tenang. UU anak usia 7 - 12 tahun adalah usia Sekolah Dasar menurut saya memang tepat sekali berdasarkan pengalaman pribadi sendiri

    ReplyDelete
  15. usia masuk TK 4 thun dan usia masuk SD 7 tahun pertanyaannya kalau anak saya masuk TK usia 4 tahun tamat TK 5 tahun trus 6 thun nantinya anak saya gimana??? sedangkan untuk masuk SD 7 tahun dulu.apa dia lanjud TK trus sampe umur 6 tahun dan apakan dia tidak bosan berhubung dia masuk TK dari usia 4-6 tahun.tolong penjelasannya thanks.

    ReplyDelete
  16. kalau usia masuk TK 4 tahun tamat Tk 5 tahun trus 6 tahun nanti dia ngapain sedankan untk masuk SD harus 7 tahun tolong penjelasannya.terimah kasih

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)