Wednesday, 31 May 2017

Mimisan Pada Anak

Pernah khawatir pas anak mimisan? Saya pernah. Dulu pas neng Marwah masih usia 2 tahunan pertama kali mimisan, dan saya panik. Pertama neng Marwah mimisan, saya paniknya luar biasa, mendapati neng yang berlumuran darah, iya karena darah dari hidung sama neng diolesin semuka – muka, dan kebayang kan gimana kaget dan paniknya saya? 


Tenyata wajar kalau anak mengalami mimisan meski terjadi berulang, karena kondisi tubuh anak belum sempurna betul. Itu yang diutarakan dokter Nurrachim, Dsa nya neng Marwah ketika saya dengan paniknya membawa neng Marwah yang mimisan. 

Dokter Nurrachim juga menjelaskan apa saja sih yang menyebabkan mimisan pada anak dan gimana cara mengatasinya. Sang Dokter hanya tersenyum dan menyuruh saya tenang ketika saya datang ke ruang prakteknya membawa anak 2 tahun yang mimisan. Sungguh saya paniknya setengah mati deh, haha masih ingat aja sampai sekarang, padahal kejadiannya sudah 6 apa 7 tahun yang lalu yah. 


Penyebab mimisan pada anak


Jadi begini, banyak sih sebenarnya penyebab mimisan pada anak. Salah satunya adalah kondisi udara yang mungkin kurang atau tidak sesuai dengan anak. Nah kondisi udara yang enggak sesuai dengan anak bisa membuat anak mengalami mimisan.

Faktor lain, mungkin anak senang ngupil, iya keseringan mengupil pada anak juga bisa menyebabkan mimisan loh. Karena rongga anak masih rapuh jadi kalau ngupilnya kekerasan ya jadinya mimisan, bahkan bisa jadi radang atau iritasi pada hidung anak. 

Well, mimisan emang paling sering terjadi itu pada anak. Faktor lainnya adalah karena adanya proses alergi. Alergi yang terjadi karena reaksi radang yang biasa terjadi pada anak, seperti pada neng Marwah alerginya disebabkan oleh debu, bulu kucing atau subtansi lain yang memang merangsang alergi neng Marwah. Radang ini bisa membuat hidung rapuh dan mimisan deh. 


Infeksi pada hidung, ini juga bisa membuat anak mengalami mimisan. Infeksi ini bisa terjadi kalau ada kotoran yang hinggap pada rongga hidung. Atau adanya penyakit lain yang memang bisa membuat anak mimisan, ini sih kata Dsa nya Neng Marwah harus ada pemeriksaan yang lebih lanjut, anak pun harus diobservasi dulu. 

Cara mengatasi mimisan pada anak 

Kata Dsa nya neng Marwah kalau anak mimisan gak perlu buru – buru ke dokter lah, tangani saja sendiri. Yang penting ibu gak panik, gitu katanya. Ketika anak mimisan, ibu harus tenang. Tarik nafas dan buang nafas dengan tenang, don’t panic. 


· Atur posisi anak, suruh anak duduk tegak dengan kepala yang agak condong ke depan.

· Jangan menghadapkan kepala anak ke atas, karena dengan menghadapkan kepala anak ke atas malah nanti darahnya masuk ke mulut, bahaya loh apalagi kalau sampai ke saluran pernafasan. 

· Pencet hidung kanan dan kiri anak dengan telunjuk dan jempol selama kurang lebih 10 menitan, pelan – pelan ya jangan kekencengan. 

· Buang darah yang sudah terlanjur masuk ke mulut jangan sampai anak menelan darah karena bakalan mual dan muntah –muntah anaknya.

· Sumbat pake daun sirih boleh, gulung daun sirih ke dalam hidung anak, pelan – pelan juga. 



Bawa anak ke dokter jika mimisannya enggak wajar. Mimisan yang enggak wajar itu yang bagaimana? Adalah kalau mimisannya sering banget, durasinya lebih dari 10 menit dan tidak berhenti, adanya aroma yang kurang sedap dari hidung anak, darah mimisan masuk ke tenggorokan, mimisan karena benturan. 

Semoga anak - anak sehat selalu yaaa.... 


With love,




Note: 

Artikel write by Tianlustiana
Picture taken from searching google 





12 comments:

  1. aku dulu (waktu masih piyik) kagum sama yang mimisan lho, teh.
    Malah kadang pingin ngerasain mimisan karena berasa keren #oon =))

    tapi alhamdulillahnya keinginan bodoh itu nggak kesampean sampe skrg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih kadang pemikiran anak kecil emang beda yah haha, saya pun pernah merasa yang mimisan keren dulu pas masih SD wkwkwk

      Delete
  2. Pas banget, temenku anaknya mimisan berulang. Makasih infonya teh Tian, pasti berguna banget. :)

    ReplyDelete
  3. Anak saya kadang jg mimisan tiba2. Awalnya panik,tp setelah tau penanganannya jd lbh kalem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang orang tua emang suka panik yah, namanya juga sayang sama anak hehe

      Delete
  4. Save dulu ah, makasih ya Teh Tian semoga Marwah nya sehat selalu ga mimisan lagi aamiin

    ReplyDelete
  5. Aku pernah mimisan, dulu. Terus waktu itu ga ngeh kalau mimisan jangan tengadah. Aduh, untungnya ga kenapa-kenapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dan orang tua zaman dulu emang nyuruh nengadah, huhuhu

      Delete
  6. wah makasih sharing2nya Teteh...
    siapa tau nanti meski gak diminta2 , jaga2 aja ...

    ReplyDelete
  7. Aq mah mimisan baru sekali, yg sering Rudi. Semoga khalif mah nggak mimisan yaa.. Btw makasih sharingnya teh, biar nggak panik klo tiba2 ada situasi mimisan (berdoanya mah semoga nggak mimisan sih)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)