Monday, 16 May 2016

Tips Mencari Sekolah Untuk Anak

Gak kerasa deh, tahun ajaran bentar lagi dimulai. Saya jadi ingat tahun kemarin, saya yang "riweh" nyari sekolah buat Marwah, ah pokoknya stress banget deh nyari sekolah yang pas untuk anak, padahal nyari sekolah dasar loh bukan nyari universitas. 

Banyak sekolah yang menawarkan ini dan itu, semua sekolah menjual kehebatannya, dari cara mereka mengajarkan pada anak, cara mereka melakukan pendekatan khusus terhadap anaknya, kurikululm sekolah dan plus - plus lainnya. Saya jadi semakin bingung deh. 


Sampai akhirnya saya menemukan sekolah yang saya rasa cocok untuk Marwah dan insyaa Allah bagus sesuai dengan harapan saya sebagai orang tua yang mengharapkan pendidikan terbaik bagi anak. 

Buat temen - temen yang sedang bingung mencari sekolah untuk anaknya, bisa nih dibaca tips sederhana dari saya. 

KRITERIA SEKOLAH

Tentukan kriteria yang ideal menurut diri kita sendiri, ingat jangan ikutin kriteria menurut orang lain. Karena anak kita loh yang akan sekolah bukan anak orang lain. Misalnya kayak saya nih dulu nyari sekolah buat Marwah itu pengen yang kuat pendidikan ahlaknya, kuat agamanya dan kurikulum sekolah yang jelas. Maka, sebelum saya mencari sekolah saya perkaya diri sendiri dengan informasi tentang metode pengajaran dan juga metode belajar yang baik yang akan diterapkan pada anak nanti. Ada yang perlu diingat, jangan pernah berpikiran satu sekolah itu bagus karena ada anak sodara yang sekolah disana, hmmm tidak loh, belum tentu bagus untuk anak kita. 

BIAYA 

Ada uang ada kualitas, memang. Namun tidak semua yang bernilai mahal itu bagus, menurut saya. 
Jangan lihat secara mahal atau tidaknya, mending tanyakan saja tentang jumlah siswa per kelasnya, rasio antara guru dan siswa,metode penilainnya dan hal detail lainnya. Bukan itu saja, tanyakan juga tentang akreditasi sekolah, meski pas nyari sekolah Marwah saya lupa menanyakan akreditasi, haha. Prestasi siswa dan siswi nya juga harus ditanyakan, supaya bisa tau bagaimana sih keadaan sekolah sesungguhnya. 

KUNJUNGAN KE SEKOLAH
Pas mencari sekolah Marwah tahun lalu, saya mendatangi satu persatu sekolahnya, dan enggak sekedar nyari tahu by phone saja. Alasan saya mendatangi sekolahnya secara langsung adalah untuk mengetahui bagaimana sih perlakukan sekolah terhadap orang tua siswa. Apakah guru - gurunya bisa diajak interaksi dengan baik, dan juga untuk mengetahui seperti apa komunikasi yang diterapkan di sekolah itu. 

AJUKAN PERTANYAAN
Menanyakan tentang harapan sekolah pada siswanya seperti apa, apakah sesuai dengan harapan saya sebagai orang tua. Itu juga saya tanyakan pada sekolah. Tanyakan juga bagaimana cara peningkatan wawasan gurunya, tentang pekerjaan rumah yang akan diberikan pada siswa , tentang award dan punishment sekolah terhadap anak juga menjadi penilaian saya sebelum memasukkan Marwah pada sekolah terbaiknya. 

JANGAN BERASUMSI
kadang, banyak orang tua yang suka membuat pernyataan pada sekolah berdasarkan info yang beredar tanpa pernah tahu kejelasannya. Pengalaman orang lain juga suka dijadikan asumsi untuk menyekolahkan anaknya, padahal belum tentu cocok dengan anak kita kan. Jadi, jangan mudah berasumsi sebelum tau faktanya. 

INFORMASI DAN SYARAT PENDAFTARAN
Cari informasi sebanyak - banyaknya tentang waktu pendaftaran agar leluasa menyiapkan uang sekolahnya hehe *baca: cairin tabungan pendidikan*, haha. Jangan lupa catat persyaratan pendaftarannya, siapkan akte lahir, catatan kesehatan anak dan hal penting lainnya. 

