Thursday, 21 April 2016

Melatih Daya Ingat Anak

"Bu, temen ibu yang punya anak cowok itu kenapa ga kesini lagi?" Tanya Marwah, saya ampe mengerutkan dahi, lupa temen yang mana ya yang punya anak cowok, padahal temen saya itu kebanyakan masih lajang dan kalau ada yang sudah nikah anaknya perempuan, lah ini yang mana yah. 

"itu bu yang waktu makan di tempat makan korea yang anaknya sama aku disuruh foto sama Chloe," 

Hmmm, ya sekarang ibu ingat, itu sudah hampir 8 bulan yang lalu kali de, dan ibu mu ini sudah lupa, hihihi. 



Memang kemampuan mengingat Marwah itu kuat, dia suka ingat hal - hal yang sudah lama, emang ya anak - anak itu hampir semua daya ingatnya kuat dan tajam. Dan kemampuan ini penting dan harus dilatih sejak kecil loh agar kelak ketika anak memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi ia sudah terbiasa. Agar anak mampu menangkap, memahami dan juga menerima ilmu pelajaran dengan mudah nantinya, tapi bukan itu saja kemampuan mengingat juga penting agar anak lebih mandiri dan merasa percaya diri. 

Untuk melatih daya ingat Marwah saya banyak melakukan cara dan stimulasi, mulai dari searching sampai baca buku dan juga konsultasi kepada pakarnya. Tapi saya lebih sering melakukan stimulasi yang sederhana dan gak ribet, hehe. 
Menebak gambar, saya membelikan Marwah kartu glenn doman dari usia Marwah 4 bulan, haha. Waktu itu orang tua saya bilang, yang anakmu kan masih kecil kok udah dibelikan kayak gitu. Ya ketika Marwah usianya masih 4 bulan saya ngoceh sendiri aja memperkenalkan kartu itu, haha. Nah, tebak gambar ini adalah bentuk stimulus untuk anak dan efektif loh untuk melatih daya ingatnya. Jadi permainannya gini, saya menyiapkan gambar yang temanya sesuai dan berpasangan, misalnya gambarnya tentang hewan atau peralatan makan. Warnanya pun harus cerah, jadi anak tertarik dan biarkan beberapa menit agar anak mengingat gambarnya, kemudiana acak dan biarkan anak menyusun ulang. Kalau anak bosan sesekali saya menggunakan game di gadget, hehe. 


Membacakan dongeng, mendongeng juga bisa melatih daya ingat anak. Saya suka mencari dongeng yang alur ceritanya pendek dan menarik. Marwah dari dulu suka saya bacain cerita sebelum tidur dan jadi kebiasaan sampai sekarang. Marwah paling suka kalau saya berceritanya sambil memeragakan, intonasi saya pun harus mengikuti karakter dongeng yang saya ceritakan. Setelah saya bercerita, saya suka meminta Marwah untuk menceritakan kembali dongeng itu besoknya, dan perlahan Marwah juga bisa bercerita dari apa yang ia dengarkan. 


Dengan begitu imajinasi anak dan daya ingatnya akan terlatih :). 

6 comments:

  1. makasih tipsnya mak, waktu anak pertama say ajuga rajin nih bacain dongeng dan main kartu tapi waktu anak kedua malah kurang telaten :(

    ReplyDelete
  2. wah jadi pengin punya anak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuuus Dis punya anak, tapi nikah dulu ya

      Delete
  3. Aku suka bacain dongeng juga teh buat io, trus nanya barang ini apa pokoknya banyak nanya ke io selain melatih daya inget juga melatih komunikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya membacakan dongeng juga merupakan bagian penting melatih daya ingat dan komunikasi

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)