Monday, 16 May 2016

Papan Permainan Jagoan Boboiboy

Teknologi semakin maju dengan sangat pesat. artinya semua kalangan harus melek teknologi. Termasuk anak, ya anak juga jangan sampai gaptek. Sedihnya, dengan kemajuan teknologi ini anak - anak sudah melupakan permainan tradisional yang sebenarnya berperan penting untuk pertumbuhan motorik mereka. Karena pada zaman ini, anak - anak lebih tertarik dengan permainan yang ada dalam gadget saja, enggan melakukan permainan yang membutuhkan kontak fisik dan sosialisasi. Meski, tidak semua anak seperti ini, masih ada aja loh yang main bersama teman - temannya, bermain petak umpet dan permainan lainnya. 

Permainan seperti memainkan ular tangga, monopoli atau main halma juga bisa menjadi pilihan loh. Sebagai orang tua kita sesekali ajarkan mereka permainan lawas kita, ya itung - itung sambil nostalgia kali yah. Manfaatnya banyak banget loh kalau kita memperkenalkan permainan lawas itu pada anak. Tunjukkan pada anak bahwa bermain ular tangga dan semacamnya itu lebih menarik dibandingkan bermain permainan dalam gadgetnya. 

Emang apa sih manfaat dari bermain tradisional itu??? 

Anak mempelajari apa itu sportifitas, dengan bermain ular tangga atau misalnya monopoli, anak akan belajar apa sih sportif itu. Anak pun harus bisa menerima kekalahan dan tidak sombong dengan kemenangannya. Bermain jujur juga bisa dipahami anak dalam permainan ini. 

  • Sosialisasi, rasanya hampir semua permainan tradisional ini dilakukan dengan bersama, jadi kebersamaan bersama teman bisa membuat anak lebih baik lagi dalam sosialisasinya. Hebat bukan? Anak bukan hanya belajar bersosialisasi namun anak juga belajar bersabar, menunggu giliran bermain. 
    Bekerjasama, bermain secara kelompok, ini akan membuat anak memahami arti bekerjasama, anak pun belajar agar tidak egois dan memberikan kesempatan pada tim lainnya dalam bermain. 
    Membangun kepercayaan diri anak, rasa percaya diri penting demi kecemerlangan masa depan anak. Ketika bermain, anak biasanya ingin menang kan? Meski Marwah pernah sih bilang kalau bermain dengan si A dia inginnya kalah saja, karena apa? karena kalau Marwah menang bermain dengan si A itu, A itu bakalan jutekin Marwah. Itu beda lagi kondisinya yah, tapi saya seneng juga sih karena Marwah itu bisa memahami temannya, meski sebaiknya tidak seperti itu juga. Biasanya anak akan berusaha semampunya agar menang dan mengalahkan lawannya. 

  • Dan masih banyak manfaat lainnya lagi loh. Saya jadi inget pas datang ke acara Sosialisasi Indomilk Jagoan Boboiboy , 31 maret 2016 lalu. Dimana dalam acara itu menghadirkan narasumber keren, diantaranya Ibu Vanda Ratana yang menjabar marketing manager Indomilk, PT Indolakto dan juga seorang psikolog anak, mbak Saskhya Aulia Prima, M.psi. Dalam sharing bersama itu saya juga mendapatkan banyak bekal untuk kemudian saya implementasikan pada anak, diantaranya adalah permainan edukatif untuk anak. Permainan itu bak gizi yang diberikan untuk anak, harus seimbang. 


Nah, Indomilk menghadirkan satu permainan yang bakalan membuat anak senang, ibu tenang. adalah PAPAN PERMAINAN JAGOAN BOBOIBOY, sebuah permainan edukatif untuk anak - anak.  Tujuan Indomilk meluncurkan papan permainan ini adalah ingin membawa semangat dan nilai pertemanan yang aktif, energik, imaginatif dan juga fun. Apalagi Papan Permainan Jagoan Boboiboy ini diusung dari karakter animasi yang sedang digandrungi anak - anak. 

Mbak Sashkya menjelaskan bahwa permainan edukatif akan memberikan manfaat yang banyak sekali, seperti untuk perkembangan berpikir anak, perkembangan fisik, perkembangan sosial dan juga emosinya. Mengingat kemajuan teknologi juga ikut andil mempengaruhi perilaku sosial yang akhirnya membuat anak merasa asyik bermain sendiri dengan gadgetntyadan kurangnya bermain dengan teman. Padahal menyenangkan sekali ya kalau bermain bersama teman - teman. 

Papan Permainan Indomilk Boboiboy ini bisa dipakai anak 6 - 12 tahun. Yang dimana anak pada tahap usia itu adalah tahap concrete-operational yang mana anak sedang bermulai untuk berpikir secara stabil dan juga lebih banyak menggunakan logika dibandingkan intuisinya. 

Gimana sih cara bermain Papan permainan Indomilk Boboiboy ini? 

Jadi, permainan ini bentuknya kayak papan catur dan dimainkan oleh dua orang anak. Dimulai dengan menyusun karakter yang ada pada belakang kotak susu Indomilk di kotak start,kemudian ajak temannya untuk menjadi lawan dalam permainannya, selanjutnya suit untuk menentukan siapa yang memiliki peluang memainkan pertama. karakter bergerak bebas satu langkah ke berbagai arah, jika berhadapan dengan karakter lawan maka lihat power dalam kemasananya, suit dan juga skill apa yang dimiliki karakternya itu bisa menentukan siapa pemenangnya. Jelasnya liat yutub aja yah. 



Eh iya gimana sih cara mendapatkan Karakter nya? 

Gampang banget, beli aja susu cair Indomilk UHT kemasan 190ml atau indomilk kids 115ml rasanya bebas, nah setelah menghabiskan susunya, jangan buang kemasanannya karena dibalik kemasan ada karakternya, gunting dan silakan mainkan. Papan permainan bisa didonlod langsung melalui website www.indomilk.com atau bisa juga mendapatkannya di toko yang ikut berpartisipasi. 




Selain menjelaskan tentang papan permainan Boboiboy, acara ini juga menghadirkan Chef Ari galih yang mendemokan resep masakan dengan menggunakan Susu Indomilk. 



Yuk, donlod sekarang juga papan permainannya dan kumpulkan karakternya, ajak anak bermain. Oiya cocok nih kan sebentar lagi bulan puasa, jadi bisa ngabuburit bareng Marwah sambil main papan permainan indomilk Boboiboy, yippiiieee. 



Sampai jumpa dipostingan selanjutnya, dadah. 


Tian Lustiana 










7 comments:

  1. Xixixix seru nih kayaknya mainannya. Nanti aku suruh Hawna ngecek deh di tab nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru, bisa dijadikan alternatif permainan pas bulan puasa nanti mbak

      Delete
  2. Oalaaahh ada papannya ya. Aku cuma tau si kecil hobi banget nyimpenin kotak bekas susu kotak merk ini. Di guntingin gambar boboiboy nya setelah kotak selesai dicuci. ntar ah download gambar papannya biar dia seneng. Makasih ya mak untuk infonya.

    ReplyDelete
  3. Bintang anakku paling suka dengan boboiboy

    ReplyDelete
  4. kayaknya seru banget nih kalau dimainkan bersama keluarga. :D

    ReplyDelete
  5. adik saya sangat suka dengan boboboy itu, setiap hari mesti nonton itu. sampai rebutan untuk menonton tv.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)