Thursday, 29 October 2015

Herpes Pada Anak

Beberapa hari lalu, Marwah bibirnya bengkak, pecah dan belah - belah. Saya sih menyangka itu adalah sariawan biasa, eh tapi kok ada bintik merah berair disekitar mulutnya. Langsung deh bawa Marwah ke dokter, dan dokter bilang Marwah kena herpes, duh. 

Lemes deh langsung, kasian banget liatnya. Bibirnya pasti sakit. Saya gak ngeh kalau itu herpes awalnya karena kan herpes biasanya ada dibagian tubuh, lah ini kok malah dibibir sicantik sih. 

Kirain sariawan, ternyata herpes. Hiks sembuh ya sayang 
So, herpes itu disebut juga cacar yang merupakan penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung - gelembung berisi air yang datangnya berkelompok. Wah gak berani sendirian mereka, beraninya keroyokan ye. 

Herpes ini menyerang disaat kondisi tubuh sedang tidak fit, bisa jadi karena kemarin Marwah memang habis sakit juga dan karena kecapean juga kali yah. Pulang sekolahnya sore dan sampai rumah itu bukannya istirahat malah jingkrak - jingkrak, karena Marwah memang aktif sekali. 

Herpes yang menyerang Marwah kemarin itu adalah jenis simplex virus -1 (HSV-1), yang biasanya menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas, kebetulan pada Marwah ini menyerang bagian mulut. HSV-1 ini memang seperti sariawan di mulut dan bibir ada ruam lepuh gitu, agar tidak muncul lagi maka diusahakan kondisi tubuh Marwah harus selalu fit. 

Gejala awal yang timbul pada Marwah itu adalah demam dan sering kali Marwah bilang sakit badannya, mungkin pegal kali yah. Munculnya bintik merah pada kulit yang kemudian berubah menjadi gelembung cair. 

Penting banget nih, untuk terus mengontrol gelembung cair agar tidak pecah dan meleber kemana - mana. 

Semoga cepat sembuh ya kesayangan ayah ibu, muaach. 


2 comments:

  1. dulu ya mba.... aku mikirnya herpes itu cm penyakit kelamin..trnyata dia bisa muncul di mana2, dan juga menyerang anak kecil yaaa -__-..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga mikirnya gitu, tapi ternyata ga gitu hiks

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)