Saturday, 15 August 2015

Memilih Buku Bacaan Untuk Anak

Parentian.com. Memilih buku bacaan untuk anak harus diperhatikan orang tua. Jangan sampai buku yang anak baca itu salah sasaran, misal buku untuk anak usia belasan dibaca anak usia 7 atau 8 tahun kan secara usia juga sudah salah. 

memilih buku bacaan untuk anak

Dulu, ketika Marwah usia dibawah 5 tahun saya lebih memilihkannya buku cerita bergambar dan buku aktivitas. Saya mencari buku bergambar dengan kalimat yang sangat pendek - pendek dan ukuran tulisannya pun yang besar serta paduan ilustrasi yang menarik agar Marwah tertarik minatnya. Untuk buku aktivitasnya saya lebih memilih buku mewarnai yang membuat Marwah bebas untuk mencoret - coret apapun disana. 


Tebal buku pun harus diperhatikan. Anak yang usianya dibawah 5 tahun jangan diberikan buku yang tebal - tebal dan jangan juga yang terlalu tipis, pilih saja buku dengan ketebalan 15 - 20 halaman, cukuplah. 

Membacakan buku dengan bahasa ibu akan membuat anak lebih menyukai buku, percayalah. Selain itu hubungan antara ibu dan anak pun semakin dekat. 

Sekarang, ketika Marwah sudah memasuki usia sekolah saya sudah jarang membelikan Marwah buku yang bergambar banyak. Saya lebih memilih buku bergambar namun dengan kalimat yang lebih panjang. Ini agar menarik minat baca Marwah. Yang tadinya masih malas membaca sekarang bertekad belajar membaca supaya bisa membaca bukunya sendiri. 

Jadi, pilihlah buku sesuai dengan usia anak. :) 


Selamat membaca buku dan bercerita dengan anaknya. 









4 comments:

  1. sama, jav jg ga mau klo saya bacain bahasa inggris dr buku cerita bilingualnya...
    cmn klo buku aktivitas, jav ga pernah mau dsuruh ngegambar, sukanya nempel stiker :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marwah juga dulu sukanya nempelin sticker, jadi aku suka beli buku cerita yang ada stickernya, jadi disetiap halaman ada gambar yng hilang yang harus dicari stickernya ;), lebih asyik

      Delete
  2. Buat Dimas juga saya pake buku bergambar mak. Alhamdulillah mulai ngerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi anak semakin semangat membaca yah karena gambarnya menarik :)

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)