Tuesday, 24 November 2015

#SelasaRumahTangga : Penyebab Pertengkaran Suami Istri

Yuhuuu back to #SelasaRumahTangga lagi. Semoga artikel seputar rumah tangga ini bisa memberikan manfaat ya untuk yang berkenan membacanya, sekali lagi saya menulis ini sama sekali bukan ingin menggurui atau merasa lebih baik, saya hanya ingin sharing saja. Semoga bermanfaat :). 

#SelasaRumahTangga : Penyebab Pertengkaran Suami Istri

Setelah sebelumnya saya menuliskan tentang tips agar hubungan dengan pasangan langgeng, nah sekarang saya ingin membahas tentang pertengkaran dalam rumah tangga. Wajar lho ada sedikit pertengkaran dalam rumah tangga, tapi sedikit loh ya jangan banyak - banyak dan jangan sering - sering, hehe. 


Pasangan yang terlihat kompak dan baik - baik saja pun saya yakin pernah merasakan berantem atau bertengkar dengan pasangannya, wajar kalau beda pendapat namanya juga manusia yang beda isi kepalanya pastilah beda pendapatnya. Apalagi tinggal dalam satu atap, kebayanglah. 


Lantas sebenarnya apa sih penyebabnya??? 



  • Kurang komunikasi. Penting loh komunikasi dalam rumah tangga, apalagi dengan suami. Bisa menjadikan kepercayaan diantara suami istri semakin kuat jika komunikasi berjalan lancar dan jujur, iya wajib jujur. Komunikasinya gak harus serius terus, sesekali atau sesering mungkin becanda dengan suami jadi gak bosenin. 
  • Hilangnya si romantisme. Beda ya saat pacaran dulu, mesra aja. Eh begitu nikah ga ada lagi romantis - romantisan pengennya ngambek aja, sssst saya enggak lagi curhat lho, ciyus. Tapi bener emang kadang seperti itu, dulu mamah saya suka bilang "ah masih pacaran aja so sweet, udah nikah mah boro - boro", hmmm dan semenjak mamah bilang gitu maka saya punya planning kalau nanti saya nikah, saya ga mau kayak gitu saya pengen selalu romantis dengan suami, dan setelah menikah? kadang - kadang romantisnya kalau lagi inget, wkwkwk. Padahal romantisme dalam rumah tangga itu perlu banget biar gak gampang bosen dan bisa meminimalisasikan pertengkaran. 
  • Uang. Duh ini nih yang sensitif, sensitifnya pake banget. Makanya harus pinter merencanakan keinginan demi mengelola keuangan rumah tangga. Kuncinya harus terbuka masalah keuangan rumah tangga, pengeluaran dan pemasukan sekecil apapun harus dibicarakan bersama pasangan. 
  • Orang ketiga. kalau ada orang berduaan saling mencintai suka ada setan nih orang ketiga biasanya, wkwkwk. Antara suami dan istri ini ada semacam chemistry gitu, jadi kalau pasangan agak nyeleneh biasanya suka langsung ada alarm, jadi ini juga perlu dibicarakan, pasangan sedang dekat dengan siapa di kantornya, sahabatnya dan lainnya harus tahu lho. Jangan sampai persahabatan mereka kelewat batas, selain itu juga biar ga ada orang ketiga usahakan untuk selalu menyenangkan untuk pasangan. 
Dan masih banyak lagi faktor lainnya yang menyebabkan perselisihan antara suami istri. Sistem peraturan rumah tangga juga harus diputuskan berdua oleh suami istri, tentang pola asuh anak juga sama harus dibicarakan berdua bersama pasangan. Hal dari luar juga suka ada, terlalu posesif juga bisa mengakibatkan pertengkaran. 

Solusinya apa???

Komitmen, sesibuk apapun suami dan istri tetap harus memiliki komitmen yang utama, keluarga harus selalu menjadi nomor satu. Luangkan waktu untuk selalu memiliki waktu bersama dengan keluarga, meski sekedar ngobrol saja di rumah namun jika ngobrolnya bersama orang tercinta biasanya suka bahagia gimanaaa gitu. Yuk, ciptakan kebahagiaan dalam rumah tangga kita masing - masing agar selalu bahagia. 

Salam bahagia selalu, 








6 comments:

  1. Kadang selisih paham karena kurang komunikasi saja.
    Smoga kita semua bisa happy dan langgeng dengan suami ya, sampai kakek nenek, sampai selamanya deh.

    ReplyDelete
  2. Benar sekali, komunikasi itu penting sekali. Meluangkan waktu untuk bisa ngobro. Ada masalah atau tidak ada masalah. Bila ini sudah bisa dilakukan, masalah kurang romantis, masalah kurang uang, selanjutnya kedua hal ini menjadi bukan masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, tapi emang bukan hal yang mudah sih :(

      Delete
  3. Paling sering soal komunikasi ya dan orang ke tiga. Duh ini tuh emang ga enak banget, orang ketiga itu tidak mesti PIL atau WIL lebih ke teman, saudara, orang tua yang kadang sulit di abaikan.. Thank ya mak share nya

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)