Thursday, 27 April 2017

Renang Gaya Bebas

Gak kerasa Neng udah les renang 3 bulan, 12 kali pertemuan. Neng antusias sekali mengikuti les renangnya, mungkin karena gurunya baik dan telaten menghadapi neng yang kadang eh sering protes sama bu gurunya. Neng suka protes kalau diajak berenang ke tempat yang dalam, katanya perutnya suka mual, emang deh Neng suka pinter beralasan.


Di pertemuan ke – 10 apa ke – 11 ya ibu lupa, neng sudah mulai masuk ke gaya bebas. Berarti neng belajar gaya katak hamper 10 pertemuan ya, cukup lama. Kenapa lama? Karena Neng selalu kesulitan pada nafas, nafasnya pendek. Tapi jika terus rutin berenang nanti juga nafasnya stabil kok, ibu mah suka seneng kalau ibu guru les renang Neng selalu bilang gitu.

Renang gaya bebas

Neng sepertinya lebih seneng berenang dengan gaya bebas, padahal yang ibu lihat gaya bebas ini rasanya lebih riweh deh, kaki dan tangan harus sinkron dan pastinya lebih capek. Tapi lain cerita dengan Neng, menurutnya gaya bebas sangat disukainya. Neng bilang dengan gaya bebas dia bisa lebih cepet berenang dibandingkan gaya katak.
Renang dengan gaya bebas ini ternyata memiliki manfaat untuk tubuh neng loh. Renang dengan gaya bebas ini kan menggerakkan hampir semua otot dan dilakukan secara terus – terusan.
Renang gaya bebas ini juga bisa menambah tinggi badan. Wah cocok banget dong ya, ibu kan pengen neng tinggi. Gerakannya sangat dinamis dan membuat tubuh ketarik ke depan dan ke belakang plus kaki yang terus bergerak.
Renang gaya bebas juga melatih otot. Tadi ibu sudah bilang bahwa gerakan renang gaya bebas ini dinamis dan membuat seluruh otot, seperti otot bahu, kaki dan juga perut bergerak dan terlatih. Jadi melatih otot dan meminimalisasikan terjadinya kram atau kejang otot. 
Gaya renang bebas ini juga mampu melatih daya tahan tubuh. Akan sukar merasa kelelahan, karena kan latihan gaya bebas ini gerakannya dinamis dan dilakukan secara terus menerus jadi perlahan mempengaruhi daya tahan tubuhnya juga. 
Memperkuat pernapasan. Renang gaya bebas memerlukan pengaturan napas yang baik, dilatih untuk mengambil dan juga menahan napas agar tidak kehabisan napas. Dengan begitu neng akan terbiasa dong mengatur napas ya dan secara enggak langsung ini juga membuat pernapasan neng menjadi lebih kuat. 

Dan masih banyak manfaat lainnya. Kalau buat ibu sih yang penting neng nya enjoy dan senang maka les berenang akan terus berlangsung. Semoga neng cepet bisa gaya renang yang lainnya ya, aamiin. 


20 comments:

  1. renang memang banyak manfaatnya ya...anak anakku suka banget renang

    ReplyDelete
  2. aku nggak bisa renang hiks :(
    dulu belajar nggak sampai bisa udah keluar :-D
    sekarang nyesel hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi saya juga ga bs renang mbak heheh

      Delete
  3. Aku jg pingin masukin anakku ke les renang nih, tp blm jadi2 aja. Pinginnya udh lama padahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak Noe les in biar pinter berenang hehe

      Delete
  4. Waaah, Neng Marwah sukanya gaya bebas yach. kalau aku suka renang gaya dada. pas masuk kolam langsung dadah

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAhahahaha aya aya wae Uwieeen wkwkwk

      Delete
  5. pantas saja renang ini termasuk anjuran Rasul ya, manfaatnya banyak bgt, alhamdulillah saya dan anak2 bisa berenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak Lia, saya malah kurang bisa berenang haha

      Delete
  6. Berenang emang dianjurkan Rasul. Banyak manfaatnya :)

    ditunggu bw baliknya ya... :)

    ReplyDelete
  7. mulai les renang umur berapa? anakku suka main air, ingin ku ajak les renang deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marwah mulai les renang sih awal januari 2017 ini hehe. Termasuk terlambat saya masukkan les renang, baiknya sih dari TK udah dimasukin les renang

      Delete
  8. Pas bangeeettt....
    Baru beres nonton Kim Bok Joo....terus tulisan teh Tian tentang renang. Jadi inget Joon Jun Hyung #swagcouple.

    Sepertinya berenang ini mengeluarkan banyak energi yaa...dan aku selama ini cuma bisa gaya batu.
    Hadeee....*pantesan gak tinggi-tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah toss, saya juga bisanya gaya batu wkwkwwk eh sama gaya dadah, masuk ke air terus dadah deh

      Delete
  9. Aku pengen anakku les renang, tapi anakku tiap aku/ instruktur ajarin meronta2, dia sukanya jalan di kolam duh

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlahan juga anaknya bakal mau mbak, perlu adaptasi dulu mungkin

      Delete
  10. Jadi ingat waktu kecil dulu suka liat orang renang di pinggir sungai giliran aku yang turun di marahi sama orgtua dan sampai kini belum bisa renang... hahahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha renangnya di kolam renang dong hihi

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)