Saturday, 2 May 2015

Cerdas Memilih Sekolah Dasar Untuk Anak


Pendidikan terbaik pasti menjadi prioritas utama untuk anak. Ini saya alami ketika Marwah akan masuk SD, galau dan resah serta gundah gulana bercampur menjadi satu kesatuan yang sulit dipisahkan, hiks. 

Saya inginkan memilih sekolah terbaik untuk Marwah. Saya ingin sekolah yang memiliki sistem pengajaran dan lingkungan belajarnya baik dan pas, gak mau salah pilih. Apalagi sekarang banyak banget sekolah yang menawarkan ini itu, ada swasta dan ada juga negerti. Saya harus lebih cermat lagi dong agar tidak salah pilih sekolah untuk Marwah, karena Marwah akan sekolah selama 6 tahun dong, bukan waktu yang sebentar bukan? 


Saya pun mengumpulkan brosur, browsing dan tanya sana sini seputar sekolah. Kemudian saya datangi satu persatu sekolahnya. Selain itu juga saya pun membawa Marwah turut serta menilai lingkungan sekolah yang akan ia tempati untuk menuntut ilmu. Karena melibatkan anak dalam memilih sekolah itu penting sekali. 

Untuk memilih sekolah Marwah, jujur saya memiliki banyak pertimbangan. Banyak sekali, mulai dari  lingkungan, keamanan, guru - guru, kegiatan sekolah sampai sistem pembelajarannya saya pun kerap menanyakan pada pihak sekolah, mungkin saya disebut bawel kali yah sama mereka. Jadi gini, saya berpikir pengennya sistem pembelajaran yang cocok dan klop sama Marwah, gak mau juga kalau ujung - ujung nya nanti malah memberatkan Marwah. 

Pertimbangan lainnya adalah masalah jarak sekolah dari rumah. Saya juga gak mau jarak sekolah dari rumah jauh, kebayang aja rumah saya di Supratman kemudian Marwah sekolah di Gegerkalong, bisa lelah dijalan deh. Visi dan misi saya memasukkan Marwah ke SD pun ada, selain pelajaran secara akademis saya juga inginkan sekolah yang mengutamakan agama, saya ingin fondasi agama MArwah kokoh agar kelak ketika ia dewasa bisa membatasi diri dan membentengi diri, mana yang baik dan mana yang buruk. jika sedari kecil anak dikokohkan fondasi agamanya, insyaa allah besar nanti akan bisa membawa diri meskipun arus jaman semakin edun. 

Masalah keuangan pun saya masukkan dalam daftar pertimbangan memilih sekolah untuk Marwah. Saya inginkan sekolah yang memang saya mampu membiayainya, jadi gak juga muluk - muluk dengan sekolah yang high alias mahal. Karena sekolah yang bagus gak mesti mahal kan? 

Dan alhamdulillah saya sudah menemukan sekolah islam terpadu untuk Marwah, insyaa Allah bisa menjadikan Marwah anak sholehah dan cerdas, aamiin. 








6 comments:

  1. setuju mbak penting banget tuh teliti pilih sekolah anak yang pas ;) mahal bukan berarrti berkualitas

    ReplyDelete
  2. jadinya sekolah dimana c cuneng?

    ReplyDelete
  3. saya mencari sekolah anak-anak selalu dari jauh-jauh hari, Mak. Ketika merencanakan TK, saya sudah mulai mencari sejak anak usia 2 tahun. Ketika anak mausk TK, saya udah cari buat SD. Begitupun menjelang SMP, saya sudah mulai mencari sejak anak saya kelas 5 hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, saya juga gitu, waktu mau masuk TK dari usia 3 tahun udah nyari dan utk SD juga udah nyari dari Marwah TK A malah hehe, tapi kemarin tiba2 pengen masukin Marwah ke SDIT, jadi ya gitu grasak grusuk nyari kemana - mana karena sekolah yang udh saya siapkan dari jauh2 hari itu SD swasta biasa bukan agama :D

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)