Friday, 19 June 2015

Jenis Makanan Untuk Merangsang Kecerdasan Anak

Jenis Makanan Untuk Merangsang Kecerdasan Anak.

Faktor internal dan faktor eksternal untuk mencerdaskan anak haruslah seimbang. Faktor internalnya antara lain adalah faktor genetika, sedangkan faktor eksternalnya seperti aktivitas fisik anak, cara orang tua menstimulasi, asupan nutrisi yang diterima anak dan kesehatan anak juga memiliki peran yang cukup penting. 

Sudah tentu, sebagai orang tua haruslah memperhatikan itu semua, terutama asupan makanannya karena dengan memberikan nutrisi yang paling baik dalam merangsang kecerdasan anak. 



Lalu, apa saja yang sebaiknya kita berikan untuk anak agar mampu merangsang kecerdasan anak?? 


Telur, sudah tidak asing lagi kan dengan telur? telur merupakan sumber protein yang harganya pun relatif murah. Kuning pada telur mengandung kolin, dimana kolin adalah zat yang membantu perkembangan memori. Jadi yuk variasikan makanan yang mengandung telur agar anak juga tidak bosan. Oiya kalau Marwah sukanya telur rebus, namun kadang dia juga minta telur orak arik. 

Ikan Salmon, ikan salmon adalah ikan yang mengandung asam lemak omega 3, EPA dan DHA yang semuanya memiliki andil penting dalam proses tumbuh kembang fungsi otak anak. Anak yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 lebih akan memiliki kemampuan berpikir yang tajam. Marwah suka sekali dengan ikan salmon, biasanya dipanggang sebentar diberi mentega dan jangan terlalu matang, Marwah suka. Untuk harga memang agak mahal, jadi saya pun tidak memberikan Marwah ini setiap hari, hehe. 

Biji - bijian, otak juga membutuhkan glukosa dari tubuh dan bersifat konstan. Serat yang terkandung dalam biji - bijian mampu membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Kandungan vitamin B yang terkandung dalam biji - bijian bisa menjaga sistem saraf untuk tetap berfungsi dengan sehat. Saya biasanya memberikan Marwah gandum, bisa dalam bentuk oat atau roti atau cemilan gandum. 

Buah - buahan, pada umumnya buah cherry, blackberry atau strawberry memiliki warna yang kuat dan ternyata mengandung gizi yang baik untuk kecerdasan anak. kelompok buah beries ini mengandung kadar antioksidan yang tinggi, kandungan vitamiin c nya mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker. Selain tiu juga bisa memperbaiki fungsi daya ingat. 

Sayuran dan kacang - kacangan, untuk sayuran bisa coba memberikan anak tomat, ubi jalar merah, wortel, bayam adalah sayuran yang memiliki nutrisi banyak dan antioksidan yang akan membuat sel otak anak sehat. kacang - kacangan memiliki energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks. KAcang - kacangan juga mengandung serat, vitamiin dan mineral. Baik untuk otak anak karena mampu mempertahankan energi dan kemampuan anak untuk berpikir. 


Dan masih banyak jenis makanan yang mampu merangsang kecerdasan anak, nanti akan coba saya share ya. 




5 comments:

  1. Makanan tersebut memang dipercaya untuk menambah tingkat kecerdasan anak tapi tidak semua anak menyukai jenis-jenis makanan tersebut iya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang seperti itu pada beberapa anak, namun itulah sebagai orang tua terutama ibu harus berpikir keras gimana cara melakukan inovasi pada makanan anak :D hihi supaya anak suka

      Delete
  2. infonya bisa dimanfaatkan ibu rumah tangga nih untuk ide makanan yang baik untuk si kecil :)

    ReplyDelete
  3. diantara ke 4 makanan yang disebutkan diatas,apakah ikan salmon yang paling bagus untuk merangsang kecerdasan anak?
    Terimakasih infonya bermanfaat mbak :)

    ReplyDelete
  4. Ikan salmon itu berlhasiat utk merangsang pertumbuhan sel-sel otak ya Mbak... Konon kalay rajin mengkonsumsi ikan salmon utk anak2 kita akan meningkatkan kecerdasan mereka... Sayangnya harganya cukup mahal dan hanya bisa ditemukan di supermarket besar ya Mbak...

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)