Wednesday, 6 May 2015

Anak Suka gadget? Orang tua harus lakukan ini

Anak - anak masa kini adalah generasi digital native. Adalah anak - anak yang sudah mengenal media elektronik dan digital sejak dini, liat aja banyak banget anak balita yang dimanjakan dengan gadget mahal.Saking sudah dekatnya anak dan gadget serta internet bahkan sudah tidak dapat dipisahkan lagi. Alasan mereka yang memberikan anak gadget adalah untuk pembelajaran agar anaknya cerdas, secara internet adalah sarana yang bisa digunakan untuk mencari apapun. Tidak hanya itu, internet pun memiliki andil besar dalam kehidupan sehari - hari antara orang tua dan anak. Misalnya chatting. 


Mengingat banyak sekali dampak positif dari internet dan juga bejibun banget dampak negatifnya, sebagai orang tua tentu harus kita yang menyelamatkan anak dari dampak negatif gadget dan internet dong, karena kalau bukan kita sebagai orang tuanya ya siapa lagi. Iya gak? 

Pemakaian gadget dan internet berbahaya jika anak tidak didampingi secara khusus, apalagi jika usia anak sebenarnya masih belum cukup untuk mengoperasikan internet dan gadget. Bahayanya seperti materi / video yang tidak pantas diserap anak, pencurian identitas juga kerap memangsa anak sebagai korbannya dan yang paling parah adalah cyber bullying yang semakin marak dan kebanyakan korbannya adalah anak - anak dan remaja. Uh ngeri banget deh, dan inilah tugas orang tua, harus pandai memanfaatkan media digital dan meminimalisasikan efek negatifnya. 

Apa dong yang harus dilakukan orang tua?? 

Mengawasi gadget atau perangkat digital yang anak gunakan. Bukan hanya mengawasi gadgetnya tapi awasi juga aktivitas onlinenya. Misalnya simpan komputer ditempat yang sering dijadikan spot berkumpul, dengan begitu aktivitas online anak akan terlihat dan terpantau. Jangan pernah biarkan anak menyendiri bersama gadgetnya, JANGAN. 

Membatasi screen time. Screen time adalah waktu yang digunakan anak untuk beraktivitas dengan gadgetnya.Sebaiknya screen time tidak lebih dari dua jam setiap harinya. Jadi orang tua diharapkan bisa mengatur screen time ini dengan bijaksana. 

Stalking aktivitas anak. Dalam hal ini stalking aktivitas anak dalam dumay alias dunia maya. Monitoring terus aktivitas anak di web yang dia kunjungi. Coba deh menggunakan aplikasi web filtering agar bisa membantu orang tua juga nih, misalnya kita blok aja materi - materi yang kurang baik untuk anak. 

Komunikasi. Ini penting nih. Diskusikan deh dengan anak apasaja yang ia lakukan ketika berselancar didunia maya, dan jelaskan saja secara gamblang bahwa pengguna dunia maya bukan hanya anak seumurannya, namun banyak banget manusia diluar sana yang ikut menikmati dunia maya dan diantara jutaan manusia itu pasti ada saja yang jahat, jelaskan saja secara mendetail agar anak paham dan mengerti. 

Dan yang penting adalah JANGAN GAPTEK. iya lah jadi orang tua harus up to date juga. Jangan dibodohi anak ;D . Hihihi yuk lebih banyak lagi membaca dan belajar, karena anak akan tumbuh sesuai dengan jamannya. 




Bandung, 6 Mei 2015

3 comments:

  1. Setuju! Yang penting ortunya nggak boleh gaptek.

    ReplyDelete
  2. Gadget sih boleh... tetapi sewajarnya lah, alangkah baiknya jikalau masa kecil mereka, lebih banyak berkumpul dengan teman sebayanya, daripada bermain gadget terus.

    ReplyDelete
  3. emang bener.. gadget bisa bantu anak agar lebih mudah menyerap ilmu pengetahuan dan juga bisa bermain..namun juga harus didampingin oleh orang tua agar masih bisa dikontrol..

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)