Monday, 8 December 2014

Orang tua juga perlu belajar

Bagaimana sih peranan orang tua dalam mendidik anak - anaknya?

Anak adalah anugerah, anak adalah nikmat dan anak adalah rejeki bagi orang tuanya, bukankah begitu?

Namun kenikmatan itu yang biasanya dikategorikan dalam hal yang positif, namun pada kenyataannya bisa mengarah ke positif bahkan bisa negatid tergantung bagaimana kita menyikapi kenikmatan itu, termasuk juga nikmat diberikannya anak. Beryukur adalah tindakan positif menyiapi kenikmatan, dan sikap negatif menyikapi nikmat biasa disebut kufur. 


Jika kita sebagai orang tua mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah Swt berupa anak, maka mari jaga, dan rawat anak hingga menjadi anak solehah, anak yang bermanfaat bagi agamanya, orangtuanya dan negaranya. Menjadi anak yang baik dan berbudi pekerti luhur. 

Salah satu peran orang tua adalah mendidik anak, menjadikannya anak sebagai anak cerdas secara seimbang, artinya cerdas agamanya dan cerdas pendidikannya. Untuk mewujudkan hal ini, orang tua perlu sekali ikut belajar dan mengikuti kemajuan jaman. Karena mendampingi anak hingga sukses itu tidak hanya cukup dengan doa, kesabaran, sikap lembut dan kasih sayang saja lho. Orang tua juga harus memiliki ilmu dan wawasan yang cukup luas. Jadi, yuk kita belajar. Belajar bukan berarti harus kembali ke bangku sekolah. Untuk jaman sekarang bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai seminar parenting, pelatihan dan bahkan yang paling mudah dilakukan adalah dengan membaca buku. Semakin luas ilmu dan wawasan orang tua, maka menjadikan anak cerdas dan hebat insya Allah akan berhasil, aamiin. 

Dan dengan banyak berselancar di dunia maya juga bisa menambah ilmu dan wawasan. Jadi selain menambah ilmu dan wawasan juga bisa melihat dunia maya sekarang seperti apa, mengawasi anak agar bermain internet sehat. 

Mari belajar dan terus menambah ilmu serta wawasan seluas mungkin :)....


2 comments:

  1. Kata orang menjadi orang tua berarti setuju untuk menjad murid dari sekolah kehidupan seumur hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak Ade, siap gak siap hrs siap yah

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)