Thursday, 8 January 2015

Stimulasi Motorik pada anak


Stimulasi motorik pada anak, dibagi menjadi dua. Yakni motorik kasar dan motorik halus. 

Di usia Marwah yang 6 tahun sekarang ini emang masih perlu distimulasi motoriknya? kan udah gede. Menurut saya sih masih boleh dan bisa dibilang masih perlu distimulasi motoriknya. Jika motorik anak selalu distimulasi tentunya akan memiliki dampak baik juga pada perkembangan dan pertumbuhan anak. 

Apa saja sih yang bisa dilakukan untuk menstimulasi anak dalam rentang usia  6  - 7 tahun? 

Stimulasi motorik kasar : 
  • Kegiatan yang baik untuk melatih keterampilan anak menggunakan otot kakinya. Dan juga agar anak balajar adanya aturan dalam permainan, sportivitas,kompetisi juga kerja sama dalam sebuah tim bermain. Ibu bisa mengajak anak untuk bermain kasti, bola basket atau bahkan main sepak bola. Marwah juga anak perempuan tapi senang kok main sepak bola. Eh bola sepak atau sepak bola sih?? *hihi. 
  • Ajak anak untuk berenang. Pelajaran yang bisa diambil adalah anak bisa mempelajari dan berlatih mengenai perbedaan berat jenis atau belajar tentang keseimbangan tubuh. 
Stimulasi motorik halus : 
  • Membuat kerajinan tangan, baik dari kertas, tanah liat atau apapun juga. Bisa juga belajar membuat boneka. 
  • Bermain alat musik. Karena dirumah ibu tidak punya alat musik yang betulan, jadi Marwah biasanya bermain drum - drum an alias panci ibu. Hihi
  • menggambar dan melukis. Ini yang paling disukai Marwah. Sampai - sampai seprei, dinding dan apapun lahan yang kosong jadi media menggambar dan melukisnya. 

Masih ada lagi stimulasi lainnya, seperti stimulasi kognitif anak, stimulasi spiritual dan stimulasi afeksi. Insyaa Allah akan ibu posting nanti yah. 

Sesibuk apapun anda tolong luangkan waktu bersama anak, untuk bermain dan belajar bersama. 



Bandung, 08 Januari 2015


Ibu nya Marwah 

5 comments:

  1. menjadi seorang ibu memang harus rajin mengasah kemampuan motorik anak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, harus pandai dan rajin serta teliti

      Delete
  2. Mengasah kemampuan motorik anak itu penting banget ya. Anak-anakku sukanya berenang dan menggambar. Klo yang cowok sukanya futsal.

    ReplyDelete
  3. pentingnya mengetahui pertumbuhan kembang anak itu jangan sampai kelewat :d

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)