Tuesday, 6 January 2015

Pentingnya membaca untuk anak part 1

Buku adalah jendela dunia 
Membaca adalah kuncinya...

Itulah mengapa membaca adalah sesuatu yang ibu anggap penting demi kelangsungan hidup kita *uhuk, bahasanya gak kuku ye*. 

Membaca itu penting karena membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi dari otak manusia dan dapat dikatakan pula bahwa semua proses belajar berdasarkan pada kemampuan seseorang membaca. 

Marwah suka membaca, asalkan bukunya pilihan dia sendiri :D 
Dan ternyata, ada 8 aspek yang bekerja ketika membaca, diantaranya adalah : 


  1. Aspek Sensori
  2. Aspek Persepsi
  3. Aspek Sekuensial (tata urutan kerja)
  4. Aspek pengalaman
  5. Aspek berpikir
  6. Aspek belajar
  7. Aspek asosiasi
  8. Aspek Afeksi
Delapan aspek ini bisa bekerja secara bersamaan waktu kita membaca. Wiiih, berarti otak kita gede dong yah? Otak kita itu punya sekitar 100 milyar sel otak. Wiih namun kemampuan otak yang teramat besar ini akan tiada gunanya bila tidak diransang dan dikembangkan. Mengembangkan otak dengan sering menggunakannya. Karena sel - sel otak akan saling berhubungan satu sama lainnya jika otak digunakan untuk berpikir. 

Ketika anak membaca, itu artinya anak sedang menggunakan otaknya untuk berpikir yang nantinya akan membuat sel di otak saling berhubungan. Jadi, semakin sering anak membaca buku maka akan semakin banyak juga sel otak yang berhubungan. Sel otak yang saling berhubungan inilah yang akan membuat anak cerdas. 


Ketika anak membaca berarti anak sedang menggunakan otaknya untuk berpikir yang membuat sel-sel di otak saling terkoneksi. Semakin sering anak membaca buku maka semakin banyak sel otak yang terkoneksi. Sel-sel otak yang terkoneksi inilah yang membuat anak menjadi cerdas.

Next, ibu akan posting deh tentang manfaat yang diperoleh anak ketika membaca. Tunggu aja postingan berikutnya yaah :) 




Bandung yang sedang agak mendung, 06 Januari 2015 


Ibunya Marwah 






2 comments:

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)