Tuesday, 24 November 2015

Sarapan Sehat Untuk Anak

Dari TK kecil sampe sekarang Marwah kelas 1 SD saya selalu saja melakukan drama setiap pagi, drama sarapan. Marwah kadang kalau sedang tidak mood untuk sarapan suka susah sekali disuruhnya, mungkin kadang dia bosan dengan menu sarapan atau mungkin menu sarapannya tidak sesuai dengan seleranya. Wah, artinya saya harus selalu memutar otak memikirkan sarapan apa yang bisa membuat Marwah selalu semangat untuk sarapan. 
Sarapan pagi itu penting banget supaya agar aktifitasnya maksimal. Sarapan yang baik itu harus bernutrisi dan memiliki pengaruh terhadap kesehatan anak. Diantaranya harus kebutuhan mineral dan vitaminnya terpenuhi, harus bisa meningkatkan kemampuan berpikir anak selama bermain dan belajar plus harus bisa meningkatkan kemampuannya dalam berkonsentrasi, sarapan juga harus meningkatkan daya tahan tubuh anak. 


Sarapan Sehat Untuk Anak
Sebelum berangkat kemana aja harus sarapan dulu, hari minggu mau ke Gasibu aja sarapan dulu hehe 
Sarapan Sehat Untuk Anak
Kalau lagi susah sarapan, kentang keju goreng ini bisa jadi variasi menu yang Marwah suka 

Sarapan Sehat Untuk Anak
Marwah yang ceria ini kadang mau sarapan kadang enggak :D 

Membiasakan Marwah untuk sarapan itu memang ada nilai plus yang bisa saya lihat sendiri, karena selalu sarapan terlihat Marwah lebih bersemangat, konsentrasi dan mampu memecahkan masalah. Serta sinkronisasi mata dan tangannya juga baik. 

Sarapan seperti apa yang yang sehat buat 

anak??? 


Sarapan dengan protein yang cukup, jujur saya kadang suka lupa kasi sarapan yang mengandung protein untuk Marwah, padahal sarapan dengan asupan protein ini penting lho karena kan protein bisa membantu Marwah menjadi lebih bertenaga dan fokus sampai jam makan siang nantinya. Sekarang saya suka tulisin menu sarapan yang mengandung protein untuk Marwah, seperti susu, ikan, daging ayam atau tempe. 

karbohidrat yang tepat, berikan sumber karbohidrat paling baik saat sarapan pada anak. Karena karbohidrat ini bakalan diubah menjadi energi dan menjadi sumber energi anak selama beraktifitas. Bisa memberikan nasi, kentang atau roti sebagai makanan yang memiliki sumber karbohidrat. Kadang kalau lagi buru - buru saya suka kasi Marwah oatmeal, karena oatmeal kan mengandung karbohidrat juga, selain itu juga kaya akan serat, mineral dan vitamin. 
Sarapan Sehat Untuk Anak
Susu dan cream soup bisa jadi andalan saya biar Marwah mau sarapan :D 

Sayuran dan buah segar, kalau nasi sedang ga ada alias abis, terus stock roti dan sebagainya juga habis, saya suka kasi Marwah sarapan buah atau sayuran saja. Pisang, mangga manis, pepaya, sayur bayam, brokoli suka saya jadikan alternatif kalau sedang tidak ada stock buat sarapan hehe. 

Nah, kadang yang jadi masalah bukan dari menu. Anak yang suka males buat sarapan inilah yang sering menjadi kendala buat para ibu, termasuk saya. Marwah tuh kalau sudah susah sarapan, wassalam. Drama sarapan pun terjadi, sampe keringetan tuh ngejar - ngejar Marwah buat sarapan. Sambil ceritalah, sambil curhatlah dengan tujuan sarapan habis. Perjuangan memang untuk seorang ibu, mari berikan sarapan sehat selalu untuk anak supaya anak sehat dan cerdas, aamiin. :) 

Selamat mencari inspirasi untuk menciptakan menu sarapan sehat anak tercinta



5 comments:

  1. tasnya pinky keren ih, loh aku jadi lost fokus :)

    ReplyDelete
  2. Rajin pisan Teh Tian, kadang ima suka menyerah kalo anak2 susah makan. Solusinya, bikin pisang goreng sama surabi. Dibiarin aja di meja, entar lama2 dia mau sendiri, Huhuhuhuuuu... itu, kentang keju, gimana cara bikinnya?

    ReplyDelete
  3. dulu anak2 saya juga suka susah disuruh sarapan. Tapi pelan2 akhirnya selalu sarapan sblm berangkat sekolah. Kadang saya suka kasih telur rebus plus susu utk sarapan anak2

    ReplyDelete
  4. sarapan penting apalagi kalo mau sekolah, saya biasanya disuapi satu2 walo zaidan udah 8 taun daripada ga sarapan nanti jadi sakit :)

    ReplyDelete
  5. kentang keju oke juga tuh, anak-anak pasti suka

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)