Friday, 21 August 2015

Kenapa Harus Hormat Bendera??

Tahun ini Marwah masuk SD, senangnya. Artinya sudah besar ya anaknya ibu. Semakin besar nih semakin kritis saja, semakin banyak pertanyaan dan inshaa allah semakin cerdas dan solihah serta sehat selalu ya sayang. 

Kenapa Harus Hormat Bendera
Bulan agustus ini, adalah bulannya bangsa Indonesia, kemeriahan hadir dimana - mana. Berbagai macam perlombaan bahkan panggung hiburan juga mulai ada disetiap RW bahkan RT, antusiasme bangsa Indonesia menyambut hari kemerdekaan memang keren sekali. Bukan hanya keriaan itu saja, acara yang wajib dilakukan para pegawai negeri dan anak sekolah pun tetap dilaksanakan meski tanggal pada kalender menunjukkan bahwa 17 agustus 2015 itu libur, namun tidak libur untuk upacara. 


Marwah nanya sama ibu ketika melihat upacara bendera di televisi, "Bu kenapa kita harus hormat ke bendera sih?", hmmm sedikit berkerut deh nih kening ibu, ibu takut salah jawab. Bissmillah akhirnya ibu menjelaskan sedikit kenapa sih harus hormat pada bendera, meski hanya sebatas pengetahuan ibu saja yah. 

Jawaban ibu adalah : 

"Bendera itu adalah simbol kemerdekaan negara Indonesia, sebenarnya yang kita hormat itu bukan benderanya lho, tapi jasa para pahlawan bangsa yang telah mengantarkan kita semua ini pada gerbang kemerdekaan *kayak lagi proklamasi*. Mereka mengorbankan harta dan nyawa mereka demi kemerdekaan Indonesia. Jadi, sebenarnya bukanlah bendera yang kita hormat itu, namun yang kita hormati itu jasa para pahlawan." 

Ibu juga memberikan penjelasan, meski para pahlawan yang berjuang memerdekaan negara Indonesia, tetap semua ini adalah kuasanya Allah Swt, makanya setiap saat jangan pernah berhenti bersyukur kepada Allah Swt untuk setiap kemerdekaan hidup, merdeka bernafas setiap saat. 

Aaah semoga saja jawaban ibu bisa dipahami oleh Marwah yah. MERDEKA


5 comments:

  1. kadang pertanyaan anak2 sering bikin kening berkerut ya mak hehehe...
    ini blog khusus ya mak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya duh, suka takut salah jawab :D hehe

      iya ini blog khusus parenting dan keseharian Marwah

      Delete
  2. Wihhh udah masuk SD makin gemes aja deh sama anaknya ibu ;;)

    Semakin tumbuh besar semakin besar pula tanggung jawab yang harus di laksanakan orang tuanya..

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)