Friday, 17 February 2017

Manfaat Menari Untuk Anak

Sejak dari Desember 2016 kemarin, neng Marwah les menari jaipongan loh. Awalnya neng melihat ada perlombaan jaipongan tingkat anak di BTM (Bandung Trade Mall), neng terlihat sangat antusias sekali loh, neng terus menatap ke arah panggung penuh takjub. Saya langsung bisa menangkap bahwa neng Marwah senang melihat jaipongan. Padahal dulu saya dan mamah (nenek neng Marwah) pernah menawarkan neng untuk ikutan les jaipong, namun ia menolak. Saat itu neng belum tau seperti apa detailnya jaipong itu. 


Sepulang dari BTM, neng bilang sama saya bahwa ia ingin belajar menari jaipongan seperti yang tadi ia lihat. Sontak saya kaget dan senang juga, karena akhirnya neng mau les jaipongan. Kebetulan anak tetangga di rumah mamah itu ada yang les jaipongan, saya langsung deh menghubunginya. Marwah akhirnya saya masukan les jaipong di Aulmanis Production, pemilik sanggar nya adalah ibu Tati dan koreographer nya Aulia Rumingkang, tau kan Rumingkang? Yes Rumingkang yang ngehits itu dan sering masuk tv ya.

Akhirnya tanpa pikir panjang lagi Marwah saya ajak ke sanggal Aulmanis untuk melihat bagaimana aktivitas disana saat latihan menari, langsung saya daftarkan neng ke Aulmanis Production. Untuk awal pendaftaran sekitar 400ribuan tambah iuran bulanan 100 ribu, sudah mendapatkan stagen, rok dan kaos untuk latihan menari. Oiya mendapatkan satu cd untuk latihan di rumah juga, worth it lah ya buat saya supaya neng Marwah pintar menari.

Selain ingin neng Marwah pintar menari, menari juga bakalan membuat tubuh anak menjadi luwes, maklum selama ini neng tuh kurang luwes hehe. Itu saja manfaatnya? Enggak dong, ada banyak manfaat untuk anak jika anak menari, diantaranya adalah:

Menari bisa meningkatkan kesehatan fisik anak. Menari apalagi jaipongan, itu gerak fisik nya main, cocok buat neng yang sedikit kelebihan berat badan, sekarang neng usianya 8 tahun dengan berat badan hamper 37kg, jadi dengan latihan jaipongan ini bisa juga menurunkan berat badannya jika latihannya teratur. Juga mampu meningkatkan fleksibiltas dan stamina anak.

Dengan menari bisa mengasah kemampuan sosial anak. Les jaipongan di Aulmanis Production gak sendirian, ada banyak anak – anak lain dengan berbagai usia, nah dengan begitu neng Marwah juga bisa bersosialisasi. Juga akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak, mengembangkan rasa percaya dirinya juga dan neng Marwah belajar bekerja sama dalam tim, kan biasanya menari itu ada tim nya jadi anak harus mampu mengimbangin teman – teman dalam timnya. Menari juga mampu meningkatkan rasa percaya diri anak.

Menari memberikan manfaat pendidikan juga. Menari mampu memicu kreativitas anak dan juga tentu saja mengembangkan apresiasi seni anak. Jika anak ingin menjadi seorang penari professional maka anak harus menerapkan kedisiplinan tinggi serta harus focus, penting ini untuk mengasah keterampilan anak.

Menari juga mempelajari sisi emosi anak. Seni itu erat hubungannya dengan emosi, kalau ga pake emosi akan terasa hambar seperti tidak ada jiwa. Dengan belajar menari anak juga mengasah kemampuan emosi nya. Dalam setiap gerakannya ada emosi dan juga pesan yang disampaikan, anak bisa lebih memahami emosi dalam setiap gerakan menari, tentu ini akan membantu anak mengontrol emosinya.

Semoga neng Marwah semakin semangat latihan menarinya ya nak. Terimakasih juga buat teh Aulia dan ibu Tati yang sudah dengan sabar melatih neng Marwah belajar menari.



FYI:
AULMANIS PRODUCTION
BUMI ASRI - BANDUNG 


8 comments:

  1. Keponakanku lagi suka sukanya nih mba belajar menari di Banyumas. Teryata banyak juga ya manfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ternyata emang banyak manfaat menari, hehe. Makasih mbak sudah mampir

      Delete
  2. menari bisa menyalurkan energi anak-anak yg kadang berlebih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, daripada energi terbuang ga jelas mending menari aja ya

      Delete
  3. Asyik neh kalau anak suka tari, anak jadi lebih percaya diri. Saya merasakan betul ikut les menari teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sekarang Marwah juga udah banyak berubah sejak mengikuti les menari

      Delete
  4. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    ReplyDelete
  5. wah saya dari dulu kepengen mengkursuskan anak saya tari, karena memang anaknya aktif dan biar energinya tersalurkan. Ada banyak manfaatnya ternyata yah

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)