Wednesday, 7 January 2015

Pentingnya Membaca Untuk Anak Part 2


Pentingnya Membaca Untuk Anak Part 2
Setelah sebelumnya ibu posting disini tentang pentingnya membaca untuk anak, sekarang ibu mau melanjutkan ya. Seperti janji ibu sebelumnya. Sebelum terlalu jauh melangkah ke posting berikutnya, sekedar mengingatkan kembali nih yah, bagaimana sih cara mengajarkan anak membaca? Nah silakan dibaca kembali di postingan yang ini. Namun harus diperhatikan juga usia berapa yang tepat agar anak siap diajarkan membaca, baca juga disini

Sudah dibaca kan? Nah mari sekarang lanjutkan pada point penting kenapa sih membaca itu perlu?. Kenapa sih minat membaca itu harus ditumbuhkan sejak dini?. 



Ketika seorang anak dilahirkan ke dunia fana ini, otaknya sudah 25% tumbuh, dan otak akan mencapai 50% ketika sang anak berusia sekitar 18 bulan. Disaat anak beranjak usia 6 tahun maka pertumbuhan otaknya mencapai 90% dan akan mencapai ukuran yang maksimal 100% pada saat ia berusia 18 tahun. TEntunya pertumbuhan otak ini seiring juga dengan perkembangan intelektual sang anak. sebanyak 50% kemampuan intelektual anak berkembang saat lahir hingga berusia 4 tahun, bisa menurun dalam rentang usia 4 - 8 tahun sebanyak 30% dan ketika anak berusia 8 - 18 tahun penurunan akan terjadi lebih drastis dan semakin menurun 20%. Jadi mulai dari sekarang harus mengoptimalisasikan kerja otak anak, agar terus meningkat dan tidak mengalami penurunan. Nah, makanya harus dibiasakan dengan banyak membaca dan membaca agar otak terus bekerja. 

MAnfaat dari membaca begitu banyak, diantaranya adalah : 

  1. Melatih konsentrasi anak. Kinerja otak akan meningkat secara optimal dengan membaca. Pada ritual membaca ini, anak akan mengembangkan selective attention atau perhatian selektif, dengan ini otak hanya memproses informasi yang dengan sengaja dicerna. Inilah unsur terpenting, konsentrasi. Seseorang bisa menyerap informasi dengan baik dari apa yang dibaca hanya jika keadaan otak dalam keadaan yang efektif dalam mengelola informasi atau biasanya disebut dengan konsentrasi. Bila anak menikmati dengan semangat, itu tandanya kemampuan konsentrasi anak sedang berkembang dengan baik. 
  2. Mengasah bahasa anak. Kecakapan berbahasa sangat dekat sekali kaitannya dengan keterampilan berpikir logis dan sekuensial. Apa yang diserap anak ketika membaca, tentu sangat berpotensi besar apakah anak bisa berpikir logis atau tidak. Jadi, perhatikan lagi buku apa yang dibaca anak. 
  3. Pengetahuan jadi luas. Bukankah membaca adalah jendela dunia, gerbang utama pengetahuan. otomatis dengan membaca pengetahuan anak akan bertambah dan lebih kaya. Maka teruslah tingkatkan minat baca anak agar anak merasa nyaman dan asik membaca, dengan begitu dorongan rasa ingin tahu anak semakin kuat dan rasa ingin tahunya akan terus terpacu.
Foundasi awal untuk terus meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan membaca. Mari budayakan cinta baca sejak dini, agar anak bisa menjadi manusia yang kaya ilmu pengetahuannya dan menjadi orang hebat dan cerdas. 





Bandung, 07 Januari 2015


Ibunya Marwah



    

5 comments:

  1. Iya, mak.. Saya berusaha supaya noofa juga suka membaca, terlihat dari dia suka baca buku walopun baru melihat2 gambarnua aja, kan baru 2 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang harus dibiasakan semenjak kecil mbak Noorma :), semoga sikecil selalu sehat dan menjadi anak hebat ya :)

      Delete
  2. Dari pada menonton,, bagusnya memang dibangun kebiasaan membaca ya Mbak. :D

    ReplyDelete
  3. Setuju deh mak, mengajarkan kebiasaan membaca akan lebih bagus ketimbang main games berlebihan ato melihat sinetron hehehe :)

    ReplyDelete
  4. Lagi ngajarin baca si sulung, terbantu banget sama les dari TK nya. Trus, saya juga rajin beliin majalah buat bahan bacaan dia. Mudah-mudahan semangat bacanya bisa terus :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)