Saturday, 7 June 2014

anak susah makan? ini tips nya

Lagi gak doyan makan juga kalau diajak ke Richeese sih oke aja 

Dulu, ketika Marwah berusia dibawah 3 tahun, dia termasuk anak yang susah makan, dan termasuk anak yang suka pilih - pilih makanan. Namun usianya yang ke 3 sebenarnya yang membawa perubahan, nafsu makannya meningkat seketika dan berat badannya pun melonjak. Alhamdulillah ibu senang sekali deh dan ibu sangat bahagia. Dibalik kebahagiaan ibu, ibu sering diserang beberapa pertanyaan oleh ibu lain. Mereka suka nanya koq Marwah sekarang gede ya, pake vitamin atau apa sih tips nya. oke deh ibu share ya disini tips agar anak mau makan dan anak suka makan. *sama aja ya?*
Snack ini hanya sesekali saja dimakan neng Marwah 

Anak susah makan itu adalah sebuah masalah besar untuk seorang ibu, ibu seringkali bingung dan berselancar mencari info tentang cara mengatasi agar anak mau makan lahap. Dan itu pernah ibu rasakan lho. Dari vitamin mahal sampai vitamin murah pernah ibu coba, dari trik A sampe trik B udah ibu lakukan. Dan semuanya nihil, sampai pernah ibu stress karena ada yang bilang neng kurang gizi, padahal kan asupan makan yang neng makan itu full gizi, susu yang neng minum pun sudah diatas standar gizi, gegara orang itu yang bilang neng kurang gizi makanya ibu bertekad sekuat tenaga harus bisa membuat neng naik berat badannya, dan jangan sampai ada yang bilang neng kurang gizi lagi. 
Susu yang menjadi kesukaan neng Marwah, tapi bentar lagi ganti jadi sustagen school ya nak


Baiklah sekarang ibu mau cerita tentang usaha ibu mensiasati agar neng mau makan, dan silakan baca dan praktekkan yaa...

1. Kenali sebabnya 

Sebelum cari solusinya, ibu cari tahu dulu sebab nya neng susah makan. Apakah neng sedang sakit, ataukah sedang gak enak makan ataukah emang makanannya kurang menggugah selera.

2. Jangan memaksa 

Untuk urusan makan, ibu memang termasuk disiplin, karena makanan itu masuk kedalam perut dan waktu neng kecil, pencernaan neng itu kurang baik, namun meskipun begitu ibu tidak memaksakan menu makan, ibu bebaskan menu makan sesuai selera neng. Asalkan tetap bersih dan sehat, ya silahkan saja. 
beli roti sendiri, roti adalah makanan kesukaan neng, tapi ga pake banget yaaaa :D

Nah ini adalah ikan lele krispy saus tomat, enyak lho dan ini ibu masak khusus buat neng Marwah 

3. Kenalkan makanan baru 

Karena mungkin saja neng bosan dengan masakan ibu atau makanan yang ibu kasi, jadi ibu coba kasi makanan baru supaya neng tidak bosan. Sedikit demi sedikit ibu berikan makanan dengan menu baru. 

4. Suasana nyaman

Selain menu makan, suasana makan juga menunjang sekali untuk anak. Dengan suasana nyaman maka anak akan senang dan akan lahap. biasanya ibu mengajak neng bermain ditaman atau naik odong - odong. 

Mudah bukan? nah ibu hanya mengandalkan tips sederhana ini, dan sampai saat ini neng malah lahap sekali makannya dan kalau sedang bosan memang suka agak susah sih. 

Susu dianggap sebagai makanan pokok oleh Marwah

Berikan makanan halal dan bergizi serta bermanfaat untuk anak 


2 comments:

  1. kalau orangtua lansia yang ga doyan makan gmn solusinya mak? hehe

    ReplyDelete
  2. ok mak tian.. aku catet pointnya.. "jangan memaksa" berarti emanf kudu sabar dan liat tanda-tanda dr anaknya ya.. okesip.. makasih mak tian :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)