Saturday, 20 February 2016

Apakah Anak Anda Terkenal Mental Block???

Menghadapi anak - anak itu sesuatu banget ya. Banyak sekali anak dengan perilaku berbeda yang ditemui, anak sendiri, anak orang lain, anak tetangga, anak rekan kerja, anak sodara dan anak - anak yang lain. 

Berbicara tentang anak, dengan keunikan mereka, dengan tingkah lucu mereka dan dengan kepintaran mereka masing - masing, bisa gak kita mengetahui bahwa anak itu bermasalah atau tidak pada saat pertama kali??? bisa loh, serius bisa.

Apakah Anak Anda Terkenal Mental Block???

Ini saya pelajari saat saya mengikuti seminar tentang menganalisa perilaku anak bermasalah. Kenapa memang harus mengenali karakter anak bermasalah??? ini demi masa depan anak, jika sedari kecil kita tahu bermasalah atau tidaknya anak maka kita akan dengan mudah mencari solusi dan membuat anak keluar dari karakter buruknya itu.

Oke, sekarang cari dulu asal muasalnya, penyebab anak yang biasanya bermasalah, adalah dari keluarga, ya karena keluargalah yang membentuk masalah meskipun dengan tidak sengaja dan yang kedua adalah anak yang bermasalah biasanya dari usia 7 tahun kebawah. 

keluarga, memiliki peranan penting dalam pendidikan anak, ini pun akan mencetak karakter anak. karena anak dibawah 18 tahun lebih banyak menghabiskan waktunya bersama keluarga. Jadi, jadikan waktu lebih berkualitas dengan anak, bukan hanya tentang kuantitas. (((BUKAN KUANTITAS))). 

Untuk anak usia 7 tahun kebawah, emang kenapa dengan anak - anak pada usia ini?? Biasanya terletak pada usia inilah anak - anak cenderung memiliki masalah. Atau dalam bahasa kece nya sih mental block . Masalah ini jika tidak diatasi akan terasa ketika anak berusia 20 tahunan, mental block ini semacam program yang dipersiapkan untuk menghambat Jadi memang harus dikenali loh apakah anak terkenal mental block atau tidak???

Pada usia 7 tahun pertama seseorang mempunyai kebutuhan yang sangat dasar tentang emosinya, tentang emosi yang harus terpenuhi. Seandainya pada masa ini lewat dan tentang emosinya belum terpenuhi dengan sempurna maka mental block yang akan menghampiri. Maka dari itu kebutuhan dasar emosi itu sangat dibutuhkan oleh semua manusia.

Memangnya kebutuhan seperti apa sih yang dibutuhkan anak pada usia 7 tahun pertama?

Pada usia 7 tahun pertama, ada tiga kebutuhan yang wajib dipenuhi anak. Karena inilah kunci dalam pendidikan karakter anak, tujuannya supaya anak bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Dan kebutuhan itu adalah :


  • Merasa aman, anak membutuhkan rasa aman. Jadi berikan kenyamanan dan rasa aman pada anak. 
  • mengontrol, anak membutuhkan kemampuan untuk mengontrol emosinya, berilah anak pengertian bagaimana caranya agar anak bisa mengontrol dan mengendalikan emosinya dengan baik. 
  • diterima, anak membutuhkan penerimaan yang baik, supaya ia nyaman dan merasa aman. Ajarkan anak bagaimana cara memperlakukan orang lain sebagai mahluk sosial. 

Kebutuhan mendasar itu mau tidak mau, suka tidak suka ya harus dipenuhi demi karakter dan emosi anak kelak untuk menghadapi hidupnya. 

Ada ciri - ciri anak bermasalah yang harus diketahui juga, agar kita semua bisa dengan cepat mengatasinya. Deteksi sejak dini. 

  1. Jika anak susah diajak kerjasama. Tipe anak yang semaunya sendiri, tidak ingin diatur atau diarahkan, lebih sering membangkang. Karena pada fase ini anak sangat ingin mengontrol dirinya sendiri, tidak ada yang mau mengaturnya. Ada berontak dalam dirinya. Yang harus dilakukan orang tua adalah memahami anak, bukan memarahi atau melabeli anak. Berikan pemahaman dengan tenang agar anak juga merasa tenang, atau ajak ngobrol anak sambil bermain. 
  2. Anak kurang terbuka pada orang tua. Jika ditanya sama orang tua anak biasanya tidak antusias menjawabnya, berbeda ketika ia ditanya temannya. Nah jika anak seperti ini, cepatlah sadar, artinya bahwa orang tua tidak menyenangkan diajak bicara, bahaya jika ini keterusan, anak akan mencari orang lain yang bisa dijadikan teman ngobrol, kalau salah orang gimana? ih syerem. Dekati anak, ambil hati anak dan buatlah dia terbuka pada orang tuanya, menjadi sahabat anak itu menyenangkan loh. Saya suka senang sekali ketika pulang sekolah Marwah dengan antusiasnya bercerita, hal kecil pun ia ceritakan. 
  3. Tanggapan negatif. Pernah sadar gak ketika anak berkomentar negatif terhadap temannya, Marwah pernah berkomentar, "Bu, kakaknya Nadine mah jelek". Saya langsung heran, karena tidak biasanya Marwah seperti itu. Saya pun menyelidikinya, saya takut Marwah merasa harga dirinya direndahkan orang lain, karena jika anak merasa harga dirinya terluka, maka ia akan memberikan komentar negatif pada orang lain. Dan benar saja, perilaku kakak nya Nadine ini tidak menyenangkan, dia selalu melirik sinis pada Marwah, ini jelas saya lihat sendiri ketika mengantar Marwah. dan saya menanyakan pada Marwah siapa dia, hmmm anak kecil juga punya harga diri loh. 
  4. Menarik diri. Ketika anak senang sendiri dan tidak ingin orang lain bermain bersamanya, hati - hati. Jika anak dalam kondisi ini, artinya anak ingin diterima apa - adanya, anak ingin dimengerti dengan sebaik - baiknya.


Bagaimana??? 

Semoga anak - anak kita semua sehat dan selalu diberikan lindungan Allah Swt yaa, aamiin. 



Sampai jumpa dipostingan berikutnya, :)



Salam, 


7 comments:

  1. Dampak di usia 20 tahun apa ya mba?

    ReplyDelete
  2. Aamiinn.. Coba menghapalkan ciri2 yg disebutkan di atas untuk diwaspadai. Makasih tipsnya mak.

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau mbak tentang Mental block ini. Kasian ya kalau sampai anak anak terkena mental block. Nggak bisa berkembang, dibayang bayangi perasaan takut.

    ReplyDelete
  4. Aamiin, semoga bisa memberi pendidikan karakter terbaik buat anak...

    ReplyDelete
  5. kalau ahza (2yo) suka heboh kalau mau sesuatu (kayak minum susu, es, dll). kalau dilarang pasti nangis heboh. itu masuknya tantrum atau mental block ini teh? duh masih harus baca2 lagi yah dirikuu..

    ReplyDelete
  6. Baca ini jadi inget anak tetangga yang justru mentalnya dirusak oleh orangtuanya sendiri dimarahi ramai2 oleh ibu-bapaknya sampai dipukuli padahal usianya baru 5th dan anak perempuan pula ciri-cirinya sama seperti ini. Anak tidak terpenuhi kebutuhannya ... :(

    ReplyDelete
  7. Fathan no 1 banget, emaknya yg pusing melintir

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)