Wednesday, 16 March 2016

Perilaku Belajar Anak Kelas 1 Sekolah Dasar

Hallo, 

Marwah udah UTS lagi nih, sebentar lagi bakalan UAS dan naik kelas dua deh, aih waktu kok cepet banget yah. Perasaan masih kemarin aja saya anterin Marwah masuk SD pertama, ini beberapa bulan lagi bakalan kelas dua. Alhamdulillah, banyak kemajuan dari Marwah. Marwah sekarang sudah mempu mengontrol tubuh dan keseimbangannya, sudah bisa mengendarai sepeda roda dua dan koordinasi tangan dan mata nya pun sudah sempurna dalam memegang gunting dan pensil, alhamdulillah.
 
This photo taken from : learninginfinity.com 
Marwah sekarang sudah memahami dan mengerti arti kompetisi dengan temannya, dan Marwah juga sudah paham arti sahabat dan berbagi bersama teman. Karena memang sudah sewajarnya untuk anak seusia Marwah ini sudah bisa mengekspresikan emosinya dan juga sudah bisa mengontrol emosi meski memang harus terus dipantau dan didampingi orang tua. Marwah juga sekarang sudah paham loh arti salah dan benar.


Pas Marwah awal masuk kelas satu dulu, dia sudah bisa mengelompokkan obyek, dan sudah lumayan memiliki minat pada angka dan tulisan, perbendaharaan kata pun sekarang sudah terus bertambah, bahkan kemarin Marwah menanyakan arti kata “jaim” sama saya, haha. Marwah memang senang berbicara dan bercerita, tak heran kalau dia selalu cerita apa saja, dan jika Marwah bercerita sangat antusias. Sekarang Marwah sedang senang menulis cerita, imajinasinya tinggi dan dia bisa menceritakan apa saja yang ia lihat.


Anak seusia Marwah ini lagi berada pada tahapan operasi konkret yang mana ditunjukkan dengan perilaku belajar juga. Perilaku belajar yang ditunjukkan Marwah adalah :

-      Marwah mulai memandang dunia ini secara objektif.
-      Marwah mulai berpikir secara operasional.
-      Mulai menggunakan cara berpikir operasionalnya dalam mengklasifikasikan benda.
-      Sudah tahu dan paham tentang aturan, sudah memahami prinsip ilmiah secara sederhana dan sudah paham tentang hubungan sebab akibat.
-      Marwah sekarang sudah paham konsep subtansi, apa itu benda cair, benda beku, mana yang panjang, lebar, luas dan berat.



 Bahagia rasanya melihat perkembangan Marwah yang terus berkembang dan meningkat. Semoga Marwah menjadi anak solehah ya sayang. 

With Love,

8 comments:

  1. Anakku yg pertama tahun depan masuk SD tapi karena anak cowo entah lah fokusnya masih ke mainan aja, ga tau nih nanti kalo udah di SD. Positif thinking aja deh. Hehe kayaknya bakalan tegang juga emaknya kalo ngadepin masa2 UTS. Selamat UTS marwah :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti juga anaknya bakalan fokus sendiri kok kalau usianya sudah mateng :). Terimakasih

      Delete
  2. Anak saya yang cowo usia 7 tahun juga sama seperti Mak Raisa. Masih gemar mainan, apalagi pas ujian kemarin, kolom nama ditulis pakai nama karakter favoritnya :D.

    Tapi beda dengan saudarinya, usia 7 tahun juga, yang perkembangannya sama dengan Marwah. Jadi suka ketawa sendiri aja, kok bisa beda :).

    Selamat UTS ya Marwah :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena beda anak beda pintarnya mbak Ipeh :),

      Terimakasih mbak

      Delete
  3. Kangen sama celotehannya Marwah. Sukses ujiannya ya, neng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Neng Awah juga kangen sama teteh Efi :D,

      aamiin makasih teh

      Delete
  4. Hay Marwah
    Rajin belajar ya
    Menjadi anak yang berguna buat bangsa dan agama amin

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)