Monday, 6 March 2017

Lakukan Ini Sebelum Anak Menjelang Remaja

Seiring dengan bertambahnya usia neng Marwah, ibu merasakan sekali perubahan yang sangat signifikan loh. Namun katanya perubahan dalam diri neng ini belum seberapa jika nanti neng beranjak pada usia belasan tahun, lah baru usia 8.5 tahun aja kerasa berubahnya. Neng juga sekarang udah ga mau disuapin ibu, kalau dipelukin ayah juga suka ga mau. Neng sekarang juga gak minum susu di dot lagi, neng juga sekarang sudah enggak ngompol lagi, perubahan yang sangat besar menurut ibu. 

Apalagi ketika neng sudah tidak minum susu di dot dan sudah tidak ngompol lagi, ah ada rasa bahagia yang sangat besar dalam dada ini nak, entahlah apa ini namanya. Apakah ibu yang terlalu lebay atau emang seperti itulah naluri seorang ibu. Yang pasti ibu berharap neng sehat selalu dan tumbuh besar dengan ahlak dan pengetahuan yang baik dan berguna, aamiin. 


Ibu sudah mulai banyak membaca artikel dan juga bertanya - tanya pada mereka yang sudah memiliki anak gadis remaja. Katanya nanti jika anak sudah menginjak usia belasan tahun semua berubah. Tapi ibu ingin, neng masih tetep deket sama ibu, neng masih tetep mau ya cerita apapun pada ibu meski neng sudah remaja nanti, janji ya nak sama ibu. Dan ibu pun berjanji akan terus menjadi pendengar yang baik untuk neng, ibu janji. Doain ibu sehat juga ya nak. 

Ibu sudah tau dan sudah yakin bahwa neng pasti akan menjadi seorang remaja, bukan anak - anak lagi. Tentu nanti waktu bersama ibu akan berkurang dong, duh ibu bakalan kangen berat nih sama neng. Tapi kita harus memiliki kebiasaan yang sekarang sudah kita lakukan dan akan kita lakukan juga ketika neng beranjak remaja nanti ya nak, biar kita bisa terus bersama. 

Makan malam bersama. 

Katanya  pola asuh yang sukses itu bisa mendekatkan antara anak dan orang tua. Ah semoga saja ibu termasuk kedalam orang tua yang sukses mendekatkan neng dengan ayah dan ibu ya. Semoga kebiasaan makan malam bersama ini terus ya nak, meski kita engga makan formal diatas meja makan, makan lesehan sambil cerita ini dan itui. Ah semoga saja ini akan terus berlangsung, kita bertiga akan selalu makan bersama, ibu, ayah dan neng. 

Puasa gadget

Ini nih yang masih susah ibu lakukan, padahal dulu kita pernah janji ya, eh ibu deng yang janji akan puasa gadget saat bersama neng, tapi ibu terus saja melanggar, karena alasan inilah alasan itulah, ibu minta maaf ya neng. Mulai sekarang kita berusaha terus menyingkirkan gadget ya nak, jadi selama kita bersama jangan ada gadget diantara kita ya, biar kita lebih bisa curhat - curhat lagi. 

Waktu luang untuk ngobrol 

Ini yang selalu kita habiskan ketika hanya neng dan ibu di rumah. Neng banyak cerita sama ibu tentang si A dan si B bahkan neng juga kadang cerita tentang film yang neng tonton, ibu harap nanti ketika neng remaja neng masih mau ya bercerita ke ibu, neng masih mau ya curhat sama ibu. Karena ibu tau suatu hari nanti neng bakalan banyak beraktivitas diluar kendali ibu, tapi tetap luangkan waktu ya nak buat kita ngobrol. 


Ah, waktu sangat cepat sekali berjalan. Bayi ibu kini sudah 8.5 tahun. Sehat selalu ya Marwahku, jadilah anak hebat, kuat, cerdas dan berahlak mulia. Aamiin.




Bandung, 06 Maret 2017 


Ibu


2 comments:

  1. Kebanyakan semakin dewasa anak semakin sulit untuk membagi waktu dan mengobrol sejenak dengan orangtuanya ya mbak..
    Terimakasi informasinya..

    ReplyDelete
  2. Momen antara anak dan orang tua memang spesial banget ya Teh. Dan waktu semakin ngga terasa

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)