Monday, 22 August 2016

Manfaat Kipas Angin

Beberapa hari lalu, Marwah menanyakan tentang manfaat dari kipas angin untuk kehidupan sehari – hari. Duh emang ya, Marwah ini ada – ada saja pertanyaannya, coba kalau nanya harga kipas angin murah sama ibu, pasti ibu langsung jawab deh, hehe.Atau nanya dimana beli kipas angin murah pasti ibu kasi tau, tuh di MatahariMall.com hehe. 

Dan inilah hasil saya baca sana - sini, searching sana - sini dan kemudian saya jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti Marwah. 

Gara – gara udara yang lumayan panas nih, jadi kami menyalakan kipas angina dan Marwah pun bertanya tentang manfaat lainnya selain kipas angin memberikan efek segar itu. Saya pun menjelaskan bahwa kipas angin ini dibagi menjadi dua, kipas angin manual atau tradisional dan kipas angin yang menggunakan tenaga listrik. Saya juga menjelaskan tentang sejarah penemuan kipas angin yang ditemukan pada 4000 tahun yang lalu, dan ditemukan di sebuah makam raja mesir, nama rajanya Tutankhamen ditahun 1922. Dulu itu kipas angin digunakan hanya untuk upacara keagamaan Mesir kuno, bisa dibilang juga sebagai benda yang sakral. Bisa dibilang juga bahwa kipas itu melambangkan kekuatan seorang raja. 
Photo diambil dari MatahariMall.com 

Marwah mengangguk - angguk, semoga dia mengerti hehe. Kemudian saya jelaskan tentang bagian utama dalam kipas angin, seperti motor penggerak, yang merupakan bagian kipas angin dimana kerjanya menggerakkan baling - baling kipas. Baling - baling kipas fungsinya untuk menghasilkan angin ketika ia berputar pada satu poros, saya pun menjelaskan bahwa bagian baling - baling ini bahaya untuk anak - anak makanya harus dilindungi agar safety. Dan penjelasan lainnya tentang bagian kipas angin yang bisa dimengerti Marwah. 

Manfaat kipas angin untuk kehidupan sehari - hari adalah : 

  • Bisa meningkatkan sirkulasi udara. Saya menjelaskan bahwa kipas angin kalau diletakkan di dinding atau lantai bisa memberikan rasa nyaman alias adem, juga mampu meningkatkan sirklasi udara pada ruangan yakni mengganti udara yang kotor dengan udara yang lebih bersih dan segar dari luar ruangan. 
  • Kipas angin lebih hemat. Dibandingkan dengan menggunakan AC.Buktinya saja saya kalau nyari kipas angin ya nyari yang punya harga kipas angin murah. Haha. 
  • Kipas angin membuat ruangan terbebas dari bau dan pengap.Ini terjadi karena sirkulasi udara tadi, jadinya ruangan lebih nyaman dan segar. 

Saya pun menjelaskan bahwa penggunaan kipas angin juga tidak baik kalau dipakai terus - terusan, apalagi kalau lagi tidur lebih baik jangan menggunakan kipas angin. 



2 comments:

  1. Aku juga lebih suka pake kipas angin. Murah meriah dan ga bikin masuk angin :D

    ReplyDelete
  2. Kipas angin perlu dinyalakan kalau habis masak di dapur agar aroma masakan segera berganti :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)