Wednesday, 30 April 2014

Agar Anak Patuh Pada Orang Tua

Menjadi orang tua itu gampang tapi susah, susah tapi gampang, ah bingung kan? Sama ibu juga lagi bingung nih, akhir - akhir ini koq neng Marwah jarang nurut sama ibu dan ayah yah, kenapa sih nak? ibu kadang suka sedih liat neng yang ga mau nurut, gak manis lagi, sedih banget. Namun ibu semakin sedih ketika ibu menyadari bahwa ibu memang tidak bisa sepenuhnya menemani neng, memantau perilaku dan tumbung kembang neng setiap detik, setiap jam. Ibu hanya bisa melihat neng full pas hari libur saja, dan jujur ibu sedih. Apakah ini sebagai bentuk protes neng atas kesibukan ibu? apakah sebenarnya neng inginkan ibu selalu disamping neng, mengantarkan neng sekolah, les dan menemani neng bermain setiap hari?? Maafkan ibu sayang, ibu gak bisa melakukan itu sekarang, ibu harus bekerja, membantu ayah untuk mengisi pundi - pundi keuangan keluarga kita. 


kalau abis ibu marah, neng suka murung gini 

Mungkin alasan itu yang membuat neng menjadi jarang nurut, oke ibu maklumi. Ibu hanya ingin yang terbaik untuk neng, jadi ibu selalu memikirkan hal terbaik untuk neng, semua yang terbaik. Bukan full kesalahan neng jika neng memang akhir - akhir ini suka ga mau nurut, ibu juga harus introspeksi diri sendiri. Ibu mau neng jadi anak baik dan solehah juga cerdas, neng juga mau kan??? 

1. Ibu selalu mendoakan

Alhamdulillah, setiap habis solat atau kapanpun ibu ingat, ibu selalu mendoakan neng, agar neng menjadi anak solehah, cerdas, banyak rejeki dan patuh pada orang tua. 

2. menjadi suri tauladan 

ini juga, pas ibu kasi tau bahwa neng gak boleh lari - lari tapi neng gak mau dengar dan akhirnya ibu marah, neng murung deh 
memang peran orang tua yang memberikan suri tauladan atau contoh kepada anak, ibu selalu berusaha menjadi contoh yang baik untuk neng sebelum ibu menyuruh neng melakukan sesuatu hal. Karena dengan begitu neng akan meniru apa yang ibu lakukan kan? Nah kadang ibu suka khilaf kalau ibu tuh adalah contoh nyata untuk neng, doakan selalu ibu agar selalu bisa memberikan contoh baik untuk neng yah. 

3. Bersikap lemah lembut

Neng itu tipe anak yang tidak akan merespon ketika ibu bicara sesuatu dengan bentakan. Dan ibu rasa anak lain pun sama, mereka tidak suka dibentak atau dimarahi ketika diberi nasihat atau saran. 



4. Jelaskan maksud dan tujuan

Nah ini yang membuat anak menjadi penurut dan patuh, namun terkadang orang tua lupa untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari apa yang diperintahkan. Jelaskan secara detail agar anak paham dan mengerti mengapa ia harus menuruti perintah kita sebagai orang tuanya. 

5. Menegur dengan halus

Saat anak melakukan salah, menentang perintah kita, tegurlah dengan halus dan lembut. Kemudian dengarkan alasan anak mengapa dia melakukan hal itu. 

setelah ibu marah, miinta maaf, jalan jalan yuk 

6. Jangan malu untuk meminta maaf

Jika ibu terlanjur memarahi atau membentak neng, biasanya ibu langsung meminta maaf pada neng, dan meminta neng untuk tidak melakukan hal itu lagi. Dan ibu pun berjanji untuk tidak mengulang kesalahan ibu lagi. 


Semoga dengan saling koreksi diri, antara anak dan ibu dapat mewujudkan anak yang solehah, cerdas, dan tumbuh menjadi anak hebat. Aamiin...

















7 comments:

  1. anak saya juga sekarang ini sedang dlm tahap membangkang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak sama, sedih banget, semoga sukses melalui tahap ini ya mak, terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  2. jadi ibu itu nano-nano yah mak, masukan buat aku nih buat nanti kalau punya anak :D mksih udah berbagi mak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. persiapkan sejak sekarang untuk menjadi ibu, karena mnejadi ibu bukanlah hal yang mudah dan bukan pula hal sulit :) hehe, terimakasih kembali sudah berkunjung

      Delete
  3. mak aku punya baby namanya alif baru umur 1 thun 10 bulan... suka bingung karena lgi bandel2 nya... pas dikasih tahu blom terlalu mengerti jadi musti sabarrrr bgt dahhh.....


    oiya mampir2 ke blog baru ku jg yaa mak mak salam ... febbyprapitasari.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. harus ekstra sabar mak menghadapi anak kecil :)

    ReplyDelete
  5. menjadi suri tauladan itu yang sangat penting mbak...plus yg masih kdang agak susah itu kalo bandel and lagi marah wah mau ingetin pake lmah lembut tuhh hehe... sy blm pnya anak mbak tapi anak" TPA itu bikin hayehhh hehe

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)