Monday, 18 January 2016

Kakatu, Parental Control Untuk Membatasi Anak Bermain Gadget

Sebelumnya saya pernah membahas tentang bahaya anak kecanduan games, disini. Disana saya paparkan beberapa tips dari bunda Elly Risman seputar penanganan dan pencegahan agar anak tidak masuk kedalam jurang kecanduan pada games. Dan salah satunya adalah dengan melakukan pengawasan dan membatasi anak menggunakan gadget, dengan menginstall parental control, kakatu. 


kakatu adalah parental control pertama buatan anak bangsa. Kakatu ini semacam oase di padang pasir, ditengah panasnya dampak smartphone dan gadget yang ditambahkan dengan koneksi internet yang semakin maju. kakatu ini adalah aplikasi parental control yang berbentuk android launcher yang memudahkan orang tua untuk mengelola aplikasi mana saja yang baik dan buruk untuk anak.


Bukan hanya memilihkan konten yang baik dan buruk namun juga bisa membatasi waktu anak bermain gadget dan mampu melindungi anak dari dampak buruk gadget, dari konten yang tidak sehat serta dari paparan negatif internet lainnya. 

kakatu

kakatu ini dibuat oleh Muhamad Nur Awaludin, atau lebih friendly dipanggil Mumu, mantan gamers yang mendarah daging dan menyadari bahwa kecanduan games banyak sekali dampak negatifnya, mulai dari mencuri, berbohong, seks bebas hingga melakukan tindakan kriminal lainnya. Maka, Mumu dan teman - temannya membuat aplikasi yang difokuskan pada perlindungan konten, game dan aplikasi untuk anak dengan internet yang sehat. 


Karena menurut Mumu, kekerasan dan konten pornography bisa ditemukan dalam game juga, jadi cek deh games apa yang dimainkan anak anda. 


kakatu juga mampu mengontrol waktu pemakaian gadget pada anak, rekomendasi waktu yang baik untuk anak 3 - 5 tahun adalah 15 sampai 20 menit, 60 menit untuk anak usia 6 - 7 tahun dan 2 jam untuk anak usia 7 tahun ketas. 

Kakatu juga bisa melihat aktivitas yang dilakukan anak dengan gadgetnya, misalnya anak buka aplikasi apa saja bisa terlihat. 


Penasaran dengan aplikasi ini? yuk install dan register sekarang juga :). 

website kakatu : http://kakatu.web.id/ 


With love,

Tian Lustiana

2 comments:

  1. Iya berguna sekali aplikasi dari kakatu ini :)

    ReplyDelete
  2. Wah penting nih buat para orang tua

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)