Sunday, 23 March 2014

Agar anak cepat belajar membaca

Dear neng Marwah ,,, 


Ibu mau cerita tentang pengalaman ibu mengajarkan membaca pada neng , memang sih tahun ini neng ga ibu masukin  SD , karena ada hal yang ibu pertimbangkan dan ibu tulis disini . Namun meskipun ga masuk SD tahun sekarang , belajar membaca dan menulisnya tetap dilatih dong sama ibu . Supaya nanti masuk SD tambah pinter ya nak. 

Karena anak - anak , termasuk neng memiliki kemampuan menghapal yang sangat cepat , contohnya ketika nonton tv , neng tahu banget iklan yang sedang tayang. Dan cepat sekali menyerap kata - kata yang diucapkan oleh orang lain. 

Pada dasarnya mengajar membaca pada neng itu mudah sih dan sangat sederhana , begitupun cara mengajarkan pada anak lainnya. Namun , karena ibu menganggap mudah dan sederhana itulah ibu seringkali mengabaikan kemudahannya, menunda - nunda serta menganggap remeh. Sehingga banyak waktu sia - sia yang terlewatkan dan sampai akhirnya terasa kurang efektif dalam mengajarkan neng membaca. Huh kesalahan ibu sih itu. Maafkan ya sayang. 

Ibu terapkan deh metode yang pernah ibu baca dari beberapa buku dan sharing juga dengan teman - teman ibu yang sudah memiliki banyak pengalaman , adalah dengan cara berikut ini,

1. Menciptakan suasana yang gembira saat bersama neng . Tujuannya agar neng senang dan merasa nyaman menerima pelajarang membaca dari ibu. Metode ini adalah cara konstruktif dan tidak membuat neng merasa bosan untuk belajar . 

2. Sebelum belajar , biasanya ibu membuat neng senang dulu alias membuat neng goodmood. Kan kalau neng mood nya bagus belajarpun jadi asyik. 

3. Ibu usahakan untuk tidak memaksa neng untuk belajar . Memberikan stimulus atau rangsangan saja agar neng mau cepat bisa membaca, biasanya ibu pancing dengan membeli buku dongeng dan ibu tidak mau membacakannya untuk neng, otomatis neng jadi ingin segera belajar membaca. 

4. Biasanya ibu mengajarkan dengan kata - kata terlebih dahulu sebelum mengajarkan alfabet , karena menurut ibu kata - kata lebih cepat diserap oleh anak seusia neng. 

5. Selalu menghindari suasana tegang , keep relax saja . 



Yuk kita lanjutkan belajarnya , ni ibu tulis ketika neng bilang " sebentar bu , aku mau nonton sponge bob dulu " hihihi .... 


Sudah dulu yah share artikel belajar membaca nya , next ibu lanjut lagi yaah... 



Keep smile sayangku ,,


Ibu 


6 comments:

  1. Memang harus Suasana menyenangkan ya mba biar cepat mere sap ilmunya. Alhamdulillah anak sy juga kelas 1 SD udah lancar bacanya. Tapi sekarang Kalo diminta baca buku untuk tugas sekolah agar susah..mungkin karena terpaksa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba benar sekali , suasana menyenangkan bisa membuat anak semangat :) ... salam kenal mak , terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  2. Yup, betul mak..mengajarkan kata-kata dulu daripada alfabet. Saya setuju:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah karena anak lebih mudah mengerti kata kata dibandung alfabet . terimakasih telah berkunjung

      Delete
  3. Replies
    1. kembali kasih dan terimakasih sudah berkunjung

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)