Monday, 19 January 2015

Stimulasi Spiritual


Sebelumnya, ibu sudah posting tentang stimulasi dan jenisnya. Stimulasi kognitif anak juga telah ibu posting sebelumnya, nah sekarang ibu ingin bercerita tentang stimulasi spiritual. 

Spiritual sangat erat sekali kaitannya dengan adanya sang maha Kaya, sang Maha pencipta, illahi Robbi, ALLAH SWT. Diawali dari sinilah anak harus belajar tentang kewajibannya sebagai hamba Allah Swt sesuai ajaran dan kepercayaannya masing - masing ya. Kecerdasan spiritual ini sangat berkaitan dengan pemahaman bahwa anak adalah bagian dari ciptaan Allah Swt, bagian dari seluruh yang ada di alam semesta ini. Jika anak sudah memahami peran apa sih yang ia harus lakukan untuk hidup di alam ciptaan Allah Swt ini, maka anak akan bisa menikmati dan mensyukurinya dengan senang hati, dan harus tetap diingat adalah cara penyampaiannya harus disesuaikan dengan usia anak ya, :). 



Baiklah, sekarang apa saja sih yang harus dilakukan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasan sprititual anak?

  • Biasanya saya melakukan diskusi bersama Marwah, dan pertanyaannya suka datang dari Marwah, seperti " Bu yang buat motor siapa?", "Bu, langit dibuat oleh siapa?", "Bu kalau pohon itu siapa yang ciptakan?". Dan banyak sekali pertanyaan yang Marwah utarakan kepada saya, saya jawab dengan mengarahkan pada diskusi yang menarik, sehingga ketika berdiskusi dan menjawab pertanyaannya tidak membosankan. 
  • Biasanya saya menceritakan tentang sirah nabi, kisah para sahabat nabi dan semua kisah keagamaan tentang islam pada Marwah. 
  • Memutar video tentang kegiatan kegamaan, tentang fenomena alam, tentang semua ciptaan Allah Swt.
  • Memberikan pendidikan agama sejak dini agar kelak terbiasa dengan kewajibannya.
Masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan untuk merangsang kecerdasan spiritual anak. 


Ceritakan dan menerangkannya dengan bahasa yang mudah dimengerti, hentikan diskusi jika anak sudah bosan. Karena jika terus dipaksakan anak akan merasa males untuk mendengarkan cerita selanjutnya. 

Selamat mencoba bu, ... semoga bermanfaat :) 




From my deepest,
Bandung, 19 Januari 2015


Ibunya Marwah 









1 comment:

  1. terimakasih infonya maak x-)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)