Saturday, 5 September 2015

Cara Meningkatkan IQ Anak

Semua orang tua sudah tentu menginginkan anaknya cerdas. Saya juga sama, saya inginkan anak saya, Marwah menjadi anak cerdas, solehah dan sehat selalu, aamiiin. Test IQ pun seringkali diadakan untuk mengetahui seberapa besar IQ anak. Namun jika mendapati anak dengan IQ yang diluar harapan harus gimana? Sedih atau memarahi anak? Hmmm, jangan deh, jangan lakukan itu, percayalah bahwa IQ anak bisa ditingkatkan dengan menerapkan beberapa cara yang harus dilakukan di rumah dalam keseharian lho. 

Ada beberapa hal yang dianggap sepele dalam keseharian, namun ternyata inilah hal yang penting bagi pertumbuhan IQ anak. 

Cara Meningkatkan IQ Anak

  • Sarapan yang sehat. Marwah termasuk anak yang sangat susah kalau disuruh sarapan. berbagai alasan ia keluarkan agar tidak sarapan, alhasil tetap dia harus sarapan meskipun dengan air mata yang bercucuran. Drama banget deh tiap pagi kalau nyuruh Marwah sarapan, malah kadang harus sampai ibunya ini konser *baca ngomel*. Untuk sarapan bisa coba memberikan buah, sereal gandum atau makanan lain yang proteinnya tinggi supaya anak mendapatkan sumber utama untuk bahan bakar otaknya nanti, agar di Sekolah bisa konsentrasi dengan baik. 
  • Berikan anak pertanyaan. Kadang terlihat membosankan, setiap pulang kerja saya selalu menanyakan Marwah apa saja sih yang dilakukannya di Sekolah. Meski kadang Marwah pun menjawabnya hanya sekedarnya saja, tapi kadang juga dia menjawab dengan sangat antusias. Selain itu juga saya suka menanyakan pada Marwah jika seandainya ia tidak sekolah, apa yang akan ia lakukan di rumah? Atau pertanyaan lain yang enggak biasanya, ini akan membuat Marwah berpikir dan bagus banget untuk menciptakan hubungan saraf baru di otaknya. 
  • Mainan edukatif. Marwah termasuk anak yang cepat bosan. jadi, kalau memberikan mainan ke dia harus yang benar - benar ada strateginya agar ia gak cepet bosan. Dan ternyata permainan yang membutuhkan keterampilan, strategi dan memori otak ini bagus untuk merangsang otak anak. 
  • Jam tidur anak. Kalau anak sampai tidak memiliki waktu tidur yang cukup, tidak bagus. Dulu sebelum masuk SD, Marwah juga suka susah kalau disuruh tidur siang, dan tidur malamnya pun larut sekali. Namun sekarang semenjak SD, dia jadi memiliki tanggung jawab sendiri untuk tidur sebelum jam 8 malam. 
  • Asupan asam lemak omega-3. Asam lemak omega 3 ini mampu mengaktifkan area otak yang memiliki potensi meningkatkan memori, perhatian dan kognitif anak. Bisa memberikan anak dengan suplemen minyak ikan yang mengandung asam lemak omega 3 serta DHA. 
  • Cara Meningkatkan IQ Anak
    Scott Emulsion 
  • Asupan buah dan sayuran. Buah dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan mineral mampu meningkatkan kesehatan phytochemical. Selain itu kan buah dan sayuran itu mengandung antioksidan yang akan melawan radikal bebas serta akan melindungi perkembangan otak anak. 
  • Cemilan untuk anak. Marwah suka banget ngemil. Karena suka banget ngemil, jadi saya harus selalu menyediakan cemilannya, cemilah sehat juga akan memberikan kontribusi baik untuk otak anak. 
  • Waktu nonton tv. Batasi waktu anak untuk berlama - lama nonton tv atau bermain game. Marwah sekarang nonton tv itu paling lama 2 jam sehari. 
  • Ajak anak berolahraga. Olahraga juga memiliki manfaat penting untuk fungsi otak anak. Ketika anak bergerak, maka juga menggerakkan daerah pentin di otak yang kemudian mempengaruhi daya pikirnya. 
  • Ciptakan suasana keluarga yang hangat. Lingkungan keluarga yang hangat penting untuk perkembangan fungsi kognitif dan juga keterampilan anak. 
  • Rapikan rumah. Hmmm duluuu saya termasuk yang cuek masalah ini. Namun ternyata keadaan rumah yang kacau balau alias berantakan akan membuat pikiran anak akcau juga. Keadaan rumah mampu mempengaruhi kemampuan intelektual anak, wah harus lebih rajin nih bersihin dan menata rumah biar rapi terus. 

Selain itu, dampingi anak saat belajar dan terus berikan motivasi pada anak. Karena setiap anak semuanya hebat dan keren, :). 




1 comment:

  1. assalamu alaikum mbak..

    hanya sedikit berbagi..

    saya termasuk salah manusia yang IQ di bawah rata rata di bandingkan teman atau saudara saya. dan itu membuat saya sedih mereka di berikan IQ di atas rata rta.

    tapi orang tua sangat memahami kondisi anaknya ini untuk menerima apa apa adanya.

    saya menjalaninya. bahkan ketika ujian di salah satu mata pelajaran saya adalah bagus di antaranya. saya bahagia. bahwa IQ rendah tidaklah bodoh ia cerdas yang tidak semua orang tahu...

    salam mukhofas

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)