Tuesday, 18 August 2015

Bantu Anak Agar Mudah Beradaptasi

Orangtua dituntut untuk mengenalkan anaknya pada lingkungan, tujuannya adalah tiada lain tiada bukan adalah agar anak mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sehingga anak mampu menjadi mahluk sosial yang bisa berbaur dengan normal. Tidak mudah ternyata mengenalkan anak pada lingkungan, apalagi kalau anaknya emang tidak suka bergaul, akan menjadi peer berat buat orang tua nih.

Agar anak mudah adaptasi

Ada beberapa hal yang penting diketahui orang tua untuk membantu anak agar bisa beradaptasi dengan baik dan cepat. Diantaranya adalah:


Adaptasi Lingkungan

Untuk ini, berhubungan dengan apa saja selain manusia. Misalnya berhubungan dengan kesehatan, cuaca dan sarana lainnya. Sebagai seorang ibu harus bisa memastikan cuaca yang akan dihadapi anak apakah bersahabat dengan anak atau tida. Pastikan juga kesehatan anak dan gunakan sarana yang menunjang dengan baik bagi anak, misalnya pada musim dingin pakaikan anak jaket. 

Adaptasi Sosial 

Ada beberapa pendekatan yang bisa dilakukan diantaranya adalah:


  •  Mempertemukan anak dengan teman sebayanya, misalnya mengenalkan anak dengan anak tetangga yang seumuran tapi kalau sudah sekolah sih ga susah yah, pasti di sekolahnya pun anak - anak usianya seumuran palingan beda beberapa bulan saja.
  • Memberikan penilaian dari tindakan anak adalah cara mengenalkan anak pada lingkungan yang lumayan efektif. Awalnya anak memang tidak tahu mana yang baik dan mana yang kurang baik, namun saat kita memberikan penilaian maka anak dengan perlahan akan paham juga apa sih yang seharusnya ia lakukan dalam pergaulan sosial.
  • Melindungi serta mendampingi anak saat pertama melakukan interaksi dengan orang lain, perlahan kurangi secara bertahap hingga anak bisa benar - benar mandiri dalam berkomunikasi dan bersosialisasi terhadap lingkungan sekitarnya. 

 







3 comments:

  1. Makasih tipsnya ya mba..
    Berasa banget buat saya yang sedang mengenalkan adaptasi kepada anak saya :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)