Friday, 28 November 2014

Tips jitu hadapi anak bawel

Akhir - akhir ini Marwah lagi banyak bicara alias cerewet banget. Tapi memang dari dulu sih dia tipe anak yang bawel, apa yang dilihat dan dirasakan selalu saja ditanyakan. Tanpa ia kenal tempat, dimanapun kalau ada yang bersifat janggal menurut pemikirannya maka dengan segera ditanyakan. Mending kalau bertanyanya dikasi jeda, ini mah nyerocos mulu kayak petasan, hihi. 

Tapi hal ini menunjukkan bahwa kondisi Marwah sehat, alhamdulillah. Tetapi sih jika banyak bertanya dan bicara bisa - bisa saya yang kesulitan. Jujur, saya senang punya anak yang banyak bertanya alias bawel, menandakan bahwa dia anak aktif dan kritis. Nah untuk mengatasi kepusingan karena si anak bawel ini, saya akan berikan beberapa tips yang sudah saya lakukan dalam menangani Marwah yang aktif berbicara dan bertanya itu :D. 

  • Bersabar, ini adalah hal yang memang seharusnya dimiliki semua orang tua, terutama ibu. Sabar adalah kuncinya. Tips pertama menghadapi anak yang bawel ini adalah dengan bersabar dan tetap tenang. Teruslah jelaskan banyak hal pada anak anda sampai mereka paham. 
  • Bicara dan dengarkan, meskipun memang kadang pusing menghadapi anak yang bawel, namun jangan cegah anak untuk berbicara atau bertanya. Konsep mendengarkan juga harus diajarkan pada anak. Ketika anak berbicara maka kita wajib mendengarkan dan sebaliknya. 
  • Alihkan energi, anak memang memiliki energi yang sangat banyak dalam jumlah yang besar. Salah satu tips untuk mengasuh anak yang aktif berbicara adalah dengan mengalihkan energi mereka ke dalam permainan lainnya.
  • waktu kapan harus diam, ajarkan pada anak bahwa ada kalanya waktu untuk diam. Bisa coba bawa anak ke tempat yang sepi dan sunyi dimana orang - orang sekitar juga tidak banyak bicara, seperti bawa ke mesjid atau ke perpustakaan. 
  • Membaca cerita pohon enau
  • Membaca, daripada anak bawel ga karuan, so biarkan dia membaca buku cerita. Dengan begitu kebawelan anak mengarah positif, dan mereka akan terbiasa membaca. 


si anak bawel 

Marwah senang membaca dan bermain juga

Tips sederhana itu lumayan cukup jitu menghilangkan kepusingan menghadapi anak bawel. Tentu saja rasa pusing dalam hal ini adalah yang menyenangkan bukan? pusing karena kadang tidak bisa menjawab pertanyaan sang anak. Heheh

8 comments:

  1. Kalo cape jawab, saya paling diem, ngangguk-ngangguk, geleng-geleng,..kayak gitu mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi saya juga kadang gitu kalau udah capek atau gak ada jawaban :D

      Delete
  2. Marwah udah gede banget. Dah lama gak main ke blog ini.. sehat selalu ya nak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah iya udah gede :D hihi dan semakin membengkak badannya juga :D, aamiin

      Delete
  3. syafieq baru 2 thn 4 bln,bawelnya itu loh!masya allah.... ^-^ berlanjut sampe besar kali ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mak, anak bawel itu cenderung cerdas namun kita harus mengarahkannya jangan sampai bawelnya bikin stress :D hihi, sehat dan cerdas selalu yaa Syafieq

      Delete
  4. anak bawel itu biasanya cerdas & ngegemesin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener dan kadang suka bikin kesel juga hehe apalagi kalau kitanya ga bisa jawab

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)