Monday, 20 June 2016

Yuk, Ajarkan Anak Puasa Sejak Dini

Bulan Ramadan ini adalah tahun pertama Marwah belajar puasa secara full sampai adzan maghrib. Betapa bahagianya hati ibu ini ketika Marwah berhasil puasa sampai adzan Maghrib, semoga kuat puasanya sampai akhir Ramadan ya nak, aamiin.

Tahun sebelumnya, ketika Marwah TK ibu menjelaskan apa sih puasa tiu dan apa saja yang harus dihindari selama puasa supaya pahalanya tidak hilang, dulu sih Marwah puasanya cuman sampai adzan dzuhur saja dan kembali puasa sampai maghrib, namun tahun ini full, alhamdulillah. 

ajarkan anak puasa


Puasa itu wajib, makanya sejak kecil saya sudah menerapkan pada Marwah, karena anak perempuan itu baligh nya cepat jadi harus sejak dini dididik tentang agama. Selain itu juga kan puasa memiliki banyak sekali manfaat bagi anak selain itu juga kan anak perempuan itu balighnya lebih cepat jadi ya harus membiasakan berpuasa sejak dini, puasa itu kan wajib hukumnya. Tugas sebagai orangh tua selain memberikan contoh nyata pada anak adalah menanamkan apa itu puasa dan hukum puasa, setelah anak paham maka selanjutnya saya memberikan pendekatan pada Marwah dengan cara yang sangat menyenangkan untuknya dengan tujuan agar ia tertarik.

Terus manfaat puasa buat anak itu apa aja sih???

Dengan puasa, mendekatkan anak pada agama. Karena puasa itu adalah perintah Allah Swt maka saya melakukan pendekatan sejak dini pada Marwah dengan menceritakan semua keindahan bulan puasa. Jelaskan pada anak bahwa puasa itu adalah mengenai kehidupan dan rasa bersyukur, saya melatih Marwah sejak kecil untuk memahami arti puasa dan juga sedikit demi sedikit mengenalkan ayat – ayat alquran mengenai puasa dan bagaimana sih cara menjalankan puasa dengan benar itu, dengan memulainya sahur dan niat berpuasa sampai dengan berbuka puasa ketika adzan maghrib.

Dengan puasa juga bisa mengajarkan rasa disiplin pada anak. Tujuan lain adalah membuat Marwah bisa disiplin masalah waktu, karena kan dengan belajar puasa anak harus bangun untuk makan sahur, jadi kedepannya semoga anak bisa senantiasa bangun lebih awal untuk sholat subuh kan, aamiin. Saat berbuka puasa pun demikian.

Rasa empati juga bisa diajarkan ketika berpuasa. Menjalan kan puasa berarti menahan lapar dan dahaga, dengan begitu anak bisa merasakan empati pada orang lain yang merasa kelaparan dan kehausan karena ia tau bagaimana rasanya.

Dengan berpuasa, tubuh anak menjadi lebih sehat. Puasa juga mengajarkan anak jujur, menahan rasa lapar, rasa haus dan juga hawa nafsunya.


Dan masih banyak manfaat lainnya juga, jadi ayo semangat mengajarkan anak berpuasa sejak dini agar ketika anak dewasa ia akan terbiasa dengan puasa.


Semoga anak - anak kita selalu dilimpahkan keberkahan, kesehatan, kecerdasan dan umur panjang, aamiin Yaa Rabb. 


Sampai jumpa dipostingan berikutnya :) 

Bandung, hari ke- 15 Ramadan 





8 comments:

  1. Marwah hebat. Semoga sampai akhir Ramadan shaumnya full yaa :* :*

    ReplyDelete
  2. Kalau mengingat pengalamanku waktu kecil mbak, aku jadi percaya kalau anak-anak itu mencotoh segala hal yang dilakukan oleh orang tuanya. salah satunya berpuasa ini, tapi memang penting ya mengajarkan anak berpuasa sejak usia dini. Apalagi melibatkan mereka saat memasak menu berbuka puasa dan bantu menyajikan di meja makan. Ah, saya jadi kembali ingat zaman masih kecil dulu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman masa kecil emang selalu indah yah

      Delete
  3. semoga puasa sampai full ya mbak anaknya.. aku dulu belajar puasa karena sekeluarga puasa, bukan karena iming2 hadiah :)

    ReplyDelete
  4. Marwaaah pinter dan shalehah banget masih kecil udh ikut puasa tamat lagi.
    Semoga berkah selalu ya untuk marwah dan teh tian sekeluarga
    Aku jadi inget masa keciil

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, alhamdulillah kalau dipupuk sejak kecil bakalan terbiasa.

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)