Gimana? lumayan rumit kan mencari sekolah anak. Buat saya, menyekolahkan anak tidak harus pada sekolah keren dan ternama, yang penting anak nyaman dan bisa belajar dengan baik. Dan saya lebih menekankan pembelajaran Marwah lebih ke ahlaknya karena semua anak pintar kok, saya yakin. 

Selamat mencari sekolah dan semoga mendapatkan sekolah yang pas untuk anak tercinta :). 


Dah,


Tian Lustiana 


22 comments:

  1. Sepakat Mak, asumsi kadang menyesatkan makanya harus di kroscek.
    Saya juga lagi ngumpulin info sekolah SMP meskipun anakku baru setahun lagi Masuk Smp nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dan biasanya banyak orang tua yang termakan asumsi, semoga cepat mendapatkan sekolah yang cocok untuk anaknya ya mbak Ety

      Delete
  2. Nyari sekolah udah kaya apa gitu ya sekarang susahnya hehe
    Alhamdulilah nemu yang cocok buat PAUD nya io, basic nya main aja udah gitu biayanya juga cukup terjangkau. Liat biaya sekolah zaman skerang bikin gerah ya seringkali, apalagi liat kurikulumnya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dimudahkan ya mencari sekolah nanti buat Ioo , aamiin.

      Delete
  3. sangat bermanfaat. kebetulan tahun ini saya lagi mau masukin anak sekolah. tapi menurut saya, pilih sekolah yang mahal sekalian, karena biasanya sebanding dengan kualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau bermanfaat makasih yah :)

      Menurut saya tidak semua sekolah mahal cocok untuk anak

      Delete
  4. kadang aku juga lihat webnay punya sekolah, biasanya sekolah yang bagus , webnya juga akan diperbaharui terus menerus dg info baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namun ada juga sekolah bagus yang tidak memperbaharui web nya

      Delete
  5. Tips nya keren, saya juga kadang stres nih kalau pilih sekolah tapi karena ayahnya ingin anak-anak pintar ilmu agama jadi kayaknya bakalan masukin sekolah yg banyak pelajaran agamanya tapi ya itu point Biaya sepertinya ortu juga harus siap 😀 nuhun teh sharing nya keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur nuhun dan semoga mendapatkan sekolah yang terbaik buat anak2nya ya Raisa

      Delete
  6. Iya setujuuu, harga sebanding dengan kualitas juga sih.. Entah kenapa aku kalau punya anak nanti nggak kepengin masukin sekolah negeri masa hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk sekolah manapun tidak masalah, yang penting selalu sehat dan soleh ya mbak

      Delete
  7. nice infi, kalo ane kebetlan belum punya anak jadi hanya membaca saja disini tidak bisa memberikan info tambahana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe semoga cepat mempunyai anak yah

      Delete
  8. mencerahkan sekali...
    pas bgt bln ini saya mau mulai survei buat skolah jav taun dpn, tp bingung mau liat/nanya apa aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Jav mendapatkan sekolah yang tepat yah

      Delete
  9. Anak saya tahun ini PAUD, dan orang bilang saya orangnya ribet, cuma paud aja bingung pilih sekolah.

    Tapi saya masih sekedar tanya2 aja belum datang ke sekolahnya sich.

    Btw terima kasih sharingnya mak

    ReplyDelete
  10. bijaklah dalam mencari...dan buat catatan kecil mana saja yg prioritas dan buat gradenya. sehingga bisa lebih mudah menentukan hasil akhirnya mana sekolah yg layak utk dipilih sesuai dengan hasil catatan tadi. dan jauh jauh hari sudah survey agar lebih mudah mengumpulkan informasi dan tidak tergesa-gesa. saya juga sedang mencari sekolah SD utk tahun depan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga diberikan kemudahan mendapatkan sekolah untuk anakna ya :) terimakasih

      Delete
  11. emang harus teliti sekarang milih sekolah..
    tapi kalo dananya cukup, bolehlah cariin yang bermutu, kalu budget kurang harus pintar-pintar memilih deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, meski low budget namun sekolah harus yang memiliki nilai plus untuk anak. haha.

      Delete
  12. Jadi keidean nih buat nulis tentang sekolah Has Darul Ilmi.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)