Thursday, 14 July 2016

Nak, Arus Mudik Tuh Ini Loh

“ Bu arus mudik itu apa sih?” Tanya Marwah pas kemarin – kemarin baca judul berita Arus mudik lebaran 2016 sindonews. Marwah termasuk anak yang banyak bertanya, dan ga kan menyerah jika belum menemukan jawaban yang pas di hati dan pikirannya, hmm oke jadi saya sebagai ibunya harus banyak menggali jawaban yang pas dan kena pada logika Marwah.

Saya pun kemudian menjelaskan tentang arti mudik dulu deh. Marwah antusias sekali mendengarkan penjelasan saya dengan sesekali mengernyitkan dahinya. Mudik itu adalah kegiatan manusia yang bekerja untuk kembali kepada kampung halamannya. Biasanya kebiasaan mudik ini terjadi ketika menjelang hari raya besar keagamaan, dan biasanya mereka itu pada senang untuk berkumpul bersama keluarganya yang mungkin saja sama – sama mudik juga. Kan jadi ada kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga.


Saya juga menjelaskan kalau mudik biasanya juga dilakukan dengan menggunakan alat transportasi, misalnya mobil, pesawat, motor dan kendaraan lainnya eh Marwah nyeletuk kalau pake truk bisa ga bu? hmmm bisa juga dek. Marwah juga menanyakan tujuan mudik biasanya kemana saja, hmmm bingung deh ibu.

Baiklah, ternyata menjelaskan ke Marwah sekarang itu lebih menantang deh dibandingkan tahun – tahun lalu, ya eyalah sekarang kan Marwah udah kelas 2 SD jadi emang sudah mulai menggunakan logika dan pikirannya jika menangkap sesuatu, termasuk ketika dia membaca sebuah headline news arus mudik lebaran 2016 sindonews.

Jadi arus mudik ini menjadi tradisi tahunan yang memang mengasyikan, yah mengasyikan kalau enggak macet, kayak macet Brebes kemarin itu ngeri banget yah. Kebayang deh kalau saya berada disana, bisa nangis tuh.

Back to pertanyaan Marwah tentang arus mudik deh. Marwah juga menanyakan apa saja yang harus disiapkan sebelum melakukan mudik. Hmmm maklum karena kemarin saya dan Marwah mudiknya deket jadi gak seheboh para pemudik yang diberitakan, jadilah Marwah penasaran. Yang mudik itu biasanya menyiapkan uang dan tenaga yang fit.  Eh memang benarkan kalau mau mudik itu harus siapkan uang dan tenaga,uang oke dan tenaga yang fit juga perlu jadi kalau kena macet fisiknya masih kuat dan tetap segar bugar. Marwah menyimpulkan bahwa untuk mudik itu kita harus giat bekerja dan olahraga, jadi uangnya harus ditabung biar nanti pas mudik bisa bagi – bagi uang amplop ke saudaranya dan juga harus rajin olahraga biar kalau macet enggak sakit, jadi di kampung halamannya nanti bisa senang – senang bareng keluarganya. Marwah sekarang udah gede, jadi apapun yang ia lihat dan tidak masuk dalam logikanya atau kurang ia pahami pastilah ia menanyakan dan menantikan jawabannya.

Sampai jumpa dipostingan berikutnya.



0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)