Friday, 15 May 2015

Emosi anak usia 7 - 12 tahun

Saat ini usianya Marwah itu memasukin usia masa kanak - kanak tengah, yaitu antara usia 7 - 12 tahun. Dalam masa usia ini, Marwah akan memasuki dimana dia akan memulai berhubungan dengan orang - orang yang lebih banyak dan lebih luas dan perlahan juga Marwah akan memahami pengaruh sosial dengan sendirinya. Pada saat itu juga, Marwah akan mulai tumbuh secara kognitif dan akan memampu kenal dan kendalikan emosi diri sendiri. 


Mungkin karena masa peralihan dari masa balita ke anak kali yah, maka emosi Marwah saat ini kadang suka membuat kepala ibunya pusing tujuh keliling.Ternyata pada masa ini anak itu sebenarnya sudah bisa memahami disposisi psikososial yang artinya anak sudah bisa menjelaskan emosinya, beda dengan saat anak balita hanya bisa nangis kalau mengeluarkan emosi. Pada usia ini pun jelas banget anak sudah bisa mengeluarkan emosi, contohnya Marwah, dia sudah bisa bermain dengan emosinya. Disaat marah dan kesal dia mampu menunjukkan bahwa ia sedang dalam keadaan marah atau kesal. Jadi mereka sudah mampu memahami variasi emosi. 

Emotional self regulation pada anak usia ini berkembang amat pesat. Pada usia ini, tidak hanya memahami dan mengendalikan emosinya sendiri namun juga sudah bisa memahami apa yang dirasakan orang disekitarnya.

Pada usia ini Marwah sudah bisa mengerti dan memahami perasaan orang lain, sudah bisa mengintegrasikan rangkaian emosinya baik yang positif maupun yang negatif. Marwah pun kini bisa menolak jika apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan keinginannya. Hanya saja pada usia Marwah saat ini belum bisa mendeskripsikan dengan jelas keinginannya. Anak mampu menjelaskan keinginanya atau perasaannya dengan baik akan ada dikisaran usia 11 tahun. 

Penting sih dari sekarang untuk memberikan emotion coaching, dan ini memiliki peluang besar sekali pada kecerdasan anak. Emotion coaching memang sebaiknya diberikan sejak dini, dilakukan agar anak mampu membina sosialisasi dengan temannya dan juga agar anak mampu mengendalikan emosinya ketika berinteraksi dengan orang - orang. 

1 comment:

  1. Aku siap2 memasuki fase ini dua tahun lagi mak hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)