Thursday, 13 April 2017

Tips Bersepeda ke Gunung Agar Lebih Aman


Salah satu jenis olahraga yang paling digemari oleh masyarakat adalah olahraga yang berhubungan dengan hobby. Artinya mereka tidak hanya bisa sehat saja, melainkan juga dengan senang hati akan melakukannya setiap waktu luang. Sebut saja diantaranya adalah bersepeda. Dibandingkan dengan berlari bersepeda ini memberikan banyak sekali nilai lebih, salah satunya Anda bisa menjelajah lokasi yang lebih jauh dengan cepat. Namun perhatikan juga tips bersepeda untuk menghindari terjadinya cidera.



Orang-orang yang sudah masuk dalam komunitas bersepeda seperti yang pernah di bahas oleh sepeda.biz terkadang bahkan tidak hanya senang mengayuh di daerah sekitar saja, melainkan juga melakukan touring, mengunjungi sebuah kawan tertentu, seperti pegunungan. Meskipun jauh dan memakan banyak tenaga, agaknya banyak pengalaman baru yang bisa Anda dapatkan dari sini. Agar aktifitas berkendara jarak jauh seperti touring ini bisa jadi kian lancar dan menyenangkan, maka berikut ini ada beberapa hal yang setidaknya harus Anda persiapkan, diantaranya adalah:

  1. Mengisi tenaga dengan makan terlebih dahulu, jenis makanan yang dikonsumsi hendaknya juga tergolong sebagai menu yang seimbang, jangan meninggalkan karbohidrat meskipun Anda tengah berdiet, karena inilah sumber tenaga utama. Namun pastikan makan juga dilakukan 2 atau 1 jam sebelumnya, sehingga nantinya perut tidak sakit ketika digunakan dalam mengayuh sepeda nantinya.
  2. Latihan terlebih dahulu, setidaknya satu bulan sebelumnya Anda harus sering-sering mengendarai sepeda, sehingga jika digunakan untuk mengayuh pada jarak jauh kaki juga tidak akan mudah lekat. Sangat penting juga melakukan pemanasan sebelum bersepeda. Hal ini membantu dalam mengurangi resiko cidera yang mungkin saja terjadi.
  3. Minum dalam jumlah yang cukup, mengisi cairan tubuh agaknya sangat penting, penting karena aktivitas bersepeda ini sangat rentan menyebabkan dehidrasi, namun juga pertimbangkan jenis yang dikonsumsi, hindari mengkonsumsi teh atau kopi, lebih dianjurkan air putih, karena tidak akan menyebabkan Anda menjadi sering buang air kecil selama perjalanan nantinya.
  4. Persiapkan perbekalan, agaknya selama perjalanan nanti Anda juga harus membawa beberapa hal, selain untuk kenyamanan dalam berkendara juga membantu untuk lebih berhemat karena tidak terlalu sering membeli. Diantaranya adalah dengan membawa minum, makan, kemudian juga handuk bersih dan juga obat-obatan, untuk aktivitas berkendara yang cukup lama hal ini terbilang sangat penting.
  5. Pastikan untuk melihat cuaca terlebih dahulu, karena berkendara di area-arena tertentu semacam gunung cuaca nya tidak bisa diprediksi, terkadang cerah, namun tiba0tiba bisa langsung turun hujan.
  6. Pastikan bahwa kendaraan atau sepeda yang digunakan tersebut berada dalam performa terbaiknya, yaitu ban terisi dengan angin yang cukup, kemudian juga rem berfungsi secara baik untuk menghindari sesuatu yang mungkin saja terjadi.



Tips bersepeda ini agaknya selalu Anda aplikasikan, baik untuk sekedar olahraga atau bahkan touring ke tempat yang jauh.


0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)