Friday, 19 June 2015

Pendidikan Islam Anak Usia 7 Tahun

Duh dalam hitungan hari nih Marwah usianya akan terhitung 7 tahun. Semakin berat nih saya harus melindungi dan merawatnya, tapi saya yakin pasti bisa. Seiring bertambah usianya, Marwah juga kini semakin ingin mendalami agama, alhamdulillah dia ingin diajarkan mengenai agama yang lebih luas secara gradual. 

Emosinya Marwah pun sekarang itu agak sudah bisa dibendung dan dikendalikan. Marwah juga sekarang sudah bisa bekerja sama dan memiliki rasa simpati, dan ramah *tapi kalau ramah sih Marwah dari dulu emang ramah*. Sikap egoisnya mulai berkurang dan sekarang Marwah sudah memiliki sikap empati, stabilitasnya lebih kuat. 



Untuk kepercayaan dirinya malah labil lho sekarang, dulu padahal Marwah percaya diri. Untuk mengembalikan kepercayaan dirinya, saya sering memberi motivasi dan pengarahan yang positif. Marwah malah pernah menyalahkan diri sendiri karena mainannya rusak dalam keadaan emosi ini maka saya harus bisa membantunya untuk tidak menyalahkan diri, dengan begitu saya yakin perlahan kepercayaan dirinya akan bangkit lagi. 

Pada usia 7 tahun ini, kemampuan Marwah untuk mencerna perintah secara rasional, oleh karena itu saya harus bisa menstimulasi nalar berpikirnya. Saya suka mengajak Marwah berdiskusi tentang suatu kebenaran dan cerita suatu kesalahan, saya suka tuh meminta Marwah untuk menelaah mana yang benar dan mana yang salah, sejauh ini dia sudah bisa menjelaskan dengan baik mana yang benar dan mana yang salah. 

Pada usia ini juga saya suka menstimulasi daya nalarnya dengan memberikan pertanyaan yang mengharuskan Marwah untuk berpikir sebelum ia menjawab. Contohnya memberikan teka teki. Yang penting, saya sebagai orang tua harus lebih bersabar menghadapi anak pada usia ini. Sikap Marwah pada usia ini cenderung labil dan emosian plus menguji kesabaran saya banget. 

Untuk pelajaran agama, di usia ini sebaiknya harus sudah dikenalkan tentang rukun islam dan rukun iman. Membiasakan sejak dini tentang kewajiban sebagai manusia terhadap Allah Swt. Marwah juga sudah terbiasa dengan hormat menghormati orang yang lebih tua, dan sudah terbiasa mendoakan kedua orang tua ketika selesai sholat. 

Yang paling penting disini adalah contoh nyata dari orang tua, atau dalam kata lain orang tua harus bisa menjadi tauladan or role model anak. Dalam usia ini, anak memang harus benar -benar dalam perhatian orang tua. 

Memperkenalkan agama sejak dini itu baik untuk kebiasaannya beragama kelak. 




Semoga Marwah menjadi anak solehah, dan sehat selalu ya sayang :) 











4 comments:

  1. Amin. Semoga bisa menjadi orantua yang sabar dan menjadi panutan. Memang mengajarkan pendidikan agama sejak dini itu sangat baik. Semangat. :D

    ReplyDelete
  2. aamiin, yang solehah ya Marwah, 7 tahu mbak Tian masih hahace terhadap perkembangan marwah, apalagi saya yang anaknya amsih 3.5 tahun, harus ekstra hahace dan sabar

    ReplyDelete
  3. wah marwah dah gede yaa, moga makin cantik, pintar dan sholeha yaa

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)