Monday, 16 February 2015

stimulasi afeksi

Pada postingan sebelumnya dan sebelumnya, ibu sudah menceritakan tentang stimulasi beserta jenis - jenisnya disetiap postingan. Dan sekarang ada satu lagi jenis stimulasi yang wajib dikembangkan juga demi kecerdasan interpersonal ataupun kecerdasan intrapersonal anak balita maupun anak usia antara 6  - 12 tahun. 



Reward yang saya berikan ketika Marwah bisa melakukan hal baik kala itu saya mengajaknya ke taman bermain


Manfaat dari stimulasi afeksi adalah untuk mengembangkan rasa percaya diri, memupuk kemandirian, mengetahui serta menjalankan aturan, memahami orang lain juga mau berbagi.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan stimulasi afeksi, adalah dengan cara sebagai berikut : 


  1. Biasanya saya membiarkan Marwah untuk melakukan apa yang bisa ia lakukan sendiri, tentunya dengan pengawasan dari orang tua.
  2. Membuat kesepakatan dengan anak tentang apa yang boleh ia lakukan dan tidak boleh ia lakukan. Karena Marwah anaknya kritis, apa yang saya larang itu suka ia tanyakan alasannya. Jadi ketika membuat kesepakatan saya jelaskan juga segala konsekuensinya dengan bahasa yang bisa dipahami anak - anak. 
  3. Memberikan penghargaan setiap kali anak melakukan hal baik. Ini saya tetapkan juga ketika MArwah bisa mentaati aturan yang telah dibuat sebelumnya. Misalnya harus belajar tepat waktu, membereskan mainan dan lainnya. 
  4. Ada penghargaan, ada juga punishment. Jika MArwah melakukan kesalahan, saya akan memberikan hukuman yang memang telah disepakati bersama. NOTED ya hukumannnya yang bersifat membangun karakter anak, jangan hukuman yang membuat anak trauma. 
  5. Memberikan perhatian lebih untuk emosi anak. Misalnya ketika MArwah sedang sedih saya selalu tanyakan sebabnya, begitupun ketika ia sedang gembira atau marah. 
  6. Ajarkan anak untuk bisa mengungkapkan perasaannya. Marwah saya ajarkan untuk bisa mengungkapkan apa yang ia rasakan. Jika sedang sedih ia boleh menangis dan senang ia boleh bergembira. 




Selamat mengasah stimulasi anak ^_^ 




Bandung, 16 Februari 2015




1 comment:

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)