Tuesday, 21 April 2015

Pertumbuhan Gigi Anak

Pertumbuhan dan perkembangan anak itu bukan hanya tentang asupan gizinya, kecerdasannya atau karakternya saja. Pertumbuhan gigi anak juga tentunya tidak bisa dong dipisahkan dari proses ini,ya kan? 

Pertumbuhan gigi anak berproses dari pertumbuhan gigi awal hingga mencapai kondisi gigi yang sempurna jika anak dewasa nanti ini ada prosesnya, ada urutan pertumbuhannya lho. 

2 gigi yang mendesak tumbuh sehingga mengganggu gigi yang sebenarnya belum ingin tanggal, hihih 
Gigi bayi, gigi bayi ini adalah gigi yang pertama kali muncul dalam proses pertumbuhan anak. Gigi bayi ini biasanya tumbuh pada usia 5 sampai 6 bulan yang merupakan gigi seri serta jumlahnya antara kisaran 2 - 4 buah di bagian atas dan bawah. Fungsi dari gigi bayi ini untuk memotong, mengunyah makanan padat pertama bayi.


Gigi susu, dari usia anak bayi menjadi balita, maka akan ada beberapa gigi yang tumbuh guna melengkapi jumlah gigi. Gigi seri, gigi taring dan gigi geraham akan tumbuh seiring perkembangan usia anak. Begitu memasuki usia 7 - 12 tahun gigi susu ini akan tanggal dan digantikan dengan gigi asli yang biasanya ukurannya akan lebih besar serta memiliki sifat yang lebih kuat dan keras sesuai dengan jenis makanan yang dikonsumsi anak serta asupannya. 

Gigi tetap, begitu anak menginjak usia 12 tahun, hampir semua gigi susunya tanggal dan telah digantikan dengan gigi tetap atau gigi aslinya. Gigi geraham bungsu akan tumbuh ketika anak berusia 15 - 19 tahun. Tapi gigi geraham bungsunya tidak menggantikan gigi susu, tapi adalah gigi tambahan. 


Tuh liat deh 2 giginya keluar gitu udah kayak kelinci :D, hihih. 
video
itulah artikel sederhana yang saya sampaikan, hihih. Ide ini ada ketika anak saya, Marwah gigi susunya udah tanggal 5 buah. Haha ga telatlah daripada sama sekali ga posting. 


video
Jadi gigi Marwah pertama tanggal itu bulan Mei 2014 tanggal 10 nih saya tulis juga disini. lalu selang beberapa bulan gigi susu keduanya juga tanggal. Dan kemarin 20 April 2015, gigi susunya dicabut dengan sengaja sebanyak 2 buah, karena sudah ada 2 gigi menanti dibelakangnya. Akibat dorongan gigi barunya maka gigi susu depan itu terlihat nongol alias tonggos, hihih dan harus dicabut karena takutnya mengganggu pertumbuhan gigi barunya. 

Jadi sampai usia Marwah yang Juni nanti 7 tahun, gigi susunya sudah tanggal 5 buah. 






4 comments:

  1. usia 7 th sudah lumayan banyak yg tanggal ya.... :)

    ReplyDelete
  2. 7 tahun anakku juga sudah tanggal 5, sekarang 9 tahun sudah tanggal 8... giginya dikumpulin di kotak harta karun... buat kenang2an katanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl giginya Marwah sih gaktau pada kemana :D

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)