Monday, 10 October 2016

Tips memilih tas sekolah anak

Anak - anak sekarang ya, bukan hanya beban pelajaran yang susah namun juga beban berat bukunya juga harus diperhatikan. Tas anak sekolah sekarang tuh berat - berat, anak kelas 1 SD saja pelajarannya sudah banyak, belum bekal minum dan bekal makanan untuk istirahat. 

Dalam postingan kali ini, saya akan memberikan tips tentang memilih tas sekolah untuk anak. Apakah tas sekolah itu dipilih anak atau orang tua yang memilihkannya?



Jujur, setiap memilih tas sekolah untuk Marwah saya suka merasa gimana gitu, karena maklum lah kan pilihan anak - anak tuh suka liat desain saja tanpa memikirkan kualitas, beda dong dengan pilihan saya yang mempertimbangkan kualitas dibandingkan desain tas. Buat saya tas sekolah Marwah bukan cuman gaya - gayaan namun juga harus nyaman dikenakan dan juga aman untuk pertumbuhan serta kesehatan Marwah, berlebihan ya saya? hihi begitulah ibu - ibu. 

Kenapa saya begitu berlebihan memilih tas sekolah untuk Marwah? Jangan lupa loh, bahwa cedera pada anak yang tas nya keberatan dan gak nyaman plus gak aman bisa keseleo, tegang dan juga memar pada bahu atau punggung.


Tips nya adalah : 

Pilih model yang paling tepat 

Pilih tas yang ideal untuk anak dengan  memastikan bahwa tas tersebut punya selempang yang nyaman dan empuk, tapi kalau saya sih lebih suka Marwah menggunakan ransel atau backpack, karena kalau yang selempang kan talinya cuman satu takutnya nanti bahu Marwah malah engga nyaman. 

Memilih backpack yang belakangnya dilapisi bantalan yang empuk, gunanya untuk membuat anak nyaman dan juga supaya barang tajam dalam tas enggak menusuk punggungnya. 

Memilih yang banyak ruang didalamnya, jadi anak kalau nyimpan barang enggak menumpuk. 

Pilih ukuran tas yang tepat 

Pilih ukuran yang tepat untuk anak, sesuai dengan usia anak. Ukuran tas anak yang baik adalah 75 persen dari punggung anak, jadi maksimal besarnya tas sekolah anak kira - kira sepinggang sampai bahu.

Isi tas sekolah juga tak boleh lebih dari 15 persen berat anak. Idealnya sekitar 10 persen dari berat badan anak, jadi misalnya kalau anak berat badannya 35kg maka berat idealnya isi dan tas sekolah anak adalah sepuluh persen dari 35 kg. kadang kasian ya liat anak yang sampai bungkuk menggendong tas sekolah yang beratnya diluar standar.

Saya sekarang lebih senang membelikan tas dorong buat Marwah, karena bukunya kan banyak. Buku paket dan juga buku catatan.

Kalau ibu - ibu lain gimana? Pilih tas sekolah seperti apa? 


7 comments:

  1. Eh eh blognya teh tian banyak, kuereeeen..

    Anak2ku lg demen2nya pake tas :D meski belum sekolah, hihi. Tp tasnya sih masih tas2 hadiah beli susu wkwkw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh kueren apanya haha, iya Marwah juga dulu pas masih belum sekolah tasnya masih hadiah beli susu kok

      Delete
  2. terimakasih mba untuk tips nya,tapi terkadang anak anak lebih sukanya tas yang bergambar kartun kartun idola

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gambar kartun lebih menarik buat anak - anak

      Delete
  3. Bacpack selalu jadi pilihan tepat untuk tas sekolah anak-anak saya. Nyaman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama teh, neng Awah juga sukanya backpack

      Delete
  4. Kalau masalah modelnya saya terserah anak saya aja, mana yg dia suka,
    Btw Itu tas ke-2 di gambar kece banget, dimana belinya ya?

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)